Layak jadi Incaran, Suzuki Satria F150 Bekas Dijual Mulai Rp7 Jutaan!

Diantara kompetitor sekelasnya, harga Suzuki Satria F150 dipatok paling mahal. Bagaimana tidak, penetapan banderol bebek underbone ini saja sudah mencapai Rp26,76 juta. Sementara yang lain seperti Honda Sonic 150R atau Yamaha MX King 150, dijual pada rentang Rp23 dan Rp24 jutaan.

Kemahalan? Tenang, Anda tetap bisa memiliki motor buatan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini dengan bujet lebih terjangkau. Intip saja di pasar motor bekas, misalnya via platform online. Memang tidak kepalang banyak. Namun, menurut kami tetap menarik untuk dibeli.

Suzuki Satria F150 bekas patut ditilik karena harganya sangat terjangkau.

Baca juga: Suzuki GSX-R150 Andalkan Mesin Bertenaga dan Harga Terjangkau, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Harga Suzuki Satria F150 Turun Drastis!

Sebagai contoh penjualan di wilayah Jakarta. Agar lebih mudah, klasifikasi pencarian kami batasi untuk Satria F150 produksi 2016-2021. Nominal paling murah sudah pasti ditemui pada unit paling tua. Mayoritas, Suzuki Satria lansiran 2016 dilepas antara Rp7-9 jutaan.

Sementara untuk tahun 2017, 2018 dan 2019, harga Suzuki Satria F150 bekas dilego pada kisaran Rp9,9 juta sampai Rp13 jutaan. Bahkan, ada juga pemilik yang meniagakan Suzuki Satria F150 2021 dengan harga tak sampai Rp13 juta! Dibandingkan harga barunya tadi (Rp26,76 juta), artinya ada penurunan sekitar Rp13 jutaan. Penurunan yang sangat drastis bukan? 

Suzuki Satria F150 hadir dalam pilihan livery MotoGP.

Namun, Anda mesti berebut untuk mendapatkan unit termuda itu. Bilapun tak kebagian, opsi bisa diarahkan kepada unit 2018 atau 2019. Selain masih cukup murah, ketersediaan Satria F150 tahun tersebut lumayan banyak. Lantas soal perbekalan. Kedua model tetap mengedepankan rancang bangun yang sudah menjadi ciri khasnya sejak lama.

Baca juga: Punya Modal Bagus, Kenapa Suzuki GSX-R150 Kurang Peminat?

Kemasan ala Motor Sport

Paling identik, tentu sajian berupa clip-on handlebar atau setang jepitnya. Yup, tak ubahnya kemasan pada motor sport. Kenyataannya, bukan sekadar mengejar tampilan. Faktanya, Suzuki Satria F150 punya bekalan mumpuni di sektor performa.

Performa dari mesin Suzuki Satria F150 terbaik di kelas bebek 150 cc.

Suzuki Satria F150 dimodali mesin DOHC satu silinder berkapasitas 147,3 cc. Melalui jantung mekanis dengan 4 katupnya itu, ia sanggup melontarkan daya 18,49 PS di putaran 10.000 rpm. Sementara untuk momen puntir maksimal, dicapainya pada 13,8 Nm sejak 8.500 rpm. Keseluruhan performa tersebur tersalur ke roda belakang melalui transmisi enam percepatan. 

Performa paling Tinggi di Kelas Bebek 150 cc

Sebagai pembanding, catatannya paling tinggi di kelas bebek 150 cc. Sebut saja dari Honda Sonic 150R. Ayam jago buatan PT Astra Honda Motor (AHM) cuma punya torehan 16 PS @9.000 rpm dan 13,5 Nm @6.500 rpm. Sedangkan motor garapan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) disetel 15,3 PS @8.500 rpm dan 13 Nm @7.000 rpm. 

Balapan one make race ditujukan sebagai pembuktian performa Suzuki Satria F150.  

Keunggulan performa Suzuki Satria F150 juga tak lepas dari bobot yang terbilang paling ringan. Berat tubuhnya saja hanya 109 kg. Berselisih cukup banyak dengan timbangan kedua rival dengan masing-masing 114 kg (Honda Sonic 150R) dan 118 kg (Yamaha MX King 150). 

Baca juga: Menakar Biaya Servis Suzuki GSX-R150, Setahun hanya Rp450 Ribuan Saja

Kalkulasi tersebut juga ditunjang oleh dimensi nan kompak. Untuk diketahui, ukuran total Suzuki Satria F150 adalah 1.960 x 675 x 980 mm (P x L x T). Sementara padu padan ketinggian jok dan ground clearance dituliskan 765 mm dan 150 mm. Sangat cocok untuk pengendara baru sekalipun. 

Cakram Suzuki Satria F150 modis sekaligus sporty.

Lantas mengenai kaki-kaki. Peredam pada roda ukuran 17 inci-nya dikombinasikan fork teleskopik dan monoshock (depan-belakang). Sektor inipun tampak sporty lantaran Satria F150 sudah menggunakan pelek palang dan cakram model gelombang (wavy disc brake). 

Kesimpulan

Dengan beragam keunggulannya, Suzuki Satria F150 bekas tetap layak Anda pinang. Bukan semata dari sisi harga yang jauh lebih bersahabat ketimbang unit baru. Banderol padanya pun masih jauh lebih murah dari pasaran harga seken Honda Sonic 150R atau Yamaha MX King. 

Seperti pula kami paparkan tadi, performa Satria F150 paling unggul diantara kompetitor. Tak cuma itu. Anda yang membelinya juga dapat berbangga hati. Pasalnya, motor inilah yang menjadi produk terlaris Suzuki Indonesia. Keberadaan Suzuki GSX-R150, Suzuki GSX-S150 bahkan Suzuki GSX-150 Bandit - notabene menggunakan basis mesin serupa, belum mampu menyaingi ketertarikan pasar terhadap Suzuki Satria F150. 

Penyajian panel meter full digital, juga bisa dijadikan nilai tambah Anda yang memilih Satria F150. Namun, jangan lupa juga untuk memeriksa kondisinys secara menyeluruh. Termasuk pula legalitas dan kelengkapan surat-surat kendaraan, sebelum memutuskan membeli Suzuki Satria F150 bekas.         

Spesifikasi Suzuki Satria F150 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 1.960 x 675 x 980 mm
Jarak Sumbu Roda 1.280 mm
Jarak Terendah ke Tanah 150 mm
Tinggi Jok 765 mm
Berat Kosong 109 kg
Jenis Mesin Water-cooled, 4-stroke
Sistem Katup DOHC 4-valve
Diameter x Langkah 62.0 x 48.8 mm
Jumlah Silinder 1-cylinder
Ratio Kompresi     11.5 : 1
Tenaga Maksimum     18,49 PS @10.000 rpm
Torsi Maksimum 13,8 Nm @8.500 rpm
Sistem Pengapian FI
Sistem Starter Electric
Transmisi     6-speed, return
Kapasitas Tangki 4 liter
Suspensi Depan     Telescopic
Suspensi Belakang monoshock
Rem Depan Disc (Petal)
Rem Belakang Disc (Petal)
Roda Depan 70/90-17(TL)
Roda Belakang     80-90-17 (TL)
Velg     Cast
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki Satria F150
Lihat