Ini Jawaban Kenapa Ban Motor Baru Masih Ada Rambutnya

Ban motor baru umumnya selain permukaannya licin, alur bannya masih dalam, juga punya ciri khas, yakni terdapat semacam rambut karet sisa produksi. Biasanya terdapat di tapak hingga dinding ban, ada yang panjang maupun pendek. Jadi bukan merupakan cacat produksi

Kondisinya ada juga yang lebat, kemudian tak jarang yang helai rambutnya sedikit. Nah buat yang penasaran, kenapa ban baru ada rambutnya? Buat apa fungsinya? Lalu, lebih baik dibiarkan apa harus digunting dulu satu per satu sebelum jalan? 

Rambut ban motor, sebaiknya dibiarkan apa mesti digunting?

Baca Juga: Benarkah Plastik Pembungkus Pengaruhi Kualitas Ban Motor?

Untuk menjawab ini, penggawa toko ban Ree Ban Motor Andreas Aldrin mengatakan, sebenarnya rambut ban tak ada kaitannya dengan performa ban. Helai yang menyerupai rambut ban itu timbul pada saat ban diproduksi. 

"Rambut ban muncul karena mengikuti bentuk model moulding ketika ban dicetak, jadi memang nggak begitu berpengaruh sama daya cengkeramnya saat dipakai," ujarnya saat dihubungi AutoFun Indonesia beberapa waktu lalu.

Rambut ban motor biasanya ada di ban baru.

Berdasarkan keterangan resmi Michelin, proses produksi ban terdiri dari pembuatan beberapa struktur ban, sehingga menjanjikan durabilitas tinggi, traksi yang baik, serta performa dan kenyamanan kelas atas.

Ketika semua struktur karet pembentuk ban menyatu, akan dilanjutkan proses pemasakan atau curing. Karet ban yang masih polos tanpa alur, harus dimasak di dalam cetakan (moulding) bertekanan tinggi, kemudian dipanaskan hingga suhu 170 derajat celcius.

Fungsi cetakan untuk membentuk pola alur serta identitas pada dinding ban. Saat dimasak tadi, mengakibatkan proses vulkanisasi pada karet. Yang kemudian membuat semua struktur ban, termasuk kompon ban menyatu karena ada ikatan polimer. Di sinilah terjadi perubahan bentuk, karet ban menjadi lebih elastis.  

Contoh moulding ban.

Uap atau udara panas yang terperangkap di dalam cetakan, harus dikeluarkan. Makanya pada cetakan ban didesain jalur keluar udara yang disebut spew. Dari sinilah terbentuk rambut pada ban. Karet yang terkompresi saat pemasakan, ikut tertekan masuk ke spew dan jadilan semacam rambut berbahan karet.

Baca Juga: Motor Ganti Ban Baru Kok Malah Terasa Licin? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Tak Perlu Dicukur

Pertanyaan pertama dan kedua di atas tadi mengenai bagaimana asal usul terciptanya rambut pada ban, serta fungsinya sudah terjawab. Lalu persoalan lain, lebih baik dibiarkan atau harus dicukur dulu rambutnya? 

Sebenarnya karena tidak begitu berpengaruh terhadap penggunaan, Aldrin mengatakan tak perlu dibersihkan, atau sampai mengguntingnya satu per satu. Bagi yang telaten dan mau memangkasnya juga sah-sah saja dilakukan ujarnya.

Ban motor harus diperiksa secara berkala, kondisi maupun tekanan anginnya.

Namun berdasarkan pengalamannya menjual dan menjajal banyak ban dari berbagai pabrikan, khusus rambut ban yang panjang dan terbilang lebat terkadang bisa sedikit mengganggu kenyamanan berkendara.  

"Buat orang yang peka banget pasti bisa terasa sih. Karena ketika diinjak itu bagian pangkalnya bisa bikin motor goyang, buat yang terbiasa riding dan bisa ngerasain itu berpengaruh. Tapi nggak lama, karena pada dasarnya rambut ban hilang sendiri sesuai pemakaian," tambahnya. 

Lama-lama rambut ban motor akan hilang sendirinya.

Meskipun tidak begitu signifikan pengaruhnya, keberadaan rambut bisa dijadikan satu indikator penting lho. Umpama dihadapkan pada situasi yang harus memaksa ganti ban saat itu juga, pilih ban yang masih memiliki rambut. 

Utamanya pada bagian bidang pijaknya, sebab bila masih ada rambutnya menandakan ban belum pernah dipakai, alias bukan ban bekas. Sebab tak mungkin penjual 'nakal' menyambung rambut ban kembali supaya bikin pembeli percaya bahwa ban tersebut baru. 

Baca Juga: Jangan Asal, Ada Ritual Khusus Menggunakan Ban Motor Baru

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor