Vespa dikenal sebagai brand otomotif yang sangat legendaris. Lebih dari sekedar alat transportasi, Vespa juga menempatkan dirinya sebagai barang gaya hidup dan menjadi penunjang fashion bagi pemiliknya. Salah satu produknya yang sangat ikonik yakni Vespa 946.
Pada Juni 2020 silam juga Vespa memperkenalkan Vespa 946 Christian Dior yang diperuntukkan bagi penggemar Vespa yang fanatik dengan dunia fashion. Detail tampilannya pun berbeda dari 946 edisi sebelumnya. Vespa 946 Dior ini tampil lebih mewah dengan sentuhan khas Dior.
Vespa 946 pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2013 lalu dan pihak Piaggio Indonesia menyebutkan hanya menyediakan 51 unit saja. Saat pertama diluncurkan Vespa 946 dijual seharga Rp 146 juta.
Sukses menghadirkan Vespa 946, di tahun 2014 Vespa kembali menghadirkan 946 Vellissima. Perbedaan hanya terjadi pada tampilan luarnya saja. Sementara pada sektor mesin dan fiturnya masih tetap sama.
Gaya dinamis jok melayang masih dipertahankan, hanya dibuat lebih pendek. Rak belakang ditambahkan sebagai pelengkap dengan lapisan krom. Pelek dan warna bodi diberi pilihan baru, yakni metallic gray (abu-abu metalik) dan metallic blue (biru metalik). Sekaligus adanya pilihan handel gas yang lebih bervariasi.
Meski demikian, Bellissima tak seegois itu. Vespa tetap menyertakan jok untuk boncenger yang bisa dibongkar-pasang agar tetap bisa dinikmati berduaan. Bahan pembuat dan desain masih sama, dibuat ”melayang” seperti jok utama.
Dari data yang dihimpun, 946 Bellissima diproduksi hanya 100 unit. Untuk mesinnya mengusung kapasitas 150 cc dengan 3 valve yang sudah menggunakan sistem injeksi. Motor yang lampu belakangnya sudah menggunakan LED dengan indikator yang menggunakan LCD ini diklaim sebagai motor yang irit bahan bakar.
Untuk keamanan, piringan rem berukuran 220 mm sudah diaplikasi bersama berbagai teknologi terkini seperti ABS dan ASR electronic traction control.
Vespa 946 Emporio Armani diluncurkan pada tahun 2015. Harganya pun semakin mahal dibandingkan varian 946 sebelumnya, yakni mencapai Rp 196 juta saat awal diluncurkan.
Ubahannya pun masih pada tampilan luarnya saja. Tidak ada perubahan pada fitur dan mesin. Diluncurkannya skutik ini adalah dalam rangka perayaan tahun ke-40 berdirinya Giorgio Armani dan ulang tahun Piaggio Group ke-130.
Vespa 946 Emporio Armani hanya tersedia dalam satu warna saja dan menjadi warna lembut ciri khas Armani, yaitu abu-abu dengan sentuhan halus warna hijau jika dilihat dalam kondisi cahaya tertentu.
Bagian pada logam skutik ini dirancang khusus sehingga menghasilkan efek opaque. Tulisan `Emporio Armani` terpampang di bagian samping, sementara logo elang ciri khas Armani tertempel di atas lampu utama.
Pada tahun 2017, Vespa kembali menghadirkan edisi terbatas dari 946. Kali ini, Vespa bekerja sama dengan RED, organisasi non pemerintah yang berdiri pada tahun 2006.
Warna merah menyelimuti skutik ini sebagai bentuk program kampanye melawan AIDS, TBC dan malaria. Saat diluncurkan, Vespa 946 RED dibanderol Rp 199 juta.
Setelah meluncurkan 946 edisi terbatas beberapa tahun lalu, kali ini Vespa menggandeng Christian Dior memperkenalkan edisi spesial. Menariknya, rumah mode couture Paris dan perusahaan asal Italia ini sama-sama didirikan di tahun 1946.
Vespa 946 Christian Dior dirancang oleh Maria Grazia Chiuri, seorang Creative Director untuk koleksi busana wanita di Dior. Skuter ini akan diproduksi di Italia, demi penerapan standar dan komitmen yang tepat, serta presisi layaknya seorang perancang adibusana.
Terinspirasi dari desain sadel Vespa 946 yang khas, casing atas dihiasi oleh motif Dior Oblique yang didesain oleh Marc Bohan pada tahun 1967 dan khusus untuk dipasang di rak bagasi untuk memberikan daya tarik yang unik. Helm khusus juga dihiasi dengan motif ikonik yang serupa sehingga semakin mengukuhkan keunikannya.
Meski baru diperkenalkan pada Juni 2020, Vespa 946 Christian Dior baru akan mulai dijual pada 2021 mendatang di butik Dior di seluruh dunia. Pihak Piaggio Indonesia juga tak mustahil mendatangkannya ke Indonesia. Direncanakan skutik mahal ini pun akan hadir di MotoPlex Piaggio Indonesia. Sayangnya untuk harga belum diketahui secara pasti. Kita masih harus bersabar sampai tahun depan untuk menunggu pengumuman harganya.
Menurut catatan sejarah, Vespa 946 terinspirasi prototipe Vespa MP6 tahun 1946. Pada bulan April 1946, sepeda motor ringan dan serbaguna ini diperkenalkan untuk pertama kalinya kepada publik di sebuah perkumpulan pemain golf di Roma. Di perisainya terpasang logo Piaggio baru untuk pertama kalinya, menggantikan lambang pesawat yang ada di sana sebelumnya.
Seperti diketahui, Piaggio sendiri sebelumnya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri penerbangan setelah sebelumnya mengalami krisis pasca perang dunia II hingga akhirnya banting setir dengan memproduksi skuter.
Versi dari produksi massal MP6 terwujud dengan seri kedua bernama Vespa 98 yang diproduksi sebanyak 16.500 unit. Dimulai dari sinilah perputaran roda ekonomi Piaggio bergulir dan terus menghasilkan Vespa varian terbaru lainnya di tahun-tahun berikutnya.