Meski belum ada kabar detail, KTM Duke 200 2022 dipastikan datang ke Indonesia. Dibanding model pendahulunya, unit terbaru mengalami pengembangan cukup signifikan. Sembari menunggu, baiknya kita intip dulu daftar perubahan KTM Duke 200 2022 berikut ini.
Tampang naked bike nan agresif, tetap ditawarkan oleh KTM Duke 200 2022. Begitu pula model penerangan utama tunggal berisikan halogen. Namun, suguhan KTM Duke 200 baru kian lebih modern lantaran sudah dilengkapi daytime running light (DRL) jenis LED. Bentuknya pun atraktif, seperti bumerang.
Ubahan mencolok pada KTM Duke 200 2021 begitu terasa pada area shroud. Panel bodi yang sekaligus membungkus tangki bensin, memiliki tarikan garis lebih tajam. Sekilas, bentukan demikian tak ubahnya penyajian pada KTM Duke 250 atau KTM Duke 390 2021.
Baca juga: KTM Duke 200 2021 bakal Masuk Indonesia, Yakin Tetap Kepincut Yamaha MT-15?
Selain bagian depan, perubahan KTM Duke 200 2022 jua tampak pada bagian buritan. Lampu belakangnya berbeda dengan unit eksis di Indonesia. Sekilas, mengingatkan kami dengan bentukan milik Bajaj Pulsar 180. Kesamaan itu wajar. Toh, KTM Duke 200 di India memang dilakoni pihak Bajaj.
Walau terdapat pembaruan dari sisi desain, dimensi KTM Duke 200 2022 tampak sama seperti model terdahulu. Akan tetapi, tinggi jok dan ground clearance KTM Duke 200 2022 rupanya berubah. Masing-masing disetel 823 mm dan 155 mm. Terdapat diferensiasi karena ketinggian tempat duduk serta jarak kolong KTM Duke 200 lama adalah 800 mm dan 170 mm.
Baca juga: Bobot lebih Enteng dari Kawasaki ZX-25R, Ini Spesifikasi KTM RC 8C 2022
Untuk diketahui, perubahan pada shroud tadi nyatanya jua bagian dari penyesuaian pada tangki bensin anyar KTM Duke 200 2022. Motor ini sekarang sanggup menenggak 13 liter bahan bakar. Lebih banyak 3 liter dari pendahulu dengan tampungan sebesar 10 liter.
Ubahan ini pun menjadi salah satu faktor yang membuat bobot tubuh KTM Duke 200 2022, semakin berat. Tidak seperti model lawas yang memiliki berat 129,5 kg. KTM Duke 200 2022 justru mencatatkan timbangan mencapai 150,3 kg.
Lantaran kian berat, mestinya koreksi terlihat pada sektor performa. Apalagi, tak ada peningkatan kapasitas dibanding mesin KTM Duke 200 lama. Mesin yang digendong KTM Duke 200 2022 tetap berkonfigurasi satu silinder 199,5 cc, dengan racikan bore x stroke: 72 x 49 mm.
Akan tetapi, pencapaian yang diklaimnya ternyata tetap sama dengan Duke 200 versi lama. Dari jantung mekanis tersebut, KTM Duke 200 2022 diklaim memiliki catatan daya 25,8 PS @10.000 rpm dan torsi 19,2 Nm @8.000 rpm. Performa tersebut tersalurkan ke roda belakang via transmisi enam percepatan.
Baca juga: Motor Balap KTM RC 8C 2022 Bisa Dipesan di Indonesia, Harga Setara 10 Ninja ZX-25R!
Satu perbedaan yang terdapat di mesin baru ini adalah terdapatnya catalytic converter demi menyesuaikan emisi gas buangnya menjadi Euro 5. Sementara Duke 200 yang ada saat ini di Indonesia, masih Euro 4.
Lewat penawaran barunya di atas, KTM Duke 200 2022 tentu bakal dipatok lebih mahal dari KTM Duke 200 sebelumnya. Tentu akan menarik jika dipatok selevel Yamaha MT-15 2021. Apalagi, KTM Duke 200 punya modal mesin lebih besar dari kuda besi Yamaha itu. Kita tunggu saja kehadiran KTM Duke 200 2022 di Tanah Air!