PT Astra Honda Motor (AHM) hari ini baru saja merilis generasi terbaru dari Honda CB150R Streetfire 2021. Honda menyebutkan jika motor naked sport 150 cc andalannya itu menawarkan sensasi moge (motor gede) yang lebih kuat.
Kesan tersebut digapai berkat perubahan pada desain bodi, terutama area depan. Lihat saja lekuk tangki bahan bakarnya, kemudian shroud tangki yang dibuat lebih massive.
Sakron Limpanachaipondgoon, Large Project Leader Honda CB150R Streetfire dari Honda R&D Southeast Asia Co.,Ltd memaparkan, ada tiga konsep perubahan pada tampilan dari sosok motor ini.
"Kokoh dan ringan, berotot dan massive serta spesifikasi dan fitur. Desainnya juga dibuat agresif dan kuat untuk memberikan kesan sport yang lebih," ujarnya.
Baca juga : All New Honda CB150R Streetfire 2021 Resmi Dikenalkan, Harga Tembus Rp 30 Juta
Untuk varian Standard, Honda menawarkan dua pilihan warna yakni macho black dan stinger red black. Kemudian untuk varian Special Edition hadir dengan tiga opsi warna yakni fury matte red, raptor matted black dan armored matte grey.
Berbicara mengenai fitur, ada sejumlah fitur baru yang diberikan pada sosok motor seharga Rp 29,7 juta sampai Rp 30,7 juta ini. Fitur-fitur barunya dihadirkan setelah melakukan sejumlah survei dan riset saat pengembangan model terbaru ini.
Apakah fitur-fitur barunya sudah memuaskan untuk penggemar motor sport 150 cc? Mari cari tahu jawabannya.
Seperti pada artikel sebelumnya, Honda CB150R Streetfire terbaru ini akan menggunakan peredam depan tipe upside down. Tipe yang digunakan sama dengan milik Honda CBR150R 2021 yang meluncur awal tahun 2021 ini.
Baca juga : Harga Makin Mahal, Ini Daftar Perubahan All New Honda CB150R Streetfire 2021
Diameternya 37 mm dengan jenis SFF-BP (Separated Function Fork-Big Piston) lansiran Showa. "Damping force yang baru akan membuat lebih lincah dan nyaman dikendarai," ungkap Sakron.
Hanya saja tak ada setelan ada pun pada suspensi ini seperti halnya Honda CBR150R 2021. Kesan mewah pada komponen satu ini semakin kuat berkat laburan tabung suspensi berwarna emas.
Bentuk panel meter pada Honda CB150R Streetfire 2021 ini berubah total, menjadi tak simetris. Sudah pasti menerapkan teknologi digital dengan layar LCD non negatif display.
Baca juga : Adu Naked Bike 150 cc Termurah dan Termahal, Honda CB150R Streetfire Vs Suzuki GSX-S150
Pada panel meter barunya kini ketambahan informasi gigi transmisi yang sedang digunakan. Untuk informasi lainnya relatif masih sama, berisi spidometer, odometer, tripmeter, takometer, jam digital, fuel meter dan posisi gigi.
Di bawah layar digitalnya terdapat beberapa indikator seperti lampu sein kiri dan kanan, high beam, FI indicator, indikator gigi netral dan temperatur mesin. Tak lupa dua tombol set dan select untuk mengatur informasi yang ditampilkan.
Kesan nyaman pada model lawas ditingkatkan untuk model terbaru Honda CB150R Streetfire ini, dengan mengaplikasikan setang baru. "Ini setang tappered yang lebih tinggi dan lebar, akan membuat pengendara merasa tangguh tapi juga lebih nyaman," ujar pria Thailand tersebut.
Setang tappered itu sendiri memiliki diameter 28,6 mm yang memiliki lekuk lebih tinggi. Honda pun memberikan warna burnt titanium agar area dashboard terlihat lebih menarik.
Pada model sebelumnya, desain pelek yang digunakan palang 10 miring. Dan model baru ini menggunakan desain pelek palang 10 dengan desain baru yang mengingatkan pada desain pelek GP wheel pada motor kelas GP125.
Bedanya untuk Honda CB150R Streetfire varian Special Edition, pelek tadi dilabur warna burnt titanium. Sementara untuk varian Standard dilabur warna hitam biasa.
Baca juga : Bukan cuma Agresif, Ini Alasan Honda CB150R Streetfire tetap Diminati
Perkara pengereman masih tak berubah, mengandalkan rem cakram dikedua roda dengan desain cakram bergelombang nan sporty. Suspensi belakang sendiri masih mengandalkan monosok dengan link khas Honda yang disebut Pro-Link.
Ini sebenarnya bukanlah fitur baru, karena sejak generasi kedua dikenalkan pertama kali tahun 2015 silam, sudah menggunakan teknologi LED untuk seluruh penerangannya.
Selain mampu memberi pancaran cahaya lebih baik dan jelas, sinarnya juga terang dan mudah terlihat pengendara lain. Selain itu lampu LED juga lebih hemat konsumsi listrik.
Fitur baru pada Honda CB150R Streetfire sejatinya memang tak terlalu banyak, tak seperti bayangan banyak orang. Lantaran hanya suspensi depan, panel meter, setang tappered dan desain peleknya yang baru.
Harapan akan hadirnya fitur canggih macam Assist & Slipper Clutch, Smart Key System hingga rem ABS belum tersedia saat ini. Tapi rasanya wajar, karena kenaikan harganya pun tak terlalu jauh dari model sebelumnya.
Spesifikasi All New Honda CB150R Streetfire 2021 | |||
---|---|---|---|
DIMENSI | |||
Dimensi (P x L x T) | 2.024 x 796 x 1.083 mm | ||
Jarak sumbu Roda | 1.298 mm | ||
Jarak terendah ke tanah | 164 mm | ||
Ketinggian tempat duduk | 795 mm | ||
Berat kosong | 134 kg & 135 kg (SE) | ||
RANGKA | |||
Rangka | Diamond (Truss) Frame | ||
Suspensi depan | Upside down, SFF-BP | ||
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink) | ||
Ukuran Ban depan | 100/80 – 17 52P (Tubeless) | ||
Ukuran Ban Belakang | 130/70 – 17 62P (Tubeless) | ||
Rem depan | Cakram Hidrolik | ||
Rem belakang | Cakram Hidrolik | ||
MESIN | |||
Tipe mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup | ||
Tipe transmisi | Manual, 6 Kecepatan | ||
Pola pengoperan gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | ||
Sistem pendingin mesin | Liquid Cooled with Auto fan | ||
Diameter x langkah | 57.3x 57.8 mm | ||
Kapasitas Mesin | 149.16 cc | ||
Perbandingan kompresi | 11.3 : 1 | ||
Daya maksimum | 16,3 PS @9.000 rpm | ||
Torsi maksimum | 13.7 Nm @7.000 rpm | ||
Kopling | Multiple Wet Clutch Coil Spring | ||
Sistem pelumasan | Wet | ||
Starter | Pedal & Elektrik | ||
KAPASITAS | |||
Kapasitas tangki bahan bakar | 12 liter | ||
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | ||
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1.1 | ||
KELISTRIKAN | |||
Tipe Baterai | MF Wet 12V 5Ah | ||
Sistem pengapian | Full transisterized | ||
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |