PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) lama tak menghadirkan produk sepeda motor baru di Indonesia. Terakhir adalah Suzuki Nex Crossover dipenghujung akhir tahun 2020 lalu.
Namun ada banyak informasi beredar terkait motor baru Suzuki, setelah sebelumnya ada informasi terkait Suzuki Gixxer 250 2021, kini ada update terbaru yakni kehadiran Suzuki V-Strom 250 2021, yang merupakan motor adventure.
Informasi terbaru ini dibuktikan dengan kemunculan NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Suzuki V-Strom 250 di Samsat DKI Jakarta. Motor dengan kode DL250 itu memiliki NJKB sebesar Rp 50,4 juta.
Meski kemungkinan Suzuki Gixxer 250 yang akan dirilis terlebih dulu, namun kehadiran Suzuki V-Strom 250 2021 ini tetap menarik disimak. Apalagi pamor motor adventure juga sedang naik daun di Indonesia.
Tentunya kabar ini menjadi angin segar bagi para penggemar motor Suzuki, terlebih mereka memang menginginkan motor yang tangguh dan bisa bersaing dengan kompetitor dari merek lain.
Baca juga : Intip Spesifikasi Suzuki Gixxer 250 2021, Calon Motor Sport 250 Terbaru Suzuki di Indonesia?
Sebagai informasi tambahan, pada tahun 2019 lalu NJKB Suzuki V-Strom 250 sudah muncul dengan nilai Rp 46,7 juta. Namun sampai kini belum juga dirilis resmi, lantaran terkendala harga jual yang akan tinggi, mengingat statusnya produk impor utuh alias CBU (Completely Build Up).
Kemungkinan pihak Suzuki sudah menemukan formulasi yang tepat dan harga jual dari V-Strom 250 bisa ditekan. Entah dengan skema CKD (Completely Knock Down) atau subsidi dari pihak Suzuki pusat.
Sejauh ini, Suzuki V-Strom 250 sudah dijual secara global seperti di negara-negara Eropa, namun belum menyapa konsumen disejumlah negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan Filipina.
Motor adventure ini sudah dikenalkan sejak tahun 2018 lalu, dan mendapatkan respon yang positif secara global. Image ketangguhan keluarga Suzuki V-Strom series menjadi salah satu alasannya.
Suzuki V-Strom 250 memiliki desain khas motor petualang, dengan dimensi yang besar dan kokoh. Fascianya diisi dengan lampu depan bulat, windscreen dan juga bodi yang seperti paruh bebek.
Baca juga : Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya
Bagian tangkinya nampak besar dan dan kokoh, dengan garis bodi yang tegas. Shroud tangki yang dimilikinya berfungsi untuk menutup bagian samping radiator, yang diandalkan sebagai sistem pendinginan mesin.
Menariknya, bagian tengah terlihat ringkas untuk bisa memberikan posisi duduk yang rendah, supaya pengendaranya nyaman dan mudah mengendalikan motor. Baru bagian sub-frame dibuat meninggi, terlihat dari posisi duduk pembonceng yang menjulang.
Pada bagian buritan dibuat ringkas tanpa adanya cover bodi, untuk memberikan ruang bagi dudukan side box yang terintegrasi langsung dengan rangka. Tak ketinggalan dudukan top box yang menyatu dengan behel belakang.
Baca juga : Suzuki Nex Crossover 2021 Dijual Rp 17 Jutaan, Seberapa Menarik Skutik Gaya Petualang Ini Untuk Dimiliki?
Dikenalkan pertama kalinya tahun 2018 lalu, Suzuki belum memberikan update untuk motor ini. Spesifikasi yang dimilikinya masih sama saat pertama kali dikenalkan.
Dimensi panjangnya 2.150 mm, lebar 790 mm dan tinggi 1.295 mm. Suzuki V-Strom 250 memiliki sumbu roda 1.425 mm, dengan jarak terendah 160 mm dan tinggi jok hanya 800 mm saja. Berat basahnya mencapai 188 kg.
Fiturnya pun cukup lengkap, seperti panel instrumen digital, windscreen, lampu belakang LED, dudukan side box terintegrasi, power outlet dan rem ABS (Anti-lock Braking System) dipadu dengan cakram petal disc.
Perkara mesin, Suzuki V-Strom ini memiliki performa yang kuat pada putaran rendah, dengan karakter mesin overstroke. Spesifikasinya 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin cairan.
Diameter pistonnya 53,5 mm dengan langkah piston 55,2 mm. Kapasitas mesin murninya diangka 248 cc, dengan ratio kompresi 11,5 : 1 dan pasokan bahan bakar injeksi. Output tenaganya mencapai 25 PS pada putaran 8.000 rpm, dengan torsi 23,4 Nm di 6.500 rpm.
Baca juga : Suzuki GSX-R150 2021 Andalkan Mesin Bertenaga dengan Harga Terjangkau, Simak Kekurangan dan Kelebihannya
Jika benar SIS akan membawa Suzuki V-Strom 250 2021 ke Indonesia, maka pilihan motor adventure bermesin 250 cc akan semakin beragam, setelah sebelumnya ada Kawasaki Versys-X 250 dan Honda CRF250 Rally.
Saat ini Kawasaki Versys-X 250 dilepas dengan harga Rp 63,7 juta sampai Rp 68,9 juta tergantung varian, dan Honda CRF250 Rally diangka Rp 83,6 juta on the road Jakarta. Menarik disimak, jika Suzuki akhirnya bisa melepas V-Strom 250 dengan harga kompetitif.
Spesifikasi SuzukiV-Strom 250 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.105 x 790 x 1.295 mm | |
Sumbu Roda | 1.425 mm | |
Jarak Terendah | 160 mm | |
Tinggi Jok | 800 mm | |
Kapasitas Tangki | 17,3 liter | |
Berat Isi | 188 kg | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin cairan | |
Kapasitas | 248 cc | |
Diameter x Langkah | 53,5 x 55,2 mm | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi | |
Transmisi | Manual 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 25 PS @ 8.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 23,4 Nm @ 6.500 rpm | |
Kaki-Kaki | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Ban Depan | 110/80-17 | |
Ban Belakang | 140/70-17 | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS |