Ini 5 Dosa Toyota Innova Bensin yang Bikin Sepi Peminat Dibanding Varian Diesel

Toyota Innova bensin seakan memiliki "dosa besar" yang membuatnya kalah peminat dibanding varian mesin dieselnya.

Bahkan harga Innova bensin kondisi bekas, bisa lebih murah ketimbang Innova diesel untuk tahun produksi yang sama.

Padahal di Innova Zenix, Toyota memilih meniadakan mesin diesel dan malah menggantinya dengan varian hybrid.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Varian Paling Ideal Toyota Kijang Innova yang Pantas Kalian Pilih

Spesifikasi Toyota Innova Bensin

Mesin diesel pada Toyota Kijang pertama kali ada di Kijang Kapsul (Foto: Wikipedia)

Sejak generasi pertama Toyota Kijang, sebenarnya mobil 7 penumpang ini selalu menggunakan mesin bensin.

Varian mesin diesel baru hadir di tahun 1997 yang saat itu di model Kijang Kapsul.

Kemudian saat Kijang Innova lahir, Toyota menggunakan mesin bensin 1TR-FE 2.0-liter 4 silinder berteknologi Dual VVT-i.

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 139 PS di 5.600 rpm dengan torsi 183 Nm di 4.000 rpm.

Ada varian Kijang Innova yang pakai mesin bensin 2.7-lier (Foto: Toyota)

Selain itu, Innova juga sempat ada yang bermesin 2.7-liter 4 silinder berkodekan 2TR-FE dengan teknologi VVT-i.

Sering dijuluki Innova Arab lantaran diproduksinya untuk tujuan ekspor ke wilayah Timur Tengah, mesin tersebut mampu meletupkan tenaga 166 PS di 5.200 rpm dengan torsi 245 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara di Innova Zenix, Toyota membenamkan mesin M20A-FKS 2.0-liter 4 silinder Dual VVT-i yang bertenaga174 PS di 6.600 rpm dengan torsi 205 Nm pada 4.500-4.900 rpm.

Baca juga: Keunggulan Toyota Kijang Innova Bensin 2.7, Varian Langka Incaran Kolektor Bikin Harganya Gelap

Kekurangan Toyota Innova Bensin

Nah dari dua jenis mesin bensin pada Innova, ternyata ada beberapa kekurangan yang dirasakan kebanyakan pemiliknya.

1. Konsumsi Bahan Bakar yang Tinggi

Innova Bensin selalu dicap lebih boros dari yang diesel (Foto: Pertamina)

Mesin bensin pada umumnya memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin diesel.

Hal ini juga yang terjadi pada Innova bermesin bensin generasi awal yang kabarnya catatan terbaik hanya di 8 km/liter.

Namun pada Innova Reborn, mesin bensin ini mendapat sedikit revisi teknologi sehingga konsumsi bahan bakarnya bisa ditekan jadi 11 km/liter.

Namun sebenarnya soal konsumsi BBM ini snagat tergantung dari gaya mengemudi, kondisi perjalanan, beban kendaraan, sampai perawatan mesin kendaraan tersebut.

Baca juga: Menakar Konsumsi BBM Toyota Innova Reborn Bensin, Ternyata Gak Seboros yang Diduga

2. Harga BBM Mahal

Ketersediaan Pertalite terus dikurangi (Foto: Pertamina)

Seperti kita ketahui, harga BBM tipe gasoline saat ini terus merangkak naik, yang tentunya akan mempengaruhi biaya operasional dan pengeluaran bulanan Anda dalam jangka panjang.

Apalagi penggunaan BBM bersubsidi jenis Pertalite sudah semakin dikurangi oleh pemerintah, akibatnya Anda mau tidak mau harus menggunakan BBM jensi RON92 ke atas untuk Innova bensin kesayangan Anda.

3. Performa di Perjalanan Jarak Jauh

Innova bensin dianggap gak kuat bawa beban berat (Foto: Wikipedia)

Kekurangan Innova bensin lainnya yang mungkin dirasakan sebagian pemilik mobil ini adalah soal kinerja yang sedikit lebih rendah daripada model diesel saat digunakan untuk perjalanan jarak jauh atau dengan beban yang berat.

Mesin bensin cenderung lebih cocok untuk penggunaan di perkotaan tanpa bebean yang terlalu berat serta menempuh jarak yang tidak terlalu jauh.

4. Akselerasi Kurang

Torsi mesin bensin tak segalak varian diesel (Foto: Istimewa)

Secara umum, mesin bensin memiliki torsi yang lebih rendah daripada mesin diesel, begitu pula kondisinya di Kijang Innova terutama versi lawas.

Hal ini dapat berdampak pada akselerasi dan kemampuan menarik beban yang berat.

Jika Anda sering mengangkut penumpang atau barang dengan beban yang signifikan, performa Kijang Innova bensin mungkin sedikit terbatas dibanding yang diesel.

5. Daya Tarik Kondisi Bekasnya Rendah

Harga bekasnya lebih jatuh ketimbang yang diesel

Di beberapa pasar mobil bekas di Indonesia, Kijang Innova bensin mungkin memiliki daya tarik yang lebih rendah dibandingkan dengan model diesel.

Ini bisa disebabkan oleh preferensi konsumen terhadap mesin diesel yang dianggap lebih hemat bahan bakar dan lebih cocok untuk penggunaan yang intensif.

Akibatnya depresiasi harga Innova bensin jadi lebih besar ketimbang yang diesel.

Gimana, setuju dengan kekurangan ini?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Lanjut membaca

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 390,00 Juta
Rp 7,95 Juta/bln

10.962 km

2,5 tahun

Jakarta

Lihat Detail

2020 Toyota KIJANG INNOVA REBORN V DIESEL 2.4

Rp 398,00 Juta
Rp 8,11 Juta/bln

78.060 km

3 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 379,00 Juta
Rp 7,72 Juta/bln

24.315 km

2 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2021 Toyota KIJANG INNOVA V 2.0

Rp 374,00 Juta
Rp 7,62 Juta/bln

31.385 km

2,5 tahun

Java East

Lihat Detail

2018 Toyota KIJANG INNOVA VENTURER 2.0

Rp 332,00 Juta
Rp 6,76 Juta/bln

87.354 km

5 tahun

Jakarta

Lihat Detail
Lihat Lebih

Related Videos

Kijang Innova Elektrik Akhirnya Mobil Wajib Orang Kaya Butuh Colokan Listrik

Toyota Kijang Innova 50th Limited Edition, Bakal Jadi Barang Langka

Pesaing Kijang innova ! Mobil MPV Keluarga Mewah serasa Toyota Alphard Kia carnival 2021

Berita Terbaru

30 Mobil Terlaris Mei 2023, Daihatsu Sigra Tumbangkan Toyota Avanza dan Honda Brio

Mobil terlaris di Indonesia periode Mei 2023 di tempati Daihatsu Sigra dengan catatan secara wholesales atau penjualan pabrik ke dealer mencapai 5.347 unit. Keberadaan Daihatsu Sigra di paling atas daftar mobil terlaris ini memang cukup mengejutkan. Mengingat mobil yang masuk Low Cost Green Car (LCGC) tujuh penumpang itu mengalahkan langganan jawara, Toyota Avanza dan Honda Brio. Baca juga: 30 Mobil Terlaris di Indonesia April 2023, Trio MPV Toyota Hempaskan Honda Brio Ya, baik Avanza maupun Bri

Ini 5 Kelebihan Daihatsu Sirion, City Car Underrated yang Punya Banyak Keunggulan

Nama Daihatsu Sirion mungkin tidak sepopuler city car lainnya. Padahal ada banyak kelebihan Daihatsu Sirion yang membuatnya layak untuk dibeli sebagai kendaraan untuk digunakan beraktivitas sehari-hari. Daihatsu Sirion diimpor secara utuh dari Malaysia oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang masih satu basis dengan mobil terpopuler di Negeri Jiran itu, Perodua Myvi. Pada tahun 2022 lalu, Daihatsu Sirion bahkan telah mendapat penyegaran dengan ubahan pada bagian eksterior, interior dan penambahan

9 Fakta Menarik BMW Seri 5, Mobil Legendaris Para Pebisnis

Pamor mobil premium dengan desain menarik dan teknologi canggih sangat melekat pada sejumlah brand BMW, tak terkecuali BMW Seri 5. Nah, Anda yang ingin memiliki BMW Seri 5 maka tidak ada salahnya mengetahui beberapa fakta penting dari mobil tersebut. Baca juga: BMW Seri 5 Touring 2022 Meluncur di Indonesia, Makin Banyak Pilihan Mobil Station Wagon Berkelas Mau tahu apa saja, berikut ulasannya. 1. Mobil Eksekutif Seri 5 yang kerap disebut The 5 identik dengan mobil yang banyak dimiliki pebisnis,

Bikin Iri, Suzuki XL7 Hybrid 2023 Indonesia Fiturnya Kalah Lengkap dari Versi India

Suzuki XL7 hybrid akhirnya resmi masuk Indonesia, ini berarti selang lebih dari setahun dari kembarannya yang lebih dulu rilis di India. Walau pakai nama XL6, namun sejatinya mobil tersebut adalah kembaran Suzuki XL7 di Negeri Bollywood itu. Tapi ternyata bukan cuma nama yang beda, spesifikasi teknis kedua mobil ini juga cukup banyak. Baca juga: Resmi Meluncur, Harga New Suzuki XL7 Hybrid Tembus Rp300 Jutaan Memang, antara Suzuki XL7 hybrid yang baru saja diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sal

Daftar Harga Mobil Listrik Terbaru di Indonesia di Bawah Rp1 Miliar

Harga mobil listrik di bawah Rp1 miliar semakin ramai pasca Morris Garage atau MG Motor Indonesia akhirnya resmi menjual mobil listrik MG4 EV untuk pasar otomotif nasional. Hal tersebut ditandai dengan diumumkannya harga MG4 EV yang telah lama dinanti sejak peluncurannya di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS), Februari 2023 lalu. Baca juga: Harga Resmi MG4 EV Mulai Rp649,9 Juta, Lebih Murah dari Hyundai IONIQ 5! Oia, mobil berdarah Inggris namun rakitan China ini digadang-gadang ma

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Kijang Innova
Lihat