Siapa tak ingin memiliki Vespa? Motor ikonik berdarah Italia ini begitu digemari orang-orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bentuk motornya yang timeless, membuat siapa saja yang meliriknya bisa mudah jatuh hati.
Kini Vespa kekinian tak seperti dulu. Sekarang ada percampuran unsur modern supaya tak lekang oleh waktu, dan menyesuaikan perkembangan zaman. Sistem operasinya sudah sepenuhnya otomatis, menggunakan CVT (Continous Variable Transmission) sehingga disebut kerap disebut Vespa matic.
Baca Juga: Nih 7 Warna Baru Vespa Rayakan 75 Tahun, Warna Birunya Vespa Sprint S 2021 Semakin Menggoda
Jadi tak lagi pakai kopling serta persneling penggantian gigi yang ada di handle bar kiri. Sederhananya tinggal hidupkan mesin, tarik gas, lalu Vespa bisa berjalan. Dengan kemudahan itu Vespa semakin ramah bagi semua kalangan pengguna motor.
Di Indonesia, berbagai macam Vespa tersedia. Mulai dari model entry level, sampai menyasar kelas atas dijual oleh PT Piaggio Indonesia, sebagai agen pemegang merek Vespa di Indonesia.
Nah bagi Anda yang tertarik atau sedang berencana membeli motor tersebut, berikut ini update harga Vespa terbaru 2021. Kami tambahkan pula spesifikasi singkatnya sebagai referensi, dari yang paling murah dulu.
Vespa LX 125 menjadi varian motor termurah. Saat ini dijual dengan harga Rp 38,7 juta on the road (OTR) Jakarta. Secara bentuk tetap mempertahankan desain retro yang pakai lampu utama bundar, serta menggunakan velg palang sepuluh berkelir gunmetal.
Urusan pencahayaan juga sudah mengaplikasikan LED. Sayangnya panel instrumen masih pakai analog. Tapi sudah dilengkapi multi information display digital sebagai penunjuk sisa bensin dan odometer.
Jantung pacunya pakai mesin berkapaitas 124,5 cc, 1-silinder, dan 4-tak. Di atas kertas menjanjikan tenaga hingga 11 PS pada 7.600 rpm dan torsi 10,2 Nm yang dicapai pada putaran 6.000 rpm.
Bila kurang sreg dengan model sebelumnya, coba pertimbangkan Vespa S 125 yang tampil lebih sporty dengan harga Rp 40,2 juta. Housing lampunya berbentuk heksagonal dan sudah LED tentunya.
Disebut lebih sporty lantaran paduan warnanya. pelek berkelir hitam, serta ada tambahan decal garis pada bodi motor. Menyiratkan kendaraan balap lawas yang biasanya pakai tambahan aksen garis yang melintang di sepanjang bodi.
Detail mengenai jantung mekanis serta fitur persis seperti Vespa LX 125 I-Get. Jadi, pilih yang kental aura retronya atau suka yang berpenampilan sporty seperti Vespa S?
Beralih ke model yang paling disukai, ada Vespa Primavera 150 I-Get standar yang harganya Rp 46 juta serta versi 'S' berlabel harga Rp 48,5 juta. Keduanya sudah dibekali rem Anti-lock Braking System (ABS).
Primavera boleh dibilang sebagai Vespa LX 125 dalam bentuk bodi yang sedikit lebih besar. Karena secara konsep sama, pakai lampu membulat dan sudah LED. Secara keseluruhan bahasa desainnya juga mirip.
Sesuai namanya, jantung mekanisnya pakai mesin berkapasitas 154,8 cc, 1-silinder, dan 4-tak. Daya maksimumnya mencapai 11,6 PS pada 5.000 rpm dan torsi maksimum 12 Nm yang dicapai pada 7.500 rpm.
Baca Juga: Cek Daftar Harga Skutik 150 Cc Tengah Tahun, Yamaha Nmax 155 2021 Naik Ratusan Ribu
Nah ada satu lagi Vespa S yang lebih besar lagi, yakni Vespa Sprint. Ada 2 varian disiapkan, standar dan S yang masing-masing memiliki harga Rp 49 juta dan Rp 51,5 juta. Dua-duanya juga sudah pakai rem ABS.
Secara garis besar tipe ini tampil lebih sporty daripada Primavera yang mengedepankan unsur elegan. Bila Primavera pakai list body warna gelap, maka pada Sprint pakai krom serta penggunaan housing lampu heksagonal LED dan velg berpalang rapat.
Lebih lanjut mengenai detail panel istrumennya masih sama seperti model sebelumnya. Adapun mesinnya pakai dapur pacu yang sama seperti Primavera.
Nah terakhir mau Vespa yang perawakannya lebih gambot nan kekar lagi? Pilihannya adalah Vespa GTS Super 150. Ciri khas motor ini memiliki lubang udara samping di bodi depan, serta lubang garis di bodi belakang sisi kanan. Detail tersebut terinspirasi dari Vespa Super 2-tak.
Mesin yang digunakan lebih besar kubikasinya ketimbang Sprint dan Primavera. Di atas kertas mesin 155,1 cc, 1-silinder, dan 4-tak itu menjanjikan tenaga hingga 14 PS pada 8.250 rpm dan torsi 13,5 Nm di 6.750 rpm.
Bannya palang lima, kemudian pakai lampu bulat yang sudah LED, serta penggunaan dual ABS pada roda depan dan belakangnya. Vespa GTS 150 i-Get standar harganya Rp 63 juta, sedangkan satunya GTS 150 Super Sport yang tampil pakai decal lebih sporty harganya Rp 65,5 juta.
Bisa juga pilih Vespa GTS Super Tech 300 yang harganya Rp 154,2 juta. Mahal karena punya fitur lebih canggih dan juga mesin yang jauh lebih bertenaga.
Nah, mau yang mana nih kira-kira?
Baca Juga: Daftar Skutik Pengguna Rem ABS dari Honda PCX Sampai Vespa Sprint, Siapa Paling Ideal?