Nostalgia Toyota Corolla DX KE70 Dihadirkan GR70 Corolla, Bikin Kangen
Budi · 9 Agu, 2021 08:00
0
0
Trend retro saat ini memang tengah naik daun. Termasuk pada dunia otomotif, dimana mobil-mobil era tahun 80-90an kembali menjadi primadona bagi para car enthusiast. Salah satu mobil favorit yang juga menjadi bintang di era 80an adalah Toyota Corolla KE70 yang kerap dikenal sebagai Corolla DX di Indonesia.
Mobil yang menjadi bintang di awal era 80an ini, memiliki desain mengotak dan lampu bulat ganda yang khas era 80an. Salah satu varian paling banyak dicari saat itu adalah varian 1600GT dengan mesin 2T-GEU 1,6 liter yang sanggup menghasilkan tenaga puncak hingga 107 PS. Tak ayal, mobil ini juga kerap digunakan balapan, terutama rally, dengan berbagai modifikasi yang mengiringinya.
Dan kini, tampaknya para pecinta mobil retro, terutama pecinta Corolla DX KE70 dapat mengobati kangennya pada mobil tersebut dengan melihat sosok serupa dengan sentuhan modern karya seorang illustrator Andrew Guerreiro yang ditampilkan oleh Top Gear Filipina. Memang hanya sebuah render digital, namun tampilan khas Corolla DX KE70 begitu jelas tampil pada sosok mobil yang dinamakan GR70 Corolla.
Dengan sudut-sudut mengotak, mobil ini menampilkan sosok modern dari Corolla DX KE70. Paling tampak adalah penggunaan empat buah lampu di bagian depan yang serupa dengan tampilan Corolla DX generasi awal, namun tentunya dengan teknologi LED yang modern. Aksen Daytime Running Lights berbentuk huruf “U” mempertegas tampilan modernnya.
Di bagian belakang, kombinasi lampu belakang serupa dengan Corolla DX lawas dipertahankan, namun pastinya tetap menggunakan teknologi LED. Bagian badannya tampak “bersih” karena tak garis bodi khas Corolla DX. Sementara spion model tanduk juga tampak menghilang dari Corolla modern ini.
Berdasarkan keterangan sang illustrator, GR70 Corolla memiliki dimensi panjang 4.400mm, lebar 1.725mm dan tinggi 1.394mm dengan wheelbase 2.641mm. Mobil ini menggunakan velg 17 inci yang berbalut ban 215/45 R17. Sentuhan modern diberikan pada pilar A yang diwarnai hitam, dengan bagian pilar C yang mendapatkan bentuk khas, plus panel warna hitam yang merepresentasikan ventilasi serupa dengan Corolla DX orisinal.
Andrew Guerreiro juga ingin tetap mempertahankan Corolla DX modern ini memiliki penggerak roda belakang, sehingga dia menyebutkan jika mobil ini menggunakan platform kompak TNGA-RWD, yang berbagi komponen dengan platform TNGA-FWD yang sudah ada saat ini. Artinya mobil ini menggunakan suspense independen MacPherson di depan dan multilink di bagian belakang.
Sebagaimana namanya yang menggunakan inisial GR, maka ada sentuhan Gazoo Racing pada mobil ini. Di balik kap mesinnya terdapat dua opsi mesin naturally aspirated yang telah dituning oleh Gazoo Racing, yaitu pertama adalah mesin berbasis M20A-FKS 2,0 liter dengan tenaga puncak 195 PS dan torsi 210 Nm, serta yang kedua adalah mesin berbasis A25A-FKS 2,5 liter yang menghasilkan tenaga hingga 227 PS dan torsi 252 Nm. Kedua pilihan mesin ini mendapatkan pilihan transmisi manual 6-speed atau otomatis 6-speed plus paddle shift.
Jika Toyota ingin menghidupkan kembali kejayaan mobil-mobil populernya di masa lalu, maka GR70 ini tampaknya bisa menjadi salah satu model menarik untuk mendampingi GR86 yang mereinkarnasi Si Hachiroku. Setuju?
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius.
Facebook: budityas
Instagram: budityasbebe