Aprilia RS 660 2022 hadir dengan suguhan menarik untuk penggemar motor sport Tanah Air. Selain desain, konfigurasi mesin yang ditawarkan pun hanya dua silinder. Lebih sedikit dibanding kompetitor yang mengedepankan jumlah silinder lebih banyak (4-silinder).
Walau begitu, harga Aprilia RS 660 2022 nyatanya dijual lebih mahal dari para pesaing. Seperti disampaikan saat peluncurannya beberapa waktu lalu, motor sport Aprilia ini diniagakan dengan banderol Rp650 juta (on the road Jakarta).
Baca juga: Duet Maut Aprilia RS 660 dan Tuono 660 Dikenalkan, Tawarkan Sensasi Balap Dengan Harga Rp 600 Jutaan
Tentu saja Piaggio Indonesia menyediakan opsi untuk pembelian secara kredit. Dari skema tersedia, cicilan Aprilia RS 660 2022 dimulai dari Rp11 jutaan. Itupun jika Anda mengambil metode pembayaran selama 36 bulan. Hal yang mengejutkan justru terlihat di mana total down payment (TDP) yang harus disetorkan mencapai Rp300,705 juta.
Bilapun dibandingkan, DP keseluruhan tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli Toyota Yaris GR Sport versi tertinggi. Dari katalog resmi Toyota Astra Motor dituliskan, banderol Yaris GR Sport 7 airbags bahkan lebih murah yakni Rp299,9 juta (OTR Jakarta).
Namun, perbandingan ini tentu tidak berlaku untuk enthuasiast apalagi pecinta brand Aprilia. Toh, dari DP keseluruhan tadi, Adira Finance selaku perusahaan pembiayaan memberikan benefit berupa asuransi TLO. Setelah menyerahkan TDP tersebut, Anda lantas bisa menyerahkan angsuran setiap bulan dengan nominal Rp11,472 juta.
Baca juga: Aprilia bakal Lahirkan Motor Baru, Tantang Honda CBR400RR beserta Kompatriotnya?
Buat Anda yang tak ingin kena bunga, pembelian kredit bisa ditujukan kepada skema cicilan nol persen. Masih dari sumber serupa, metode ini tersedia dalam dua tenor yaitu 11 bulan dan 24 bulan.
Bagi pemilih tenor 12 bulan, total uang muka yang mesti diserahkan dari akumulasi DP berikut biaya asuransi plus administrasi adalah Rp 250,095 juta. Sementara untuk cicilan per bulannya yaitu Rp34,983 juta.
Apabila pembelian kredit diarahkan kepada tenor 24 bulan, maka TDP disetor ialah Rp276,115 juta. Untuk cicilan selama kurun waktu 2 tahun ini, Anda dikenai wajib bayar sebesar Rp 16,928 juta. Tinggal pilih deh, ingin kredit tanpa bunga (11 bulan dan 24 bulan) atau dengan bunga 1,7 persen pada skema 36 bulan.
Baca juga: Singkap Bekalan Aprilia RS 660 2022, Sanggup Bersaing di Tanah Air?
Jika dirasa sudah sesuai kemampuan, sila kunjungi diler di bawah naungan Piaggio Indonesia. Sila tanyakan lebih lanjut ihwal ketersediaan unit atau waktu tunggu jika ada inden.
Untuk pasar Indonesia, Aprilia RS 660 2022 hadir dalam dua pilihan warna yaitu Lava Red dan Acid Gold. Tak dipungkiri, laburan pada kedua pilihan itu justru membuat Aprilia RS 660 2022 terlihat semakin stylish.
Kemudian, modernitas ditampilkannya melalui usungan sistem penerangan full LED hingga panel meter digital dengan layar TFT. Lantaran pula menyematkan teknologi ride by wire, maka terdapat pula beragam perangkat elektronik. Sebut saja 5 Riding Mode, Quickshifter, Engine Mapping, rem ABS, Traction Control, Wheelie Control, Engine Brake Control dan Cruise Control.
Perangkat ini kemudian dipadukan dengan mesin dua silinder segaris berkapasitas 659 cc. Dari jantung mekanis itu, Aprilia RS 660 2022 sanggup melontarkan tenaga 101,3 PS di 10.500 rpm serta torsi mencapai 67 Nm di 8.500 rpm. Seluruh output mesinnya disalurkan lewat transmisi manual 6 percepatan.
Spesifikasi Aprilia RS 660 2022 | |||
---|---|---|---|
Jarak roda | 1.369 mm | ||
Rake | 24,1 derajat | ||
Tinggi kursi | 820 mm | ||
Kapasitas bahan bakar | 15 liter | ||
Estimasi konsumsi bahan bakar | 4,90 liter/100 km | ||
Curb weight | 183 kg | ||
Tipe | Parallel twin | ||
Pemindahan | 659 cc | ||
Bore x stroke | 81 x 63,9 mm | ||
Tenaga maksimal | 101,3 PS @10.500 rpm | ||
Torsi maksimum | 67 @ 8500 rpm | ||
Rasio kompresi | 13.5: 1 | ||
Intake | EFI dengan dua badan throttle 48mm | ||
Valvetrain | DOHC, 4vpc | ||
Transmission | 6 kecepatan dengan quickshifter naik / turun | ||
Kopling | Assist-and-slipper | ||
Final drive | Chain | ||
Frame | Aluminium spar ganda dengan subframe aluminium | ||
Suspensi depan | Garpu 41mm terbalik Kayaba yang dapat disetel sepenuhnya; 4,7 inci | ||
Suspensi belakang | Guncangan kantilever, bebas linkage, rebound-redaman dan pegas yang dapat disesuaikan preload; 5,1 inci | ||
Roda | Campuran aluminium | ||
Roda depan | 17 x 3,5 | ||
Roda belakang | 17 x 5,5 | ||
Ban | Pirelli Diablo Rosso Corsa II | ||
Ban depan | 120/70 x 17 | ||
Ban belakang | 180/55 x 17 | ||
Rem depan | Cakram 320mm dengan 4-piston radial, kaliper Brembo terpasang, silinder master dipasang secara radial, dan jalur jalinan baja | ||
Rem belakang | Cakram 220 mm dengan kaliper Brembo piston ganda dengan garis kepang baja | ||
ABS | w/ 6-axis IMU |