Meski usianya sudah tidak lagi muda, harga bekas Toyota Land Cruiser VX80 hingga kini masih terus bertahan bahkan terus melonjak setara Toyota Fortuner baru tipe GR Sport 2.8 4x4, berada di angka Rp700 jutaan.
Banyak diidam-idamkan para pecinta otomotif Tanah Air khususnya mereka yang hobi off-road, eksistensi Land Cruiser seri 80 di Indonesia sendiri terbilang sangat singkat.
Meluncur pertama kali pada tahun 1995, mobil ini berhenti dijual tiga tahun setelahnya.
Sebenarnya secara global Land Cruiser VX80 stop diproduksi pada 1997, yang kemudian digantikan oleh 90 series atau yang biasa dikenal dengan Land Cruiser Prado.
Menjadi SUV tangguh sekaligus mewah di zamannya, faktor lain yang membuat harga bekas Land ruiser VX80 terus melambung tinggi yakni ketersediaan unit yang semakin langka, serta banyak diburu kolektor.
Kalian yang penasaran dengan mobil ini, berikut beberapa fakta penting seputar Land Cruiser VX80.
Secara tampilan luar Toyota Land Cruiser VX80 terlihat gagah namun simpel gak neko-neko layaknya mobil 90-an.
Dengan begitu, Land Cruiser VX80 tetap memperlihat kewibawaan SUV premium yang tangguh.
Mengimplementasikan desain sederhana agak membulat, mobil ini juga memiliki garis lurus pada pinggang yang ditarik dari lampu depannya hingg ke belakang.
Desainnya sendiri turut diimplementasikan pada Kijang Rangga dengan alih-alih mobil ini membawa kesan wibawa dari Land Cruiser VX80.
Pada bagian fascia, grillnya Land Cruiser VX80 dikelilingi dengan list krom yang mempertegas kesan prestisius.
Untuk bumpernya mobil ini terkesan kekar yang terbuat dari campuran besi dan logam.
Sebagai SUV mewah sekaligus tangguh, mobil ini diaplikasikan over fender, side moulding serta foot step yang terlihat kekar juga dapat memberikan perlindungan terhadap bodinya.
Memiliki bodi yang bongsor membuat mobil ini jadi perhatian pengendara lain apabila dikendarai di jalan perkotaan.
Tampil sederhana, untuk interiornya Land Cruiser VX80 memiliki fitur mewah pada zamannya.
Terlihat mobil ini memiliki berbagai macam tombol pengaturan untuk menjalankan beragam fitur, yang diletakan secara berkelompok tepat di samping sistem hiburannya yang terkesan begitu ergonomis.
Bicara sistem hiburannya, mobil ini sudah menggunakan headunit 2din dengan format canggih di zamannya.
Demi memberikan rasa nyaman berkendara sekaligus menyuguhkan kesan prestisius, untuk bagian jok serta door trimnya dibungkus menggunakan bahan kulit sintetis dengan tekstur yang lembut dan halus.
Untuk joknya juga mobi ini mengguakan busa tebal yang dapat memberikan kenyaman berkendara kepada setiap penggunannya.
Pada zamannya mobil ini sudah dilengkapi panoramic sunroof serta fitur Electric Seat pada jok pengemudi, yang memudahkan pengemudi ketika ingin mengatur posisi duduk berkendara yang pas.
Dari segi kenyamanan berkendara lainnya mobil ini juga dilengkapi AC dengan tambahan blower di belakang, serta adanya pendingin minuman pada console box.
Bicara mengenai fitur keselamatan berkendara, Land Cruiser XV80 memperoleh dual SRS airbag di depan yang mampu memberikan perlindungan terhadap penggunanya ketika mengalami benturan cukup keras, guna meminimalisir cedera.
Oh iya, untuk sistem pengeremannya pun telah disematkan Anti-lock Btaking System (ABS) yang berfungsi untuk mencegah terkuncinya roda saat pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.
Land Cruiser Seri 80 di Tanah Air hadir dengan dua pilihan mesin diesel, yakni 1HD-T turbo dan 1HZ.
Jantung pacu berkodekan 1HD-T turbo berkapasitas 4.164 cc 6 silinder segaris yang disematkan mengusung teknologi direct injection dengan melecutkan tenaga puncak hingga 164 PS di 3.600 rpm serta torsi mencapai 361 Nm pada 1.400 rpm.
Sedangkan mesin 1HZ 6 silinder segaris non-turbo berkapasitas 4.200 cc SOHC yang diSematkan dapat meletupkan tenaga 131 PS di 3.800 rpm dengan torsi maksimal 271 Nm pada putaran 2.200 rpm.
Mesinnya memiliki torsi luar biasa dan sangat handal di berbagai medan yang terjal seperti off-road .
Mesin yang digunakan Toyota Land Cruiser VX 80 ini mengusung teknologi direct injection.
Belum menganut sistem common-rail, mobil ini masih aman menggunakan solar dengan kualitas rendah seperti biosolar tanpa khawatir merusak peranti yang ada didalamnya.
Meski begitu pengguna juga tetap diwajibkan untuk mengganti filter solar secara berkala guna menjaga performa mesin serta keawetannya.
Aman mengkonsumsi biosolar, untuk konsumsi bahan bakarnya mobil ini terbilang irit.
Disebutkan pemiliknya bahwa untuk pemakaian luar kota mobil ini tembus 7-10 km/liter dan 9-12 km/liter penggunaan luat kota.
Baca juga: Pilih Mana? Toyota Land Cruiser VX80 Bekas vs Toyota Fortuner Baru Dengan Uang Setengah Miliar
Bicara mengenai transmisinya, Land Cruiser VX80 hadir dalam dua pilihan, yakni manual 5-percepatan atau matic 4-percepatan.
Transmisi yang digunakan sangat tangguh dengan durabilitas tinggi sehingga tak heran jika transmisinya kerap menjadi kanibalan mobil lain untuk kegiatan off-road.
Mobil ini menggunakan sistem penggerak empat roda dengan fitur 4x4 part time, sehingga pengemudi bisa mengatur pemakaian 4x4 untuk off-road atau 4x2 sesuai dengan kebutuhan.
Perlu diketahui untuk melakukan aktivasi sistem gerak 4x4 pada mobil ini menggunakan shift knob kecil di samping transmisinya, untuk dapat mengoperasikan transfer case dengan pilihan High gear dan Low gear.
Mengenai sistem peredam kejut, Land Cruiser VX80 menggunakan rigid axle, coil spring dan stabilizer baik di bagian depan maupun belakang.
Karakter yang dihasilkan dari suspensinya sendiri terbilang empuk saat melewati jalan yang berkontur.
Sedikit membandingkan, suspensinya memiliki bantingan lebih empuk dari Toyota Fortuner.
Memiliki ayunan yang empuk sebenarnya terbilang wajar, mengingat mobil ini menempati segmen SUV premium yang saat itu berhadapan langsung dengan Mitsubishi Pajero.
Fakta penting lainnya yang dimiliki Toyota Land Cruiser yakni dari segi perawatan.
Untuk maintenance mobil ini sangat mudah, asalkan pengguna selalu mengisi bahan bakar apabila jarum fuel meter menjunjukan angka seperempat sisa pada tangki.
Lainnya, pemilik cukup melakukan tune up serta melakukan penyetelan pada bosh pump apabila mobil ini dirasa loyo.
Ditopang menggunakan sasis tangga, untuk ruang baris ketiga Land Cruiser VX80 terbilang sempit.
Hal tersebut dikarenakan lantai kabin mobil ini dibuat tinggi seperti SUV ladder frame pada umumnya.
Untuk ketersediaan suku cadang Land Cruiser VX80 saat ini mulai sulit ditemui di pasaran.
Susahnya spare part berdampak pada harga jual yang membuatnya mahal.
Umumnya pemilik mencari spare part yang dibutuhkan melalui rekan komunitas.
Sebagai contoh kampas kopling set meliputi dekrup, deklaher, dan plat kopling untuk harganya di pasaran dibandrol Rp3,5 juta sampai dengan Rp5 juta.
Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Toyota Land Cruiser VX80, Benchmark SUV Premium Modern Indonesia
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}