Sejak peluncuran global awal 2020 lalu, BMW R18 First Edition 2021 sudah mencuri perhatian. Dan kini motor tersebut sudah hadir resmi di Indonesia lewat PT Maxindo Moto Nusantara.
Dalam peluncuran yang dilakukan secara virtual Selasa (24/11) ini, Joe Frans, CEO PT Maxindo Moto Nusantara mengaku bangga bisa menghadirkan motor yang berbeda dari lini yang sudah ada.
"Hadirnya R18 ini menambah citarasa unik dari lini yang sudah ada, yang juga memiliki mesin boxer terbesar," katanya. Maka tak heran jika BMW R18 First Edition ini dijual dengan nominal Rp 969 juta off the road Jakarta.
BMW R18 pertama kali hadir dalam bentuk konsep pada 2019. Setahun kemudian BMW Motorrad mewujudkannya menjadi produk massal pada 2020. Desain BMW R18 First Edition terinspirasi dari BMW R5 produksi 1936.
Desain klasik dari motor ini bisa dilihat dari bentuk lampu yang membulat, lalu tangki bergaya tear drop yang ikonik. Ciri khas list putih yang hanya akan terdapat untuk R18 First Edition.
Rangka yang dibuat seperti rigid juga jadi ciri khasnya. Padahal terdapat suspensi belakang yang letaknya sengaja disembunyikan, serta bentuk sasis yang seolah menyatu dengan lengan ayun.
Penggunaan pelek jari-jari dengan ukuran tromol yang besar, serta lingkar roda belang, depan 19 inci dan belakang 16 inci menguat kesan klasik dari BMW R18 First Edition 2021.
Tentu dengan harga yang cukup tinggi mencapai Rp 969 juta off the roadd Jakarta, Anda ingin mengetahui lebih banyak terkait motor ini. Siapa tahu suatu saat Anda bisa memilikinya.
Pihak BMW Motorrad mengatakan jika BMW R18 First Edition akan berkompetisi dengan sesama motor bermesin besar 1.800 cc. Dan melihat pasar yang dituju, motor cruiser kelas atas jawabannya.
Salah satu kompetitornya adalah Harley-Davidson Breakout, yang punya kapasitas mesin hampir sama yakni 1.868 cc. Meski ada juga yang menyebutkan Harley-Davidson Softail sebagai lawan sepadannya.
Dan hal itu diakui pihak BMW Motorrad sendiri, lewat BMW R18 ini mereka ingin menyasar pengguna-pengguna motor Harley-Davidson. Maka sebaiknya merek Amerika Serikat itu waspada.
Untuk postur orang Indonesia, motor ini tergolong besar dan berat. Panjangnya mencapai 2.440 mm, lebar 695 mm dan tinggi 1.125 mm. Sumbu rodanya 1.731 mm karena posisi suspensi depan dibuat miring seperti umumnya motor cruiser.
Berat basahnya mencapai 345 kg, memang besar dan berat motornya, tapi pengendara juga diuntungkan dengan ketinggian tempat duduk yang hanya diangka 690 mm saja serta posisi setang kemudi yang mudah digenggam.
Dimensi BMW R18 First Edition 2021 | ||
---|---|---|
P x L x T | 2.440 x 965 x 1.125 mm | |
Sumbu Roda | 1.731 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 690 mm | |
Kapasitas Tangki | 16 liter | |
Berat Basah | 345 kg |
Layaknya sebuah BMW R5 yang diproduksi medio 1930-an, mesin BMW R18 First Edition menggunakan konfigurasi boxer atau flat twin. Bagian crankcase mesin dibuat besar dan membulat mengisi bagian tengah motor.
Mesin ini berkapasitas 1.802 cc dengan ukuran piston 107,1 mm dan langkah piston 100 mm. Menggunakan pendingin udara, DOHC dengan penggerak katup menggunaan push rod. Benar-benar klasik.
Namun jantung mekanis ini tak superior, lantaran tenaga maksimal yang bisa diraih diangka 91 Hp @ 4.750 rpm dengan torsi 158 Nm @ 3.000 rpm. Mesin tak perlu berputar kencang untuk mendapatkan torsi dan tenaga maksimal.
Transmisi yang digunakan 6 percepatan manual, yang menyalurkan tenaga ke roda melalui drive shaft terbuka. Kecepatan yang bisa diraih motor ini diklaim lebih dari 180 km/jam.
Spesifikasi Mesin BMW R18 First Edition 2021 | ||
---|---|---|
Tipe | 4-tak, Boxer flat twin, pendingin udara | |
Diameter x Langkah | 107,1 mm x 100 mm | |
Kapasitas Mesin | 1.802 cc | |
Rasio Kompresi | 9,6 : 1 | |
Transmisi | Manual 6 percepatan | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi | |
Tenaga Maksimal | 91 Hp @ 4.750 rpm | |
Torsi Maksimal | 158 Nm @ 3.000 rpm |
Jika melihat dari penampilannya tentu hal itu benar, tapi nyatanya motor ini juga diberikan teknologi modern. Anda bisa melihat penggunaan lampu-lampu yang sudah LED, bahkan ada DRL pada lampu depan.
Jangan lupakan 3 buah Riding Mode yang bisa dipilih, ada Rain, Roll dan Rock. Lalu Traction Control, rem ABS, Hill Hold Control, Keyless Ignition, Ride by Wire, Drag Torque Control. Anda akan merasa mengendarai sebuah motor klasik, namun dengan kelengkapan modern.
Dikenalkan secara global, BMW R18 hadir dalam beberapa varian. Untuk yang pertama masuk ke Indonesia adalah BMW R18 First Edition 2021, seperti yang sedang kami bahas saat ini.
Namun kedepannya, akan datang lagi BMW R18 Classic yang bergaya touring dengan windscreen, jok pembonceng dan side bag. Untuk varian lainnya akan dikonfirmasi kembali oleh PT Maxindo Moto Nusantara.
Menjelang akhir tahun 2020, PT Maxindo Moto Nusantara hanya bisa mendatangkan 5 unit saja. Namun tahun depan akan ada 15 unit yang seluruhnya pesanan konsumen setia.
Jika Anda berminat, masih ada kesempatan untuk mendapatkan unit BMW R18 First Edition 2021 sampai bulan Maret 2021. Sebelum nantinya akan digantikan dengan varian R18 lainnya.