Siswa Kelas 10 Dilarang Bawa Moge, Simak Penjelasannya

Selain uang, skill juga dibutuhkan untuk mengendarai sebuah moge. Ditambah lagi dengan adanya penggolongan SIM (Surat Izin Mengemudi), di mana masing-masing kepemilikannya dibedakan berdasarkan kapasitas mesin. Dengan begitu, punya SIM C saja tidak cukup sebagai lisensi mengendarai sebuah moge. 

Utamanya jika usia Anda masih 17 tahun atau siswa kelas 10 Sekolah Menangah Atas (SMA). Umur tersebut memang menjadi salah satu persyaratan utama untuk mengajukan pembuatan SIM C. Tapi, perlu diingat lagi bahwa saat ini sudah ada Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Pengguna moge di atas 500 cc wajib memiliki SIM CII.

Baca juga: Sudah Agustus, Kapan Penggolongan SIM C Motor Diberlakukan?

SIM C sendiri hanya akan berlaku untuk pemilik motor berkapasitas mesin di bawah 250 cc saja. Sementara di perpol tersebut juga sudah ditetapkan bahwa SIM CI harus dimiliki oleh warga negara yang memiliki atau menggunakan motor bermesin di atas 150 cc sampai 500 cc. Sedangkan bagi pengguna moge di atas 500 cc, wajib mengantongi SIM CII.  

Biaya Penerbitan SIM C 

Tak perlu khawatir soal harga. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis & Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak, keseluruhan biaya penerbitan SIM C itu dipatok sama yakni Rp100 ribu. Tentu nominal tersebut di luar biaya lain semisal asuransi dan pemeriksaan kesehatan. 

Biaya penerbitan SIM C berlaku sama untuk semua golongan.

Baca juga: Ini Biaya dan Syarat Untuk Pengajuan SIM C I dan SIM C II, Ternyata Tak Terlalu Mahal Loh!

Namun, ada hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Seperti disebutkan di awal, batas usia minimal untuk penerbitan SIM C ini adalah 17 tahun. Akan tetapi, ketentuan tersebut tidak berlaku untuk SIM CI dan SIM CII.      

Batas Usia Pengajuan SIM CI dan SIM CII

Pasalnya, batas usia untuk SIM CI dan SIM CII itu di atas SIM C. Berkaca kepada Perpol Nomor 5 Tahun 2021 Pasal 8, persyaratan usia paling rendah untuk penerbitan SIM CI adalah 18 tahun. Sementara untuk SIM CII ditetapkan 19 tahun. 

Buat Anda yang masih umur 17 tahun dan sudah punya moge di atas 500 cc seperti Kawasaki ZX-6R, Honda CBR600RR atau Yamaha R1, baiknya jangan dipakai dulu jika tidak ingin kena tilang. 

Peningkatan SIM C dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Nggak usah Bingung, Ini 9 Motor Matik yang Wajib Pakai SIM CI

Peningkatan SIM C Bertahap

Selain itu, pengajuan terutama SIM CI maupun SIM CII pun tidak bisa dilakukan begitu saja. Kepemilikannya mesti dilakukan secara bertahap. Pengajuan SIM CI baru dapat Anda lakukan setelah terlebih dahulu memiliki SIM C selama 12 bulan. Sedangkan untuk SIM CII, pemotor diwajibkan mempunyai SIM CI selama 1 tahun. 

Tapi, bukan berarti Anda harus mengantongi kesemua SIM ini di dalam dompet. Gampangnya begini. Anda cuma butuh memegang SIM CI agar bisa mengendarai motor di bawah 250 cc, di atas 250 cc hingga 500 cc. Kalau mau lebih komplet, lakukan saja pengajuan penerbitan SIM CII supaya bisa mengendarai motor dengan mesin terkecil sampai paling besar (di atas 500 cc).

Akan ada uji kompetensi lagi untuk pemohon SIM CI maupun SIM CII. 

Perlu juga diingat, peningkatan SIM C ke SIM CI atau SIM CI ke SIM CII juga tidak serta merta menunggu waktu 1 tahun. Seperti keterangan dari Youtube NTMC Channel berikut ini, pemohon SIM CI maupun SIM CII diharuskan menjalani ujian praktik. "Untuk mendapatkan SIM CI atau SIM CII, pastinya akan ada lagi uji kompetensi yang harus dilakukan untuk menentukan kalian layak atau tidak mendapatkan SIM CI dan juga SIM CII," ujar Briptu Anggun selaku host di tayangan ini. 

   

Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor