Anda pastinya sepakat, Vespa GTS Super Tech 300 merupakan produk revolusioner yang ditawarkan jenama Italia saat ini. Bagaimana tidak, di produk inilah fitur konektivitas gawai pertama kali tersemat. Pun halnya performa. Menjanjikan berkat adanya HPE (high performance engine) yang sejatinya mengekor di belakang nama. Namun tidak dapat dipungkiri, konsumen mesti menebus cukup mahal untuk menikmati GTS kasta teratas ini.
Bandingkan saja dengan saudara sekandung, Vespa GTS Super. Model itu dipasarkan PT Piaggio Indonesia (PID) dengan banderol Rp62.000.000. Sementara harga Vespa GTS Super Tech 300 saat ini, sudah mencapai Rp153.500.000 (on the road Jabodetabek). Lebih dari dua kali lipat selisihnya!
Meski begitu, PT PID tetap memberikan kemudahan untuk Anda yang berminat membeli Vespa GTS Super Tech 300. Bisa dibilang menarik karena skuter ini bisa dicicil tanpa bunga. Tentu dengan syarat, menyerahkan dulu total down payment (TDP) sebesar Rp25.100.000. Dengan begitu, Anda mendapatkan skema kredit Vespa GTS Super Tech 300 dengan tenor selama 11 bulan.
Lantaran terbilang singkat, wajar pula jika angsuran per bulan Anda cukup besar. Dari nominal yang diberikan pihak Adira Finance tertulis, setoran reguler pada masa tersebut sebesar Rp11.673.000. Jikapun dikalkulasi, pihak lising hanya mendapatkan kelebihan Rp3.000 saja. Lantas dari mana untungnya?
Baca juga: Banyak Dipilih Anak Muda, Berikut Daftar Harga Vespa di Indonesia
Untuk diketahui, pemilih skema kredit Vespa GTS Super Tech 300 selama 11 bulan jua berhak atas asuransi TLO (total lost only). Perlindungan ini didapat secara gratis selama masa kredit berjalan. Jelas menguntungkan karena biaya asuransi plus administrasi umumnya dipatok jutaan rupiah.
Coba saja tilik kredit dengan tenor 17 bulan berikut. Dari skema terlihat, konsumen mesti membayar asuransi dan administrasi sebesar Rp6.175.000. Dengan penetapan uang muka Rp32.600.000, maka TDP yang diserahkan di awal adalah Rp38.775.000. Sementara cicilan setiap bulan untuk masa ini Rp7.112.000.
Jikapun ingin mencari cicilan lebih ringan, coba arahkan pembelian kredit dengan masa angsuran 23 kali. Di sini, Anda bisa mendapatkan cicilan Vespa GTS Super Tech 300 Rp4.931.000 setiap bulan.
Konsekuensinya, Anda mesti menyerahkan uang muka keseluruhan (termasuk biaya asuransi dan administrasi) sebesar Rp47.513.000. Sama seperti tenor 11 dan 17 bulan, asuransi juga berlaku selama masa mencicil belangsung. Perlu jua diketahui, biaya asuransi setiap tenor berbeda-beda.
Baca juga: Piaggio Indonesia Luncurkan Vespa Racing Sixties, Dijual Mulai Rp54,6 Juta
Apabila penawaran dari PT PID di atas kurang menggugah, coba simak dulu tawaran dengan iming-iming DP rendah berikut. Seperti disebutkan tadi, nominal asuransi masing-masing tenor tidak sama. Gampangnya, semakin pendek waktu kredit, maka semakin kecil biaya asuransi yang dibayar konsumen. Hal ini berlaku juga sebaliknya.
Pada penawaran berikut pun diketahui, asuransi untuk tenor 17 bulan adalah Rp6.176.900. Perbedaan harga asuransi (lebih mahal) berlaku pada opsi tenor lainnya seperti 23, 29, 35, 41 hingga yang terlama 47 bulan yaitu Rp11.333.000. Menariknya, uang pangkal GTS Super Tech 300 di program Low Down Payment ini berlaku sama yaitu Rp24.750.000.
Dengan DP rendah tadi, Anda dapat mendapatkan cicilan Vespa GTS Super Tech 300 sebesar Rp3.682.000 selama 47 bulan. Nominal cicilannya pun makin besar jika Anda memilih pembayaran bertahap lebih cepat. Meski begitu, sila ambil tenor 29 bulan atau 35 bulan. Selain jauh lebih pendek, cicilan keduanya masih cukup bersahabat. Masing-masing angsurannya adalah Rp5.139.000 dan Rp4.457.000.
Baca juga: Vespa GTV Sei Giorni II Edition 2021, Bermodal Mesin Besar Untuk 'Balap'
Manakala menyandingkan Vespa GTS Super dan GTS Super Tech 300, tak ada perbedaan signifikan ihwal postur. Hanya saja, versi Super Tech 300 jauh lebih atletis berkat sematan berwarna kuning di tubuhnya. Kemudian mengenai penyajian panel meter digital.
Signifikansi perbedaan mulai terasa kala memandangi area panel meter. Penampang informasi Vespa GTS Super Tech 300 sudah sepenuhnya digital (layar TFT 4,3 inci). Sementara varian GTS Super memadukan panampang analog dan digital.
Telah kami sebutkan sebelumnya, Vespa GTS Super Tech 300 memiliki kemampuan konektivitas gawai. Guna menghubungkan si vespa dan smartphone, Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Vespa MIA. Di situ terdapat pula fitur navigasi. Menariknya lagi, ada fitur voice command untuk memerintah semisal melakukan panggilan telepon atau mendengarkan musik. Namun, butuh perangkat khusus seperti headset atau intercom.
Baca juga: Retro Seksi, Ini Jurus Ganteng Vespa Sprint dengan Aksesori OEM
Via aplikasi di smartphone tadi juga rekam perjalanan Anda bersama Vespa GTS Super Tech 300 tercatat rapi. Termasuk pula panduan untuk servis dan menemukan posisi terakhir si Vespa melalui fitur Find My Vespa. Ini penting mengingat model kuncinya yang masih konvensional - walau sudah dilengkapi remote anti maling. Bagian ini terintegrasi dengan answer back system dan tombol bagasi.
Inisial HPE pada jantung mekanis Vespa GTS Super Tech 300, diterjemahkan melalui kubikasi 278,3 cc bersilinder tunggal. Selain mendapatkan pengembangan pada jeroan, ECU keluaran Magneti Marelli sudah ditanamkan juga sebagai otak si skuter. Sehingga output yang tersalur mencapai 23,7 PS @8.250 rpm dan 26 Nm di putaran 5.250 rpm.
Tergolong buas untuk sebuah skuter. Meski begitu, pihak pabrikan membekali Vespa GTS Super Tech 300 dengan perlengkapan keselamatan memadai. Pertama ada sistem pengereman ABS (anti-lock braking system) di kedua roda. Lalu yang kedua, Anti-Slip Regulator (ASR) atau umu disebut traction control.
Dengan segala perbedaan yang ditawarkan, terutama performa dan konektivitas gawai, cukup wajar Vespa GTS Super Tech 300 dibanderol mahal. Terlepas dari itu, trah desain Vespa pendahulu pun tidak hilang meski berselimutkan modernitas. Untuk pecinta Vespa, unit ini tentu layak jadi pertimbangan. Pada akhirnya tinggal menentukan, ingin membelinya secara kredit tanpa bunga atau uang muka rendah. Selamat menimbang!