NJKB Suzuki V-Strom 250 2021 Muncul di Samsat DKI Jakarta, Segera Hadir di Indonesia?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) lama tak menghadirkan produk sepeda motor baru di Indonesia. Terakhir adalah Suzuki Nex Crossover dipenghujung akhir tahun 2020 lalu.

Namun ada banyak informasi beredar terkait motor baru Suzuki, setelah sebelumnya ada informasi terkait Suzuki Gixxer 250 2021, kini ada update terbaru yakni kehadiran Suzuki V-Strom 250 2021, yang merupakan motor adventure.

Suzuki V-Strom 250 2021 akhirnya rilis di Indonesia?

Informasi terbaru ini dibuktikan dengan kemunculan NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Suzuki V-Strom 250 di Samsat DKI Jakarta. Motor dengan kode DL250 itu memiliki NJKB sebesar Rp 50,4 juta.

Meski kemungkinan Suzuki Gixxer 250 yang akan dirilis terlebih dulu, namun kehadiran Suzuki V-Strom 250 2021 ini tetap menarik disimak. Apalagi pamor motor adventure juga sedang naik daun di Indonesia.

Tentunya kabar ini menjadi angin segar bagi para penggemar motor Suzuki, terlebih mereka memang menginginkan motor yang tangguh dan bisa bersaing dengan kompetitor dari merek lain.

Baca juga : Intip Spesifikasi Suzuki Gixxer 250 2021, Calon Motor Sport 250 Terbaru Suzuki di Indonesia?

NJKB Suzuki V-Strom 2021 sebesar Rp 50,4 juta.

Sebagai informasi tambahan, pada tahun 2019 lalu NJKB Suzuki V-Strom 250 sudah muncul dengan nilai Rp 46,7 juta. Namun sampai kini belum juga dirilis resmi, lantaran terkendala harga jual yang akan tinggi, mengingat statusnya produk impor utuh alias CBU (Completely Build Up).

Kemungkinan pihak Suzuki sudah menemukan formulasi yang tepat dan harga jual dari V-Strom 250 bisa ditekan. Entah dengan skema CKD (Completely Knock Down) atau subsidi dari pihak Suzuki pusat.

Sejauh ini, Suzuki V-Strom 250 sudah dijual secara global seperti di negara-negara Eropa, namun belum menyapa konsumen disejumlah negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan Filipina.

Penampakan Suzuki V-Strom 250 2021 dari atas.

Desain Suzuki V-Strom 250 2021

Motor adventure ini sudah dikenalkan sejak tahun 2018 lalu, dan mendapatkan respon yang positif secara global. Image ketangguhan keluarga Suzuki V-Strom series menjadi salah satu alasannya.

Suzuki V-Strom 250 memiliki desain khas motor petualang, dengan dimensi yang besar dan kokoh. Fascianya diisi dengan lampu depan bulat, windscreen dan juga bodi yang seperti paruh bebek.

Baca juga : Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Tampilan Suzuki V-Strom 250 2021 khas motor petualang.

Bagian tangkinya nampak besar dan dan kokoh, dengan garis bodi yang tegas. Shroud tangki yang dimilikinya berfungsi untuk menutup bagian samping radiator, yang diandalkan sebagai sistem pendinginan mesin.

Menariknya, bagian tengah terlihat ringkas untuk bisa memberikan posisi duduk yang rendah, supaya pengendaranya nyaman dan mudah mengendalikan motor. Baru bagian sub-frame dibuat meninggi, terlihat dari posisi duduk pembonceng yang menjulang.

Suzuki V-Strom 250 2021 tawarkan posisi berkendara nyaman.

Pada bagian buritan dibuat ringkas tanpa adanya cover bodi, untuk memberikan ruang bagi dudukan side box yang terintegrasi langsung dengan rangka. Tak ketinggalan dudukan top box yang menyatu dengan behel belakang.

Baca juga : Suzuki Nex Crossover 2021 Dijual Rp 17 Jutaan, Seberapa Menarik Skutik Gaya Petualang Ini Untuk Dimiliki?

Spesifikasi Suzuki V-Strom 250 2021

Dikenalkan pertama kalinya tahun 2018 lalu, Suzuki belum memberikan update untuk motor ini. Spesifikasi yang dimilikinya masih sama saat pertama kali dikenalkan.

Dimensi panjangnya 2.150 mm, lebar 790 mm dan tinggi 1.295 mm. Suzuki V-Strom 250 memiliki sumbu roda 1.425 mm, dengan jarak terendah 160 mm dan tinggi jok hanya 800 mm saja. Berat basahnya mencapai 188 kg.

Mesin Suzuki V-Strom 250 2021.

Fiturnya pun cukup lengkap, seperti panel instrumen digital, windscreen, lampu belakang LED, dudukan side box terintegrasi, power outlet dan rem ABS (Anti-lock Braking System) dipadu dengan cakram petal disc.

Perkara mesin, Suzuki V-Strom ini memiliki performa yang kuat pada putaran rendah, dengan karakter mesin overstroke. Spesifikasinya 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin cairan.

Diameter pistonnya 53,5 mm dengan langkah piston 55,2 mm. Kapasitas mesin murninya diangka 248 cc, dengan ratio kompresi 11,5 : 1 dan pasokan bahan bakar injeksi. Output tenaganya mencapai 25 PS pada putaran 8.000 rpm, dengan torsi 23,4 Nm di 6.500 rpm.

Baca juga : Suzuki GSX-R150 2021 Andalkan Mesin Bertenaga dengan Harga Terjangkau, Simak Kekurangan dan Kelebihannya

Akankah Suzuki V-Strom 250 2021 hadir tahun ini di Indonesia?

Kesimpulan

Jika benar SIS akan membawa Suzuki V-Strom 250 2021 ke Indonesia, maka pilihan motor adventure bermesin 250 cc akan semakin beragam, setelah sebelumnya ada Kawasaki Versys-X 250 dan Honda CRF250 Rally.

Saat ini Kawasaki Versys-X 250 dilepas dengan harga Rp 63,7 juta sampai Rp 68,9 juta tergantung varian, dan Honda CRF250 Rally diangka Rp 83,6 juta on the road Jakarta. Menarik disimak, jika Suzuki akhirnya bisa melepas V-Strom 250 dengan harga kompetitif.

Spesifikasi SuzukiV-Strom 250 2021
Dimensi
P x L x T 2.105 x 790 x 1.295 mm
Sumbu Roda 1.425 mm
Jarak Terendah 160 mm
Tinggi Jok 800 mm
Kapasitas Tangki 17,3 liter
Berat Isi 188 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin cairan
Kapasitas 248 cc
Diameter x Langkah 53,5 x 55,2 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 6 speed
Tenaga Maksimal 25 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimal 23,4 Nm @ 6.500 rpm
Kaki-Kaki
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 110/80-17
Ban Belakang 140/70-17
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor