Yamaha E01 Tetap Pakai Baterai Tanam, Ini Alasan Pabrikan

Salah satu dari tiga metode pengisian ulang baterai Yamaha E01.
  • Jika diproduksi massal, Yamaha E01 akan tetap menggunakan baterai tanam atau fixed battery.
  • Baterai Yamaha E01 punya jarak tempuh hingga 104 km.

Alih-alih demi sebuah kepraktisan, Yamaha justru membekali Yamaha E01 dengan baterai tanam. Metode tersebut berbeda dari kepunyaan produk lain semisal Yamaha EC-05. Motor listrik yang beredar di Taiwan tersebut menggunakan baterai swap (swappable battery).

Sebagaimana diketahui, baterai demikian akan memudahkan pengguna ketika satu-satunya pemasok daya motornya tersebut habis. Simpel. Pemilik motor tinggal mengganti saja baterai dengan yang baru melalui charging station.

Namun, hal tersebut dirasa tak berlaku terhadap Yamaha E01. Pihak Yamaha menyebut jika EC-05 dan E01 beda peruntukkan. Dengan kapasitas baterai 4,9 kWh dan kemampuan maksimal 11 PS dan torsi 30,2 Nm, Yamaha E01 punya daya jelajah mencapai 104 km (kecepatan konstan 60 km/jam). Dengan kata lain, Yamaha E01 cukup untuk mendukung kebutuhan para komuter.

Yamaha E01 Tetap Pakai Baterai Tanam

Berdasarkan kemampuan baterai Yamaha E01 itulah, pihak Yamaha Motor Company memastikan bahwa motor listrik terbarunya ini akan tetap memakai baterai tanam alias fixed battery ketika nantinya diproduksi massal. 

Motor Listrik Yamaha E01.

Baca juga: Bongkar Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E01, Mirip NMax!

"Jika diproduksi, kami tetap menggunakan model baterai fixed. Anda juga tidak perlu khawatir karena baterai ini punya durabilitas yang baik," kata Eiji Koyano, Group Manager of Innovation Group dari YMC saat sesi E01 Product Briefing lusa (21/4/2022). 

Di samping itu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga turut mengomentari seputar pemilihan baterai tanam pada Yamaha E01 tersebut. "Baterai Yamaha E01 memang tidak bisa swap karena berat. Tapi, kita bisa tahu daya tahan yang kita bisa capai. Berbeda dengan swap baterai, tidak semua baterai itu punya kapabilitas sama. Karena seiring pemakaian, dan cara pemakaian pasti memengaruhi," ungkap Minoru Morimoto, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM di sesi konferensi pers Yamaha E01 di Kantor Pusat Yamaha Indonesia (22/4/2022). 

Tujuan Tes Pasar Yamaha E01 di Indonesia

"Kalau dalam pengetesan nanti tidak sampai 100 km, kembali lagi, kalau sudah satu tahun ke depan menurun jadi 50 km mogok di tengah jalan, bagaimana? Makanya, kita ada servis emergency, kapanpun tinggal panggil ada servis pikap, itu tes market kita," sahut Dyonisius Beti selaku Wakil Direktur PT YIMM. 

Disampaikannya pula, tes pasar Yamaha E01 di Indonesia ini Yamaha Indonesia berharap mendapatkan banyak parameter dari konsumen. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengumpulkan pameter sebanyak-banyaknya seperti behavior, jarak tempuh, pemakaian sehari-hari sampai cara pengisian baterai. 

PT YIMM mengumumkan untuk melakukan tes pasar Yamaha E01 di Indonesia.

Baca juga: Bukan Sewa, Yamaha E01 Bisa Dipakai Gratis oleh Masyarakat!

Perihal baterai, Yamaha E01 punya tiga metode pengisian ulang daya. Mulai dari fast charging dengan durasi pengisian sekitar 1 jam untuk 0-90%. Kedua, normal charger di mana butuh waktu 5 jam untuk membuat baterai penuh 100%. Sementara ketiga adalah menggunakan portable charger. Yang mana pada metode ini membutuhkan tak kurang dari 14 jam untuk membuat baterai dalam keadaan full.

"Untuk mengatasi ini, Yamaha E01 punya tiga pengisian baterai. Jadi masih ada alternatif. Kalau infrastruktur sudah siap, nggak perlu lagi alternatif seperti itu dan harganya akan jauh lebih murah," tutup Dyon. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor