Pada hari penutupan Jakarta Auto Week 2022 Minggu (20/3/2022), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menampilkan motor balap Suzuki GSX-RR tunggangan Joan Mir, pembalap MotoGP tim Suzuki Ecstar.
2W Sales and Marketing Department Head SIS, Teuku Agha mengatakan, kedatangannya untuk menyambut ajang balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP yang dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok pada 20 Maret 2022.
Baca Juga: Begini Bentuk Piala MotoGP Mandalika 2022, Buatan Lokal Dengan Desain Obor dan Layout Sirkuit
"Kami menghadirkan sepeda motor yang sama persis yang dipakai Team Suzuki Ecstar, Alex Rins dan Joan Mir, agar pengunjung booth Suzuki dapat merasakan juga euforia MotoGP di sini," katanya.
Motor balap yang ditampilkan memiliki identitas angka 36 kepunyaan Joan Mir si pemenang MotoGP musim 2020 lalu. Pada bagian tepian windshield, juga terdapat identitas lain yang tertulis MIR36.
Suzuki GSX-RR yang memiliki warna dan livery khas Suzuki itu dibekali mesin berkapasitas 1.000 cc, bertenaga 240 PS, dan bisa digeber hingga kecepatan puncak 340 kilometer per jam, yang dipadukan gearbox 6-percepatan.
Konfigurasinya menggunakan 4-silinder, DOHC 4-katup, serta sistem pendinginnya menggunakan water cooler. Secara dimensi, motor balap ini memiliki panjang dimensi 2.096 mm, lebar 720 mm, dan tinggi 1.140 mm.
Baca Juga: Potret Marquez dan Espargaro Jajal Honda Vario 160 di Sirkuit Mandalika, Gayanya Ngab-ngab Banget!
"Selain itu hadirnya sepeda motor ini juga sebagai bentuk sedikit dukungan dari Team Suzuki Indonesia, terhadap performa Team Suzuki Ecstar yang bertanding di Sirkuit Mandalika 19-20 Maret 2022," tambah Teuku.
Adapun sumbu rodanya berjarak 1.457 mm, dengan berat sekitar 157 kilogram. Rancang bangunnya menggunakan sasis alumunium twin-spar. Serta komponen peranti lunaknya menggunakan Magneti Marelli.
Pada bagian kaki-kakinya menggunakan roda berdiameter 17 inci, yang diselimuti ban besutan Michelin. Peredam kejutnya ditopang suspensi dari Ohlins, kemudian sistem pengereman mengandalkan perangkat dari Brembo.
Selebihnya untuk mendukung aerodinamika motor, Suzuki GSX-RR memiliki winglet yang bentuknya tidak begitu radikal. Wujudnya lebih konvensional, ketimbang desain winglet yang pernah dicoba saat sesi tes.
Posisi winglet penting adanya untuk membelah dan menyalurkan arah udara untuk menghambat laju motor. Dengan begitu motor akan lebih mudah beradu kecepatan di trek lurus.
Tak cuma itu, keberadaan winglet juga untuk menambah daya tekan motor ke bawah atau downforce, sehingga bisa mengurangi gejala wheelie saat keluar tikungan. Sederhananya untuk mempertahankan roda depan tetap menempel di lintasan.
Baca Juga: Jadi Unofficial Marshal Car, Suzuki Carry Futura Pick-Up Bertugas Angkut MotoGP di Mandalika