Toyota Agya vs Daihatsu Ayla mungkin adalah dua pilihan mobil yang sangat sering diperdebatkan, padahal mobil-mobil ini cukup identik satu sama lain.
Misalnya dari segi harga baru Toyota Agya 1.2 E MT dan Daihatsu Ayla 1.0 X CVT per Februari 2024 ini sama-sama dibandrol Rp167,9 juta OTR Jakarta.
Untuk diketahui Agya 1.2 E MT merupakan varian bawah di keluarga Agya, sedangkan Ayla 1.0 X CVT menempati posisi tengah dijajarannya.
Meski harga baru keduanya sama, sebagai LCGC kompak incaran first buyer baik Agya 1.2 E MT dan Ayla 1.0 X CVT memiliki sejumlah perbedaan khususnya dari segi spesifikasi.
Ditawarkan dengan harga yang sama persis, Toyota Agya 1.2 E MT vs Daihatsu Ayla 1.0 X CVT manakah pilihan yang paling rasional untuk dibeli?
Namun supaya tidak bingung, simak perbandingan keduanya berikut ini.
Baca juga: Daihatsu Ayla Kena Recall karena ECU, Bagaimana Toyota Agya?
Secara tampilan fasad Agya 1.2 E MT mempunyai bumper depan dengan bentuk lebih sporty ketimbang Ayla 1.0 X CVT.
Bicara mengenai sistem pencahayaan, mobil ini sudah dilengkapi lampu utama LED termasuk LED Illumination lamp vertikal di kanan dan kiri.
Untuk menampilkan kesan mewah, pada bagian atas grill terdapat aksen list chrome memanjang.
Namun pada sisi samping Agya tipe terendah untuk lingkar rodanya masih menggunakan velg kaleng 14 inci yang ditutupi dop.
Secara general, untuk tipe X masih menggunakan bohlamp halogen biasa pada sistem pencahayaan utama.
Selain itu di bumpernya tidak dilengkapi DRL LED yang diketahui mampu meningkatkan visibilitas berkendara.
Tidak seperti tipe terendah Agya yang diaplikasikan velg kaleng, Ayla 1.0 X CVT disematkan velg alloy 14 inci yang dilabur dengan warna gun metal.
Ayla 1.0 X CVT untuk bagian belakang sudah mendapatkan rear wiper.
Untuk pintu bagasi, keduanya disematkan fitur E-latch Backdoor yang memudahkan penggunanya ketika hendak membuka dan menutup bagasi.
Sekilas tampilan interior Agya 1.2 E MT maupun Ayla 1.0 X CVT terlihat sama.
Seperti yang bisa dilihat keduanya menggunakan panel berbahan plastik pada dashboard maupun door trim yang didominasi dengan warna gelap.
Hanya saja di Agya mendapatkan bazel silver pada stir serta dashboard bagian tengah.
Persamaan lainnya terletak pada stir yang mana tidak dilengkapi tombol pengaturan dengan terhubung langsung pada meter cluster maupun sistem hiburan.
Bicara mengenai meter clutser, selain odometer keduanya memperoleh tachometer serta layar MID yang memudahkan pengemudi untuk mendapatkan informasi seputar kendaraan.
Melalui layar MID nya menampilkan bergam informasi secara digital seperti; fuel meter, jarak tempuh, dan beberapa informasi lainnya.
Selain itu juga persamaan keduanya terletak pada tombol pengaturan AC yang menggunakan model knob putar, stir dengan pengaturan tinggi-rendah, electrirc mirror dan power window di semua pintu.
Guna memberikan kemudahan dalam akomodasi barang bawaan, tepat di depan tuas transmisi untuk keduanya terdapat dua buah cup holder.
Bukan cuma itu, di setiap pintu juga sudah dilengkapi kompartemen serupa untuk memudahkan penggunanya ketika hendak menaruh tempat minum maupun benda kecil lainnya.
Untuk perbedaan keduanya, Agya 1.2 E MT disematkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung konektivitas smartphone pada center cluster.
Sedangkan di Ayla 1.0 X CVT, sistem hiburannya menggunakan head unit 2din tanpa adanya layar yang dapat menampilkan visual gambar.
Selain sistem hiburan, perbedaan lain juga terletak pada jok yang digunakan.
Seperti yang bisa dilihat pada baris pertama dan kedua Agya 1.2 E MT telah dibekali headrest dengan pengaturan adjustable yang bisa dinaikan atau diturunkan menyesuaikan kebutuhan.
Pada Ayla 1.0 X CVT, jok baris pertama model pocong tanpa dilengkapi headrest dengan pengaturan adjustable, dan di baris keduanya tidak disematkan headrest.
Menyoal keselamatan berkendara, Agya 1.2 E MT dan Ayla 1.0 X CVT untuk sistem pengeremannya berhasil dipadukan ABS dan EBD.
Baik ABS maupun EBD berfungsi untuk mencegah tergelincirnya roda dan menjaga kestabilan mobil ketika mobil melakukan pengereman secara mendadak.
Tak hanya itu keduanya memperoleh dual SRS airbags, rear parking sensor, speed sensor lock, isofix, seat belt warning, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA).
Mengenai fitur keamanan, keduanya memperoleh alarm dan immobilizer.
Baca juga: Modifikasi Daihatsu Ayla 2015: Habiskan Rp400 Juta Buat Jadi Juara
Komparasi Toyota Agya vs Daihatsu Ayla kali ini kita bandingkan pula dari sisi mesin yang masing-masing digunakan.
Agya 1.2 E MT menggunakan mesin baru yakni 1.198 cc berkodekan WA-VE 3-silinder segaris DOHC 12 valve dual VVT-I dengan kapasitas 1.198 cc.
Mesinnya yang digunakan mampu memperoleh tenaga sebesar 88 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 113 Nm pada putaran 4.500 rpm.
Lantas bagaimana dengan Ayla 1.2 X CVT? Seperti diketahui Ayla tipe ini dibenamkan mesin 998 cc dengan kode 1KR-VE DOHC VVT-i 3-silinder segaris yang dapat meletupkan tenaga 62 PS di 6.000 rpm dengan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm.
Gearbox yang digunakan Agya 1.2 E MT dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan.
Sedangkan Ayla 1.0 X CVT dikawinkan dengan transmisi D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) yang membuat akselerasi kendaraan lebih halus, dan menghasilkan bahan bakar lebih efisien.
Transmisi D-CVT yang disematkan memiliki rentang rasio gigi lebih lebar setara dengan transmisi otomatis torque converter 8-percepatan.
Komparasi Toyota Agya vs Daihatsu Ayla | ||
---|---|---|
Toyota Agya E MT | Daihatsu Ayla X CVT | |
Dimensi | ||
Panjang | 3.760 mm | 3.760 mm |
Lebar | 1.665 mm | 1.665 mm |
Tinggi | 1.505 mm | 1.515 mm |
Jarak sumbu roda | 2.525 mm | 2.525 mm |
Jarak ke tanah | 180 mm | 160 mm |
Kapasitas tangki BBM | 33 liter | 33 liter |
Ukuran roda | 175/65R14 | 175/65 R14 |
Mesin | ||
Tipe mesin | WA-VE DOHC Dual VVT-i | 1KR-VE DOHC VVT-i |
Isi silinder | 1.198 cc | 998 cc |
Jumlah silinder | 3 | 3 |
Daya maksimum | 88 PS @6.000 rpm | 62 PS @6.000 rpm |
Torsi maksimum | 113 Nm @4.500 rpm | 89 Nm @4.400 rpm |
Transmisi | Manual 5-percepatan | Otomatis CVT |
Sistem penggerak roda | Penggerak Roda Depan | Penggerak Roda Depan |
Sasis | ||
Suspensi depan | MacPherson Strut with Coil Spring | MacPherson Strut with Coil Spring |
Suspensi belakang | Torsion Axle Beam with Coil Spring | Torsion Axle Beam with Coil Spring |
Rem depan | Ventilated Disc | Ventilated Disc |
Rem belakang | Drum | Drum |
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla 2023 X MT, Bakal Jadi Penerus Taksi Online?
Harga baru keduanya dibandrol Rp167,9 juta OTR Jakarta, baik Toyota Agya vs Daihatsu Ayla memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda.
Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Ayla masih menggunakan bohlamp halogen, sedangkan Agya dipadukan dengan lampu LED serta DRL LED.
Selanjutnya untuk bagian samping, Ayla diaplikasikan velg alloy sedangkan Agya mengandalkan velg kaleng.
Pada buritannya, untuk Agya tidak dilengkapi rear wiper yang berfungsi untuk membersihkan kaca ketika tertutup kotoran.
Dari segi interior, Agya dibenamkan head unit layar sentuh dengan konektivitas modern, berbeda dengan Ayla yang menggunakan sistem hiburan 2din tanpa dilengkapi layar.
Selain itu pula keduanya memiliki jok berbeda.
Dituliskan sebelumnya bahwa Agya menggunakan seat dengan headrest adjustable di baris pertama dan keduanya.
Meski fitur unggulan Agya 1.2 E MT dan Ayla 1.0 X CVT sedikit berbeda, untuk fitur keselamatan dan keamanan berkendara keduanya sama.
Jika kalian lebih banyak melakukan aktifitas di kota-kota besar, menjatuhkan hati pada Ayla 1.0 X CVT merupakan keputusan yang tepat.
Karena selain mesinnya lebih kecil, Ayla 1.0 X CVT dibekali transmisi CVT yang halus setiap perpindahannya serta lebih hemat dari segi penggunaan bahan bakar.
Beda halnya apabila kalian seringkali berpergian ke luar kota serta gemar berkendara secara lebih agresif, memilih Agya 1.2 E MT adalah keputusan yang bijak.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}