Mengisi celah di segmen kendaraan niaga minibus, PT Toyota-Astra Motor menyodorkan Toyota HiAce yang bisa menjadi pilihan konsumen. Generasi terbaru dari Toyota Hiace ini sendiri baru saja diluncurkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, hadir dengan penyempurnaan yang lebih baik dari generasi sebelumnya.
Mobil Toyota Hiace tersedia dalam 4 varian. Harga Toyota Hiace berkisar dari Rp 440 juta hingga Rp 678 jutaan. Ini merupakan harga mobil Hiace 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020 yang tidak beda dengan harga Alphard 2019.
Secara tampilan pun, generasi baru yang mengusung nama Hiace Premio, jelas-jelas memberikan kesan premium mulai dari eksterior hingga ke bagian interiornya. Bahkan dari sisi jantung pacunya pun kini lebih bertenaga lantaran Toyota Hiace Premio ini telah dibekali dengan mesin empat silinder dengan kode 1GD-FTV yang mampu menghasilkan tenaga 156,4 PS dan torsi 42,8 kgm.
Mengulas komparasi antara Toyota Hiace dengan kompetitornya seperti Isuzu Elf minibus, tentunya akan lebih baik ketika bicara kelegaan kabin dan tingkat kepraktisan yang dihadirkan pada masing-masing model. Tentu ini akan menjadi pertimbangan yang tepat untuk konsumen yang ingin menjalankan bisnis travel menggunakan armada ini.
Isuzu Elf memang menjadi kompetitor yang sebanding, mengingat jenis kendaraan serta daya tampung yang hampir mirip-mirip bisa menjadi acuan yang sebanding. Namun, memang secara spesifikasi Toyota Hiace memiliki daya tampung yang lebih sedikit dibandingkan Isuzu Elf.
Secara teknis, Toyota Hiace mampu menampng maksimal 16 orang (defaultnya 12 penumpang). Sementara Isuzu Elf, memiliki daya angkut yang lebih maksimum lantaran bisa mengangkut sebanyak 20 orang.
Kendati demikian, bukan berarti mobil Hiace Toyota kalah dalam hal lainnya. Toyota Astra Motor menghadirkan nilai lebih dari sisi kenyamanan dan interior dengan nuansa yang lebih premium untuk penumpang yang berada di belakang. Komposisi kursi yang dihadirkan pun memiliki legroom yang lebih baik, jika dibandingkan dengan Isuzu Elf.
Analoginya, dengan panjang mobil Toyota Hiace 5.915 mm, lebar 1.950 mm dan tinggi 2.280 mm, sudah bisa dibayangkan seperti apa legroom yang tersedia lantaran hanya bisa menampung 12 penumpang. Tentunya, kenyamanan ini yang coba dibayar oleh Toyota untuk konsumennya agar penumpang tidak terlalu sempit ketika melakukan perjalanan jauh.
Sementara kompetitornya, Isuzu Elf dengan seri NLR55 BLX, mobil ini memiliki panjang 6.170 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 2.170 mm. Memang secara apple to apple, dimensi Isuzu Elf ini lebih panjang dari Toyota HiAce. Namun, mengingat daya tampung sebanyak 20 orang, bisa dibayangkan seberapa rapatnya jarak antar baris di kursi penumpang.
Selain itu, jika dikomparasi dari sisi jantung mekanis. Toyota Hi ace jauh lebih unggul lantaran memiliki semburan tenaga yang lebih besar. Seperti yang telah disinggung di atas, mesin dengan kode 1GD-FTV mampu memproduksi tenaga sebesar 156,4 PS dan torsi 42,8 kgm. Sedangkan untuk mesin yang diadopsikan untuk Isuzu Elf, mereka mengandalkan 4JB1-TC empat silinder yang mampu memproduksi tenaga sebesar 100 PS dengan torsi 22,5 kgm.
Untuk urusan tenaga, Toyota Hiace bisa menjadi andalan disegala medan, Baik jalan menanjak atau menurun, performa yang dihasilkan HiAce Premio mampu memberikan impresi yang berbeda dari mobil niaga ringan lainnya.
Sebagai tambahan, untuk fitur keselamatan Toyota Hiace juga telah dibekali dengan ragam fitur mumpuni seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Brake Assist (BA), dual SRS Airbag, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist, 3 poin seatbelt, dan Emergency Brake Signal.
Untuk menebus satu unit Toyota Hiace, konsumen perlu menyiapkan dana sebesar Rp 537,5 juta.