Sebelumnya sempat kita bahas soal sejarah singkat Suzuki Shogun 110R yang terbilang legendaris di Tanah Air. Bukan hanya karena diterima banyak kalangan, tapi namanya juga harum di lintasan balap karena banyaknya prestasi yang diraih.
Hal tersebut tentu bisa jadi pertimbangan bagi Anda yang kepincut bernostalgia kembali ke awal era 2000-an di mana motor bebek tersebut berjaya. Apalagi saat ini harga motor tersebut sudah terjangkau.
Dalam kondisi 'bahan' apa adanya, Suzuki Shogun 110R sudah bisa ditebus dengan harga Rp 2,8 jutaan. Sementara versi yang terbilang siap pakai angkanya masih berada di rentang Rp 8-11 jutaan.
Buat yang pengin merasakan sensasi 'hunting' alias berburu komponen dalam merapihkan kondisi motornya, ada beberapa bagian penting yang wajib diperhatikan. Seperti apa?
Baca Juga: Mengenang Suzuki Shogun SP 125, Motor Bebek Sporty Pesaing Yamaha Jupiter MX 135
Sama seperti membeli motor bekas lainnya, salah satu komponen yang perlu dicek adalah mesin. Nah, di bagian ini pastikan suara mesin Suzuki Shogun 110R halus dan tidak berasap.
Penyebab mesin berisik pun beragam, mulai dari rantai keteng, klep hingga ruang bakar. Jika ragu, langsung cek ke bengkel dan ganti bila perlu.
Ditengok dari beragam situs e-commerce, komponen mesin Suzuki Shogun 110R masih mudah didapat dan harganya cukup ramah di kantong. Seperti piston kit yang dijual dengan banderol Rp 120 ribuan, lalu setang piston Rp 130 ribu.
Ada juga satu set bagian pelengkap setang piston seharga Rp 370 ribu. Jika bloknya ikut tergores karena usia pakai dan perawatan minim, siapkan banderol Rp 450 ribu. Payung klep dijual Rp 15 ribuan sepasang dan pelatuknya Rp 40 ribuan. Sedangkan rantai ketengnya dijual di angka Rp 30 ribu saja.
Suzuki Shogun 110R juga kerap punya penyakit pada kabel-kabelnya. Karena pengaruh usia dan perawatan, terkadang bagian kabel gas kerap nyangkut. Hal ini masih bisa dilakukan perbaikan di bengkel. Untuk karburator bisa dibeli Rp 150 ribuan.
Selain komponen slow moving tersebut, sebaiknya setelah membeli motor jangan lupa untuk langsung ganti peranti fast movingnya. Seperti oli, filter-filter, rantai dan busi. Pun demikian dengan kopling dan kampasnya bisa langsung dicek juga.
Baca Juga: Sekilas Kiprah Suzuki Shogun 110, Bebek Legendaris Yang Komponennya Kerap Dicuri
Beralih ke kaki-kaki, Suzuki Shogun 110R dikawal model teleskopik di depan dan double shock di belakang. Untuk suspensi depan bisa disetel ulang dengan pergantian oli shock dan sil, jika ada kebocoran.
Pastikan juga komstir dan kondisi segitiga masih baik agar handling dan kestabilan berkendara masih bisa didapat. Sementara sokbreker belakang bisa diganti dengan yang baru seharga Rp 250 ribuan.
Untuk mempercantik tunggangan agar tak ketinggalan jaman dan bisa memakai velg baru. Jika mau versi jari-jari, bisa lirik velg almunium seperti brand V-Rossi, Champ atau TK yang dilepas mulai Rp 200 ribuan.
Sementara velg palang lebih beragam, ada pula model klasik yang mengikuti desain Suzuki Shogun 110R cast wheel dari V-Rossi dengan banderol Rp 600 ribuan sepasang.
Dalam kondisi bahan, kemungkinan banyak bagian bodi Suzuki Shogun 110R yang sudah pecah. Untuk merapihkannya pun butuh biaya untuk menggantinya.
Rata-rata satu set bodi halus dari Suzuki Shogun 110R dilepas di atas Rp 2,3 juta. Angka yang cukup tinggi karena nyaris setara harga motornya.
Sementara jika kondisi bodinya lumayan, tetapi lampu-lampunya pudar masih bisa melakukan penggantian peranti pencahayaan tersebut. Siapkan saja dana Rp 120 ribu untuk paket reflektor depannya. Sedangkan mikanya saja bisa dibeli dengan Rp 20 ribu.
Lalu mika sein orisinalnya dilepas Rp 60 ribu. Sementara satu set lampu belakang yang terdiri dari stop lamp dan seinnya bisa ditebus Rp 100 ribuan.
Nah, mulai nabung dan berburu unit deh!