Toyota Pakai Mobil Bermesin Hidrogen Buat Balapan, Seberapa Hebat?
Herdi · 16 Des, 2022 10:10
0
0
Toyota Motor Corporation dan Rookie Racing Company selaku tim balap asal negeri Gajah Putih mengikuti gelaran balapan Idemitsu 1500 Super Endurance 2022 atau Thailand 25H Endurance Race yang berlangsung di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, pada 17 -18 Desember 2022.
Menariknya, selama ajang balapan kali ini, Toyota yang bekerja sama dengan Rookie Racing, tidak dibekali mobil balapan yang seutuhnya. Melainkan mobil konsep ORC Rookie GR Corolla H2, yang dijejali kendaraan mesin hidrogen. Lalu ada juga ORC Rookie GR86 CNF yang merupakan kendaraan berbahan bakar karbon netral.
"Partisipasi kali ini tidak akan mengikuti balapan selama 25 jam penuh, namun hanya di beberapa jam awal dan akhir balapan,” tulis keterangan Toyota, Kamis (15/12/20229).
Dengan turun mengikuti ajang balapan kali ini, maka hal tersebut menjadi pertama kalinya kedua mobil konsep turut bersaing dalam kegiatan motorsport di luar Jepang.
Selain itu, berkat penggunaan bahan bakar karbon netral, maka ini jadi komitmen Toyota untuk terus berupaya meningkatkan dan mempercepat pengembangan teknologi karbon netral di Asia melalui cabang motorsport.
Tujuan Penggunaan Corolla Hidrogen dan GR86 Sintetis
Mobil konsep ORC Rookie GR86 CNF
Seperti diketahui, Rookie Racing dan Toyota telah lama berkolaborasi di dunia balap. Bahkan keduanya kerap berduet untuk mengikuti seri Super Taikyu, di Jepang, pada pertengahan musim 2021. Kala itu, Rookie Racing dan Toyota menggunakan Toyota Corolla bertenaga hidrogen.
Namun memasuki mulai musim 2022, tim Rookie Racing dan Toyota, selain menunggangi Corolla hidrogen, mereka juga menambah lini mobil balap berupa Toyota GR 86 yang berbahan bakar sintetis. Hal ini sengaja dilakukan demi menghadapi tantangan untuk memperluas opsi energi bersih. Termasuk melalui penggunaan mesin pembakaran internal.
Mobil konsep GR 86 berbahan bakar karbon netral
Menurut Toyota dengan menghadirkan Corolla bertenaga hidrogen dan Toyota GR 86 berbahan bakar sintetis, sengaja dilakukan sebagai bentuk mempercepat upaya untuk memproduksi, memperkenalkan, dan menggunakan hidrogen.
"Selaras dengan visi-misi partner di dalam dan di luar industri yang bertujuan membantu masyarakat untuk mencapai netralitas karbon yang sesungguhnya.
Terbaru, Rookie Racing dan Toyota telah melakukan uji coba kendaraan bermesin hidrogen yang dibenamkan pada GR Yaris H2. Mobil tersebut telah digunakan selama putaran kesembilan World Rally Championship (WRC) di Ypres, Belgia, Agustus 2022, dan putaran ke-13 WRC di Jepang pada November 2022 lalu.
Penggunaan GR Yaris H2 bertujuan untuk menunjukkan potensi hidrogen sebagai opsi yang layak untuk mencapai netralitas karbon dalam kondisi reli yang panjang
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.