Segini Pasaran Harga Toyota Innova Zenix Hybrid Bekas, Ternyata Tak Sebagus Reborn Diesel!
Prasetyo · 20 Agu, 2024 08:04
0
0
Harga Toyota Innova Zenix Hybrid bekas mulai terpantau cukup banyak bermunculan di bursa mobil seken yang ada di Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia. Depresiasinya cukup besar dengan tahun produksi yang masih sangat muda.
Dari penelusuran kami, ragam unit Innova Zenix bekas mulai marak di para pedagang mobil second hand. Selain Innova Reborn, sepertinya banyak juga permintaan akan Innova Zenix dengan kondisi bekas pemakaian ini.
Bahkan untuk varian hybrid dengan model flagship pun tak kalah bertebaran pilihannya. Baik tipe V HEV Modellista, tipe Q HEV, sampai tipe Q HEV Modellista. Sebagai catatan, tipe Q adalah varian teratas dari Innova Zenix yang sudah dibekali teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan juga Toyota Safety Sense (TSS).
Dari pencarian kami melalui beberapa situs jual beli mobil bekas, termasuk Mobil123, terpantau ada sejumlah unit Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid keluaran 2022 dan juga 2023. Adapun harga Toyota Innova Zenix Hybrid bekas ini terlihat paling murah Rp 380 jutaan.
Untuk rincian harga Toyota Innova Zenix bekas kira-kira sebagai berikut:
Innova Zenix HEV V 2022: Rp 380 jutaan - Rp 430 jutaan
Innova Zenix HEV V Modellista 2022: Rp 400 jutaan - Rp 450 jutaan
Innova Zenix HEV Q TTS 2022: Rp 465 jutaan - Rp 520 jutaan
Innova Zenix HEV Q Modellista 2022: Rp 510 jutaan - Rp 575 jutaan
Innova Zenix HEV G 2023: Rp 400 jutaan - Rp 425 jutaan
Innova Zenix HEV V 2023: Rp 400 jutaan - Rp 465 jutaan
Innova Zenix HEV V Modellista 2023: Rp 450 jutaan - Rp 485 jutaan
Innova Zenix HEV Q TTS 2022: Rp 500 jutaan - Rp 550 jutaan
Innova Zenix HEV Q Modellista 2022: Rp 510 jutaan - Rp 610 jutaan
Baca juga:
Menghitung Depresiasi Harga Toyota Innova Zenix Hybrid Bekas
Berdasarkan rangkuman penelusuran kami mengenai unit Innova Zenix Hybrid bekas tadi, maka terlihat jika banderol termurah ada di angka Rp 380 jutaan untuk tipe V HEV 2022. Sementara harga bekas termahal ada di Rp 610 jutaan untuk varian tipe Q HEV Modellista.
Kalau melihat saat pertama kali diluncurkan pada November 2022, maka harga Innova Zenix Hybrid kala itu mulai dari Rp 458 juta untuk yang tipe G HEV dan yang termahal Rp 614 juta.
Berikut daftar harga Toyota Innova Zenix Hybrid saat meluncur di November 2022:
Kijang Innova Zenix 2.0 G HV CVT Rp458.000.000
Kijang Innova Zenix 2.0 G HV CVT (Premium Color) Rp461.000.000
Kijang Innova Zenix 2.0 V HV CVT Rp522.150.000
Kijang Innova Zenix 2.0 V HV CVT Modellista Rp532.000.000
Nah, dari daftar harga ini coba kita hitung seberapa besar depresiasi harga Toyota Innova Zenix Hybrid bekas dibanding saat barunya dulu.
Sebagai contoh untuk unit Innova Zenix bekas tipe V HEV 2022 yang harganya mulai dari Rp 380 jutaan. Maka depresiasi harganya kira-kira bisa menggunakan rumus berikut:
Harga baru 2022 - Harga bekas 2022 x100% =
Rp 522.150.000 - Rp 380.000.000 = Rp 142.150.000
Rp 142.150.000 : Rp 522.150.000 x 100% = 27,2%
Berarti terjadi pengurangan harga sekitar Rp 142 juta untuk tipe V HEV selama dua tahun pemakaian. Lantas bagaimana dengan varian lain? Kita buat perbandingannya dengan berpatokan pada harga terendah dari pasaran unit bekasnya.
Perbandingan Harga Toyota Innova Zenix Bekas
Tipe
Harga Baru 2022
Harga Bekas unit 2022
Depresiasi
Innova Zenix V HEV
Rp 522.150.000
Rp 380.000.000
Rp 142.150.000
Innova Zenix V HEV Modellista
Rp 532.000.000
Rp 400.000.000
Rp 132.000.000
Innova Zenix Q HEV TSS
Rp 601.150.000
Rp 465.000.000
Rp 136.150.000
Innova Zenix Q HEV Modellista
Rp 611.000.000
Rp 510.000.000
Rp 101.000.000
Dari data tersebut bisa kita lihat, meski depresiasi harga bekas innova Zenix Hybrid bisa mencapai Rp 136 jutaan, namun ada tipe yang harga bekasnya cukup bertahan meski sudah usia pemakaian 2 tahun. Yakni Innova Zenix Hybrid tipe Q Modellista yang menjadi varian tertinggi dari Innova Zenix.
Meski begitu, nilai depresiasi Innova Zenix ini tidak lbih baik ketimbang depresiasi harga Innova Reborn. Pasalnya, unit Innova Reborn Diesel dengan usia pakai sudah 5 tahun saja, harga depresiasinya cuma sekitar 25 persen.
Baca juga:
Spesifikasi Toyota Kijang Innova Zenix dan Harga Terbarunya
Hingga saat ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) menawarkan lima varian tiep dari Kijang Innova Zenix Hybrid (HEV) di Indonesia. Yaitu tipe G HEV yang merupakan tipe terendah. Lalu di atasnya ada tipe V HEV, dan tipe Q HEV.
Untuk tipe V dan Q ditawarkan juga dengan opsi tambahan aksesoris Modellista. Sementara cuma tipe Q yang hadir dengan fitur keselamatan ADAS bernama Toyota Safety Sense (TSS).
Walau jadi yang termurah, namun Innova Zenix G HEV fiturnya tetap lebih lengkap dibandingkan Innova Zenix tipe G dan V mesin bensin murni. Antara lain untuk varian G HEV sudah menggunakan ban ukuran 205/65 R16. Kemudian ada fitur Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Anti-lock Braking System (ABS), ISOFIX, Electronic Parking Brake (EPB) with Brake Hold, sensor dan kamera parkir, Smart Entry, hingga head unit 9 inci with Smartphone Connectivity.
Sebagai tambahan, tipe G hybrid sudah dilengkapi desain dashboard dual tone, dan layar MID berukuran 7 inci. serta Electric Vehicle Mode, ECO Mode dan Power Mode.
Untuk tipe V HEV, sejatinya semua yang ada di tipe G hybrid ada pada model ini. Sebagai tambahan lainnya ada juga, ada corner sensor dan juga fitur Vehicle Approach Notice.
Sementara varian Q HEV termasuk yang Modellista sudah menggunakan ban ukuran 225/50 R18, lampu DRL di bawah lampu utama dengan desain memanjang, head unit 10 inci, dan Rear Seat Entertainment berupa monitor 10 inci di masing-masing bagian belakang jok pengemudi dan penumpang depan.
Agar lebih istimewa dan terkesan mewah, ada juga tambahan ambient light, serta panoramic retractable roof, baris kedua tersedia model captain seat dengan ottoman yang semi elektronis, kursi dan lingkar kemudi dibalut kulit, wireless charger, paddle shift, power back door, hingga voice command.
Tipe Q Hybrid lebih istimewa lagi berkat adanya Digital Video Recorder (DVR), Blind Spot Monitoring, kemudian teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0, dimana beberapa fitur canggih turut disertakan seperti Pre Collision System, Lane Departure Alert, Lane Tracing Assist, Dynamic Radar, Cruise Control, dan Automatic High Beam.
Adapun untuk sumber tenaganya, semua varian Innova Zenix Hybrid sama-sama dibekali mesin berkode M20A-FXS 4 silinder segaris Dual VVT-i berkapasitas 1.987 cc dengan siklus Atkinson. Mesin ini sanggup merilis tenaga hingga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm.
Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205 Nm. Untuk menggerakan motor listriknya, mobil ini disambungkan dengan baterai jenis Ni-MH (nickel–metal hydride) berkapasitas 1,31 kWh yang diletakan di bawah jok pengemudi dan penumpang depan.
Untuk membuatnya berjalan, keduanya dipadukan transmisi e-CVT. Pengemudi juga disediakan beberapa pengaturan gaya berkendara, seperti Drive Mode (Eco, Normal, Power) dan EV Mode.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.