Kenalin Electrek, Mobil Pickup China dengan Daya Angkut Lebih Kuat dari Toyota Hilux hingga Elsapek
Prasetyo · 20 Jun, 2023 08:00
0
0
Kalau ngomongin mobil China yang mereknya belum kita kenal, mungkin stigma yang muncul adalah mobil-mobil bertampang aneh plagiat dari kendaraan lain yang sudah populer.
Jangan harap build quality akan sebagus mobil Jepang apalagi Eropa, bisa dikendarai dengan nyaman saja sudah merupakan bonus.
Karena kini pabrikan Tiongkok terus berkembang pesat dan menciptakan inovasi-inovasi baru, baik untuk kendaaraan penumpang (passanger car) maupun kendaraan komersia (commercial car).
Nah khusus kendaraan pekerja keras, mobil-mobil China ini ternyata makin banyak yang menawarkan pickup kecil namun dengan daya angkut super kuat.
Satu diantaranya Electek, pick-up truck kecil asal Negeri Tirai Bambu, yang bisa Anda dapatkan melalui situs Alibaba.
Mobil Pick Up China Electek Lebih Kuat dari Toyota Hilux
Jangan pernah anggap remeh pikap yang satu ini, sebab Electrek punya kemampuan di atas rata-rata mobil pickup double cabin skala global.
Rahasia kekuatan dari Electrek adalah keberadaan dua gardan pada roda belakangnya yang memungkinkan mobil ini bisa terpasang sampai 6 roda.
Adapun kapasitas muatannya di bak area depan bisa sampai 800 kg, sementara area bak tengah ke belakang bisa mencpaai 1.200 kg, sehingga total muatan mencpaai 2.000 kg.
Dengan kemampuan ini, Electrek bahkan lebih kuat dari Toyota Hilux double cabin yang hanya 1.300 kg, bahkan jauh lebih kuat daripada Ford F-150 Lighting.
Menyajikan sistem penggerak roda belakang, serta luar bak yang sanggup menampung muatan dengan berbagai ukuran, sayangnya kemampuan mesin mobil China ini dipertanyakan.
Mengingat Electrek hanya menggunakan motor listrik yang terpasang di kedua as roda belakang dengan masing-masing berkekuatan 4 kW (5,4 PS) sehingga total daya motor listriknya 10,8 PS.
Mobil heavy duty ini juga cuma sanggup melaju dengan kecepatan tertinggi 45 km/jam.
Harga Cuma Rp62 Jutaan
Mobil ini dijual seharga USD4.200 atau kira-kira setara Rp62 jutaan, belum termasuk bea impor, pajak untuk penerbitan surat kendaraan, dan asuransi.
Tapi harga on the road mobil ini tentunya masih jauh lebih murah dibanding Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, atau bahkan Ford Ranger.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.