Menggunakan Kode D74A, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023 Akan Hadir Tahun Depan?
Enda · 17 Jan, 2022 08:00
0
0
Perodua Axia di Malaysia, atau yang lebih kita kenal dengan Daihatsu Ayla dan Toyota Agya pertamakali dikenalkan pada 2014. Sempat mengalami beberapa kali penyegaran, kabarnya di tahun depan mobil mungil berbentuk hatchback ini akan berubah secara tampilannya.
Bukan hanya facelift, seperti yang dikabarkan salah satu media online asal Malaysia, funtasticko.net, modelnya akan mengalami rombakan secara total.
Menggunakan kode D74A, seperti yang disampaikan didalamnya bahwa saat ini pekerjaannya sampai dengan tahap pengembangan. Menurut sumber, mobil tersebut memasuki tahap produksi pada akhir tahun ini dan diluncurkan pada Q1 2023.
Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023 Pakai Platfrom DNGA
Media online Negeri Jiran tersebut pun menyampaikan, model entry-level city car, A-segmen tersebut juga akan mengadopsi platform DNGA. DNGA sendiri dikembangkan melalui konsep: kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.
Ada kemungkinan model X-Concept yang dipamerkan melalui Pameran Motor Antarabangsa Kuala Lumpur 2018 (KLIMS18) adalah bayangan awal Perodua Axia (Daihatsu Aya/Toyota Agya) dengan kode D74A.
Seperti yang disampaikan juga, generasi kedua Perodua Axia akan diluncurkan lebih awal di Malaysia ketimbang Daihatsu Ayla atau Toyota Agya di Indonesia yang menurut prediksinya bakal ditayangkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022.
Generasi Kedua Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023 Pakai Transmisi D-CVT?
Selain itu, ada kemungkinan juga All-New Ayla dan Agya akan menggunakan transmisi CVT dengan teknologi Dual-Mode (D-CVT) menggantikan transmisi otomatis konvensionalnya saat ini.
Seperti yang pernah kami sampaikan sebelumnya, transmisi Dual-Mode CVT ini merupakan pengembangan dari teknologi CVT yang sudah ada, melalui mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear. Sehingga penyaluran tenaga dari mesin mengkombinasikan antara belt dengan planetary gear yang menyebabkan pada saat kecepatan rendah terasa lebih halus dan bertenaga. Sementara pada saat kecepatan tinggi bisa lebih memperirit penggunaan BBM.
Sekilas Daihatsu Ayla dan Toyota Agya di Indonesia
Daihatsu Ayla dan Toyota Agya khusus untuk pasar lokal, masuk dalam kategori city car LCGC (Low Cost Green Car) dengan lima penumpang. Mobil ini sendiri ditawarkan dalam dua pilihan mesin, 1.0L dan 1.2L.
Untuk varian 1.0L dibenamkan mesin berkode 1KR 3 Silinder segaris, 12 Katup, DOHC, VVT-i, 998 cc yang mampu merilis tenaga hingga 67 PS @6.000 rpm di angka torsi mencapai 89 Nm @4.400 rpm. Beda halnya mesin 1.2L, model ini berhasil disematkan jantung pacu berkodekan 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i 4-silinder segaris berkubikasi 1.197 cc yang mana menurut data di atas kertas, mampu melecutkan tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm.
Baik Ayla maupun Agya sendiri ditawarkan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.
Bicara soal fitur fitur keselamatan, varian teratas keduanya berhasil disematkan dual SRS airbags sebagai fitur keselamatan standar untuk mengurangi benturan keras saat terjadinya tabrakan. Bagian dinding mobil terdapat side impact beam yang berguna untuk mengurangi resiko cedera jika mengalami benturan dari samping.
Untuk mencegah ban terkunci saat melakukan rem secara mendadak, mobil ini juga disematkan Anti-Lock Braking System (ABS). Dengan begitu kemungkinan tabrakan bisa dapat dicegah. Tidak tertinggal kalian juga bisa menjumpai adanya ISOFIX, serta fitur Child Safety Locks.
Mengetahui harga barunya, keduanya juga ditawarkan dengan hara yang bervariatif. Seperti yang diketahui, saat ini Ayla sendiri diniagakan Rp107,6 juta sampai dengan Rp166,6 juta. Sedangkan Agya dibandrol Rp149,2 juta hingga Rp170,6 juta.
Sebagai gambaran awal, berikut ilustrasi gambar yang dibuat Theophilus Chin baru-baru ini untuk model Perodua Axia (Daihatsu Ayla/Toyota Agya 2023) yang diambil dari model Toyota Agyo. Bagaimana pendapat kalian?
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.