Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Perang LMPV Paling Irit BBM Sampai Membedah Perbedaan Seluruh Varian Daihatsu Sigra
Prasetyo · 11 Nov, 2024 09:02
0
0
Pilihan mobil LMPV paling irit BBM rupanya masih menjadi perimbangan masyarakat Indonesia ketika hendak mencari kendaraan untuk keluarga. Hal ini terlihat begitu banyaknya pembaca pada artikel Autofun yang membahas soal LMPV paling irit BBM.
Seperti kita ketahui, meskipun tren mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) tengah naik daun, namun untuk pasar Indonesia, kelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) rupanya masih begitu tinggi. Tak heran kalau mobil seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, sampai Hyundai Stargazer masih tinggi penjualannya.
Karena mobil-mobil seperti ini memang mampu menjangkau pangsa pasar dari lapisan masyarakat yang lebih luas. Dengan harga di kelas Rp 200 juta - 300 jutaan, ditambah kepraktisannya untuk banyak bawa penumpang sekaligus barang, hingga mesin yang cenderung efisien dalam hal pemakaian bahan bakar meskipun tanpa perlu ditunjang sistem Strong Hybrid.
Nah selain bahasan mengenai LMPV paling irit BBM, Top 5 Artikel Autofun selama sepekan ke belakang juga diisi dengan ragam informasi menarik. Misalnya mengenai perbedaan seluruh varian Daihatsu Sigra. LCGC paling laris saat ini di Indonesia.
Kemudian juga ada informasi mengenai Geely Panda yang harga bekasnya kini sudah di bawah Rp 50 juta. Sampai panduan buat kalian yang mampu membeli Hyundai i10, city car Korea yang bisa sat set sat set di jalan raya, dan tentunya juga tetap irit bahan bakar.
Nah untuk mengetahui lebih jelas apa saja Top 5 Artikel Autofun Indonesia periode 4-10 November 2024, berikut rangkumannya.
1. Siapa LMPV Paling Irit Konsumsi BBM di Indonesia, Avanza, Ertiga, Xpander, atau Stargazer?
Pertanyaan mengenai siapa LMPV paling irit konsumsi BBM mungkin menjadi hal yang cukup sering ditanyakan belakangan ini. Mengingat harga Bahan Bakar Minyak (BBM) juga terus bergerak secara fluktuatif yang kadang banderolnya bisa mencekik isi dompet.
Di satu sisi, saat ini belum ada mobil elektrifikasi berjenis BEV (Battery electric Vehicle) yang diposisikan pada segmen LMPV bermesin bakar internal (ICE). Artinya mobil tersebut ada di rentang harga Rp 200 juta - Rp 300 jutaan dan memiliki konfigurasi 7 penumpang.
Saat ini MPV listrik termurah baru ada BYD M6, itu pun harganya paling murah hampir sentuh Rp 400 juta. Sementara satu-satunya mobil LMPV berteknologi elektrifikasi yang harganya terjangkau saat ini baru datang dari Suzuki melalui Ertiga. Itu pun teknologi hybrid yang diterapkan baru mild hybrid bukan strong hybrid.
Tujuannya tentu saja menekan angka konsumsi BBM Suzuki Ertiga dibanding versi mesin bensin konvensional. Tapi apakah strategi ini sanggup membuat Ertiga Hybrid menjadi pemenang di pertarungan LMPV paling irit konsumsi BBM?
Tim Autofun sebenarnya sudah pernah melakukan tes konsumsi BBM terhadap lima model Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) berbeda yang dijual di Indonesia. Yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi ketiga, Suzuki Ertiga Hybrid, Mitsubishi Xpander facelift, dan juga Hyundai Stargazer.
Ketiganya tentu punya teknologi mesin yang berbeda-beda demi menekan ketergantungan akan bahan bakar fosil. Namun untuk mengetahui siapa yang berhak menyandang predikat LMPV paling irit konsumsi BBM-nya kalian sebaiknya klik disini.
2. Mobil China Rp40 Jutaan, Geely Panda Punya Fitur Lengkap dengan Perawatan Ala Toyota
Geely Panda diluncurkan secara resmi di Indonesia pada 2012 silam melalui PT Geely Mobil Indonesia (GMI) yang saat itu dipercayai sebagai distributor resmi mobil Geely di Tanah Air. Kehadiran Geely Panda sendiri mengisi ceruk hatchback kompak yang berhadapan dengan Daihatsu Sirion, Kia Picanto dan beberapa rivalnya.
Saat diluncurkan pertama kali, mobil mungil asal Negeri Tiongkok dengan bentuk lucu bak hewan pemakan bambu tersebut cukup laris di pasaran. Namun sayang, eksistensi Geely Panda di kancah otomotif Tanah Air mampu bertahan 5 tahun, hingga akhirnya pada 2016 PT GMI harus menutup bisnisnya di Indonesia karena tidak adanya penjualan.
Bicara harga bekasnya Geely Panda kini ditawarkan mulai dari Rp40 jutaan hingga Rp50 jutaan.Punya harga bekas yang terjangkau, klik disini untuk mengetahui fakta menarik Geely Panda yang wajib diketahui jika kalian tertarik membelinya.
3. Kelebihan dan Kekurangan Hyundai i10 Bekas, City Car yang Cuma Rp60 Jutaan
Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Hyundai i10 bekas yang sebaiknya kalian ketahui mengingat mobil ini sekarang harga pasaran sekennya sudah sangat menarik.
Sebagai informasi, untuk pasaran harga bekas Hyundai i10 sekarang ini ditawarkan mulai dari Rp60 jutaan, tentunya banderol ini sangat ditentukan dari kondisi kendaraan dan juga wilayah penjualannya.
Untuk daerah-daerah yang dikelilingi medan pegunungan atau rute jalan yang permukaan aspalnya masih kurang mulus, mungkin pasaran Hyundai i10 bekas tidak begitu laku.
Namun kalau buat penggunaan di kota-kota besar seperti Jakarta, rasanya mobil Hyundai yang satu ini masih sangat layak diperhitungkan dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Sedikit kilas balik i10, mobil yang diposisikan di bawah Hyundai i20 itu pertama kali meramaikan kancah otomotif Nasional di segmen city car sub-kompak terjadi pada tahun 2009. Saat itu PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) menghadirkan i10 dengan melihat pasar yang gemuk sekaligus menantang kedigdayaan Suzuki Karimun Estilo, Kia Picanto Cosmo, serta Chevrolet Spark.
Sebagai suksesor Hyundai Atoz, eksistensi i10 sendiri sanggup bertahan hingga 2015 yang kemudian digantikan oleh Grand i10. Atoz sendiri juga sempat menjadi primadona mobil mungil di kalangan pengendara perkotaan untuk menempuh jalanan yang super padat.
i10 masih mempertahankan bentuk compact dari Atoz, namun telah mengalami pembaruan desain eksterior dan juga interior yang semakin modern, termasuk penambahan fitur yang semakin lengkap. Saat itu i10 hadir dengan strategi tiga pilar, yakni iCare untuk keluarga muda (young family), iChic buat mahasiswa (young college), dan iCool bagi profesional muda (young professional).
Hyundai sendiri secara global mengumumkan tidak lagi memproduksi i10 sebenarnya sejak 2013, namun mobil ini masih bertahan hingga dua tahun berikutnya lantaran menghabiskan stok impor yang sudah sampai ke dalam negeri.
Kala itu pihak HMI sempat berjanji akan menghadirkan model penggantinya, yang kemudian muncullah Grand i10 sebagai generasi kedua dari model ini. Namun sayangnya, sekarang Hyundai Indonesia seperti lebih tertarik memasarkan MPV seperti Hyundai Stargazer, dan lini SUV contohnya Hyundai Palisade, dan juga beragam produk elektrifikasi antara lain melalui Hyundai Ioniq 5.
Meski demikian, jika kalian tertarik membeli guna menunjang aktivitas sehari-hari karena saat ini harganya sudah sangat terjangkau, simak kelebihan dan kekurangan Hyundai i10 bekas berikut ini.
4. Mulai Jarang Dijumpai, Ini Keistimewaan Toyota Avanza S
Toyota Avanza S merupakan varian tertinggi yang dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) periode 2004 hingga 2011. Sebagai tipe teratas, tentu Avanza S memiliki fitur paling lengkap guna menunjang kenyamanan berkendara.
Diluncurkan pada Juli 2004, Avanza S secara fasad tak jauh berbeda dengan tipe G-nya. Varian Avanza S sendiri menawarkan sentuhan lebih sporty untuk menarik konsumen yang menginginkan Avanza yang tampilannya lebih dinamis sebagai mobil keluarga mereka.
Varian Avanza S sendiri menawarkan sentuhan lebih sporty untuk menarik konsumen yang menginginkan Avanza yang tampilannya lebih dinamis sebagai mobil keluarga mereka.
Dengan penambahan fitur-fitur modern dan peningkatan dalam desain eksterior dan interior, Avanza S menjelma menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen yang mencari kombinasi antara gaya, kenyamanan, tapi tetap punya durabilitas serta efisiensi BBM layaknya Avanza tipe lain.
Juli 2006, atau 2 tahun setelah kemunculan awalnya, TAM memberikan penyegaran terhadap Toyota Avanza S dengan tampilan lebih sporty serta kapasitas mesin lebih besar. Sebagai tipe teratas yang kurang diminati karena memiliki harga baru cukup mahal saat itu, sekarang ini harga Toyota Avanza S bekas sudah terjangkau.
Dinobatkan sebagai Toyota Avanza ternyaman saat itu, simak keistimewaan Toyota Avanza tipe S dengan ulasan lengkapnya disini.
5. Bedah 10 Varian Daihatsu Sigra
Ada beberapa varian Daihatsu Sigra yang disodorkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada para calon konsumennya. Varian Daihatsu Sigra ini dijabarkan dengan cukup banyak lantaran menyesuaikan selera, kebutuhan, serta kemampuan finansial dari setiap konsumen Daihatsu.
Sedikit kilas balik tentang Sigra, mobil ini berawal dari kemunculan Daihatsu UFC Concept di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012. Dikembangkan dari platform Daihatsu Ayla, namun Sigra hadir dengan konfigurasi tiga baris jok penumpang.
Mobil ini pun akhirnya mulai dipasarkan secara resmi pada Agustus 2016 dan dirakit di pabrik Daihatsu yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, bersama dengan Ayla, Agya, serta kembaran Sigra, Toyota Calya.
Sebagai mobil keluarga termurah di Indonesia, Daihatsu Sigra saat pertama kali hadir ditawarkan dalam varian D, M, X, dan R. Namun per Januari 2024, berdasarkan data dari situs resmi Daihatsu Indonesia, total ada 10 varian Daihatsu Sigra yang disodorkan kepada konsumen.
Harga Daihatsu Sigra dimulai dari tipe D yang dibanderol Rp 138 juta. Sedangkan mobil Daihatsu Sigra termahal adalah tipe R Deluxe yang harganya Rp 181,6 juta.
Mobil Daihatsu Sigra yang dipasarkan saat ini merupakan versi facelift kedua yang diluncurkan 7 Juli 2022. Perubahan terjadi pada bagian eksterior seperti gril depan yang kini berornamen black glossy ditambah lis chrome yang tipis.
Kemudian, lampu depannya juga dihiasi dengan aksen gelap (smoked) yang semakin menguatkan kesan sporty. Pembaharuan juga terdapat di desain velg dual tone baru serta penggunaan antena sirip hiu.
Adapun interiornya hanya berubah aksen warna jadi serba hitam, mulai dari dashboard hingga plafon , serta kursinya juga beraksen hitam dengan motif titik merah. Sementara untuk spesifikasi mesin, tetap tidak berubah dibanding model pre-facelift.
Selain perbedaan tipe, Sigra juga ditawarkan dalam dua pilihan mesin, 1,0 liter dan 1,2 liter. Opsi transmisi tersedia dua, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.
Jika kalian memang tertarik untuk membelinya, baca artikel lengkapnya disini mengenai ulasan perbandingan setiap varian Daihatsu Sigra yang ada di Indonesia.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.