Pamor motor adventure lagi naik-naiknya, terlebih bisa mengeksplorasi wilayah baru dengan cara yang asyik. Pilihan motor adventure pun saat ini beragam, termasuk kelas 300 cc yang diisi pabrikan non Jepang.
Di Indonesia kelas motor adventure 300 cc diisi oleh Royal Enfield Himayalan, BMW G 310 GS dan KTM 390 Adventure. Ya meski ketiganya dirakit di India, namun merek aslinya berasal dari Eropa.
Nah, untuk Anda yang suka motor adventure bergaya klasik tampaknya Royal Enfield Himalayan bisa jadi pilihan. Tapi jika lebih suka tampilan motor yang modern dan kekinian, maka pilihannya hanya ada KTM 390 Adventure dan BMW G 310 GS.
Baca juga : Rombongan BMW GS Series Edisi 40 Tahun Datang ke Indonesia, Harga Mulai Setengah Miliar
Kedua brand asal benua Eropa, dalam sejarahnya sudah mengisi daftar peserta reli dakar sejak tahun 1970'an. Mengambil panggung dari pentas Internasional tersebut satu demi satu motor adventure buatan mereka laris dipasaran.
Motor KTM 390 Adventure dan BMW G 310 GS menjadi motor adventure varian terendah dari masing masing pabrikannya, keduanya bersaing ketat baik dari sisi fitur, mesin dan harga tentunya. Agar tidak berlama - lama langsung saja simak ulasan KTM 390 Adventure dan BMW G 310 GS berikut ini.
Jika sudah melihat merek ini tentunya Anda akan lebih dulu melihat harga, menjadi hal yang wajar pasalnya kedua brand ini tidak memiliki pabrik di Indonesia, sehingga lineup produknya dijual dengan harga yang cukup tinggi bagi sebagian orang.
Dikelas motor adventure 300 cc keduanya dibandrol dengan harga diatas Rp 100 juta, seperti halnya BMW G 310 GS punya harga jual yang paling mahal yaitu Rp 142 juta. Sedangkan KTM 390 Adventure justru dijual lebih murah dengan harga Rp 119 juta saja.
Baca juga : Tertangkap Uji Jalan, Skuter Listrik BMW bakal Rilis Sebentar lagi
Yang patut diperhatikan pula yakni ketersediaan jaringan bengkel resmi dan layanan after sales. Jangan sampai motornya sudah dibeli, tapi saat butuh perawatan dan suku cadang, malah merepotkan.
Kedua motor adventure Eropa ini punya desain bodi yang sama - sama agresif dan tajam. Dimulai dari BMW G 310 GS, desain bodinya memiliki ciri khas yang juga bisa ditemui pada produk keluarga GS lain. Seperti sepatbor ala paruh bebek di depan, tangki bensin jumbo berukuran 11 liter, windshield, hingga suspensi inverted alias upside down hadir sebagai komponen standarnya. Ditambah lagi rak barang berukuran cukup besar di bagian belakang.
BMW G 310 GS memiliki bobot 169 kg, sementara diatas kertas motor ini punya dimensi panjang 2.075 mm, lebar 880 mm, dan tinggi 1.230 mm. Sedangkan untuk wheelbasenya 1.420 mm dengan tinggi jok 835 mm. Tentunya menjadi motor ideal untuk diajak berpetualang.
Baca juga : Sah! BMW R18 Classic Mengaspal di Indonesia, Harga tembus Rp 1 Milyar
Begitu juga pada motor KTM 390 Adventure yang dibuat persis dari keluarga motor adventure KTM yang kapasitas mesinnya lebih besar, ketajaman garis bodi terlihat disetiap bagian. Tidak luput juga dilengkapi windshield adjustable dan suspensi upside down.
Menariknya merek asal Austria ini punya bobot lebih ringan yaitu 158 kg dan muatan tangki yang lebih besar 14,5 liter. Padahal diatas kertas dimensi KTM 390 Adventure tercatat panjang 2.540 mm, lebar 900 mm, dan tinggi 1.430 mm. Sementara untuk wheelbasenya 1.430 mm dengan ground clearance 200 mm. Adapun tinggi joknya dibuat 855 mm.
KTM 390 Adventure terbilang unggul untuk fitur, mulai dari penerangan LED dan DRL disemua pencahayaan, kecanggihan lain bisa didapat dari indikator spidometer dengan layar TFT yang bisa menyesuaikan cahaya dari luar sehingga informasi yang ada pada panel meter seperti spidometer, odometer, trip 1-2, konsumsi BBM, waktu, volt meter, fuel range, kecepatan rata-rata bisa dengan mudah terlihat.
Pada bagian ini pula, KTM 390 Adventure sudah bisa terkoneksi dengan smartphone untuk melihat informasi trip data dan beberapa info lainnya. Fitur lain yang sudah disematkan adalah pengaturan Motorcycle Traction Control (MTC), ABS (Anti-lock Braking System) onroad dan offroad, assist & slipper clutch, Quickshifter dan KTM Navigation.
Baca juga : BMW R18 First Edition 2021, Warisan Motor Klasik Seharga Rp 900 Jutaan Hadir di Indonesia
Sementara ketika melirik BMW G 310 GS, justru masih minim akan fitur canggih, terlebih yang dijual di Indonesia masih model lama. Belum versi Euro 5 yang sudah dibekali pencahayaan LED, indikator spedometer digital disertai juga dengan GPS.
Lagi - lagi KTM 390 Adventure lebih unggul berkat kapasitas mesin 373,2 cc, berpendingin cairan, satu silinder, 4-tak, DOHC. Tenaga yang dihasilkan mencapai 44,6 PS pada 9.500 rpm dan torsi 37 Nm pada 7.250 rpm.
Sementara BMW G 310 GS hanya menggendong mesin 313 cc 1 silinder 4 katup yang mampu membertikan tenaga 34,4 PS di 9.500 rpm dan torsi diangka 28 Nm pada 7.500 rpm.
Baca juga : KTM RC 390 2022 Baru Makin Dekat, Mulai Sering Terlihat Di Jalanan India
Keduanya sudah dilengkapi kaki - kaki yang mumpuni untuk diajak ke segala medan off-road dan on-road. Namun KTM 390 Adventure lebih unggul dengan adanya fitur suspensi adjustable. Sementara untuk ban ring 19 ukuran 100/90 bagian depan dan ring 17 ukuran 110/80 pada bagian belakang.
BMW G 310 GS hanya menggunakan suspensi upside down dan velg ring 19 110/80 pada depan dan ring 17 - 150/60 pada ban belakang. Suspensinya? Tak banyak pengaturan yang bisa dilakukan untuk motor ini.
Baca juga : Gandeng Pabrikan Cina, KTM Bakal Bikin Tiga Motor Bermesin 750 cc
KTM 390 Adventure 2021 dan BMW G 310 GS 2021 merupakan produk yang masih setara sekelas. Namun soal harga ada bedanya, sebab KTM 390 Adventure merupakan motor CKD alias rakitan Indonesia, sedangkan BMW G 310 GS didatangkan secara utuh.
Sementara untuk desain kembali kepada selera Anda, pasalnya KTM 390 Adventure dan BMW G 310 GS sama - sama mengambil DNA dari keluarga motor adventure yang memiliki bobot berat pada bagian depan.
Baca juga : Bangun Pabrik Baru, Bajaj Siap Rakit KTM, Triumph dan Husqvarna Sekaligus
Sedangkan pada buritan terlihat ringkas dan kosong. Tujuan dari desain ini untuk menyeimbangkan bobot motor disaat aksesori pendukung perjalanan seperti box dan side box menempel. Jadi motor adventure 300 cc apa yang bakal kalian pilih, KTM 390 Adventure atau BMW G 310 GS?
Baca juga : CFMoto 800MT 2022, Motor Adventure Tiongkok Canggih Andalkan Mesin KTM 790