PT Astra Honda Motor (AHM) secara mengejutkan meluncurkan motor baru di luar ekspektasi. Bukan Honda Vario 160, melainkan Honda CB150X 2022, motor sport naked bergaya petualang. Secara bentuk menggunakan basis Honda CB150R Streetfire dan dibuat mewarisi DNA Honda CB500X.
"Kami berharap new CB150X dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendapatkan sensasi baru dalam berkendara dan berpetualang, kami yakin model ini mampu memberikan kebanggaan yang dapat dirasakan langsung oleh pengendaranya," terang Presiden Direktur PT AHM, Keiichi Yasuda saat mengenalkannya, Jumat (12/11).
Baca Juga: Honda CB200X Meluncur, Cocok jadi Honda CB150R Streetfire versi Adventure?
Lalu apa bedanya model ini dengan Honda CB150R Streetfire? Mari kita bedah satu per satu.
Pertama yang paling tampak adalah posisi setang dirancang lebih tinggi. Ini memungkinkan posisi berkendara yang lebih ideal untuk perjalanan jauh. Tak begitu condong ke depan layaknya motor naked sport lainnya.
"Banyak konsumen yang modifikasi naked bike jadi gaya adventure. Dari potensi ini kita lihat ada potensi pasar baru motor sport. Motor bergaya adventure tapi nyaman dan tangguh untuk eksplorasi jarak jauh," ungkap Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya.
Selayaknya motor petualang pada umumnya, Honda CB150X juga dilengkapi berbagai perlengkapan penunjang perjalanan jauh. Misalnya windscreen yang bentuknya cukup tinggi untuk menahan angin tidak langsung mengenai badan.
Komponen ini tidak dimiliki saudaranya, Honda CB150R Streetfire karena beda tema. Lewat model baru ini prediksi kami akan ada windscreen aftermarket yang dimensinya sedikit lebih tinggi dan lebar untuk semakin menguatkan karakter adventure.
Oke karena penggunaan Honda CB150X bakal dibawa menjelajah ke berbagai macam permukaan jalan, maka pabrikan menyematkan undercowl atau engineguard yang menutupi bagian depan dan samping. Makanya, mau lewat jalan rusak, berpasir, lumpur, sampai bebatuan sekalipun tak perlu khawatir mesin kegasruk.
Honda CB150R Streetfire juga pakai undercowl sebenarnya, namun desainnya minimalis dengan lekukan tegas yang menyiratkan kesan sporty, karena penggunaannya lebih cocok di jalan raya.
Baca Juga: Daftar Motor Honda di GIIAS 2021, Dari BeAT 2022 Sampai PCX Electric
Oh iya tidak kelupaan ada penyematan sepakbor depan menyerupai paruh burung. Desain ini umum ditemukan pada motor-motor bergaya petualang. Bahasa universalnya adalah high front fender, yang menyatu dengan sayap samping atau shroud motor.
Fungsinya untuk apa? Komponen ini dipasang selain kebutuhan tampilan, juga untuk menahan cipratan air, lumpur, tanah, kerikil, dan material lainnya agar tidak langsung mengenai lampu depan dan sisi samping pengendaranya.
"Dari styling, konsep desain model ini menghadirkan karakter adventure yang membanggakan, sehingga fokus pada tampilan yang kokoh dan tangguh. Kami ingin Anda mengendarai secara langsung, merasakan ukuran yang lebih besar dibandingkan motor lain di kelasnya," papar Honda CB150X Large Project Leader, Masayuki Taniguchi.
Nah biar makin jangkung dari Honda CB150R Streetfire, desainer juga menyematkan suspensi upside down. Bila keduanya disejajarkan tampak tak ada perbedaan, namun Taniguchi menjelaskan, khusus Honda CB150X punya ukuran berbeda sehingga ground clerance-nya 180 mm, Honda CB150R 164 mm.
"Ukuran stroke suspensi dibuat lebih panjang 30 mm dibandingkan Honda CB150R agar pengendaraan yang lebih aman dan nyaman bahkan di medan yang kurang mulus," katanya.
Meskipun pakai mesin yang sama, berkapasitas 149,1 cc, 4-langkah, DOHC 4 katup dengan ukuran bore & stroke 57,3 x 57,8 mm dan berpendingin cairan, antara keduanya memiliki profil output berbeda. Pada Honda CB150R bertenaga 16,9 PS dan torsi 13,8 Nm.
Sayangnya di Honda CB150X belum disebutkan keluaran tenaganya. Tapi Taniguchi menerangkan, sudah ada penyesuaian output berbeda agar performa Honda CB150X lebih berperforma baik di putaran mesin rendah ke menengah, sehingga kemampuan untuk menanjaknya lebih baik.
Lewat motor anyar ini lagi-lagi AHM coba membuat pasar baru. Segmen motor sport naked bisa kembali bergairah, karena telah diakomodasi oleh pabrikan yang jeli melihat peluang dan tren penggunanya. Buat yang suka touring tak perlu repot lagi modifikasi motornya lebih jangkung.
Untuk menebusnya, Honda CB150X dipasarkan dengan estimasi harga Rp 32 hingga 35 juta. Konsumen sudah dapat memesan di seluruh jaringan penjualan Honda di Indonesia. Harganya sedikit lebih tinggi daripada Honda CB150R Streetfire mulai dari Rp 29,7 hingga 30,7 juta.
Baca Juga: Mau Pansos Malah Ditempeleng TNI, Geber Motor di Lampu Merah Tak Ada Gunanya