PT Piaggio Indonesia (PID) selaku pemegang merek Vespa di Indonesia menghadirkan beragam line up menarik dengan karakter yang berbeda. Salah satunya adalah varian Vespa Primavera 2022.
Varian ini terkenal akan karakternya yang klasik dengan ragam pilihan warna soft memanjakan mata. Tampilan juga lebih kalem berkat penggunaan lampu utama model bulat berbalut ring lampu chrome.
Bahkan untuk memanjakan konsumen setianya, Vespa Primavera 150 hadir dalam dua versi. Pertama ada Vespa Primavera 150 i-Get ABS yang dibanderol Rp 47,7 juta dan Vespa Primavera S 150 i-Get ABS yang dibanderol Rp 50,2 juta, semua OTR Jakarta.
Dengan harga jual yang terpaut Rp 2,5 juta, apa saja yang beda dari kedua varian ini? Mari kita kulik.
Baca juga: Spesifikasi Lengkap Vespa Primavera 2022, Tampangnya Kalem Mesinnya Halus | AutoFun
Tentu pembeda pertama dari kedua varian ini ada pada pilihan warnanya. Vespa Primavera 150 i-Get ABS punya pilihan warna Green Relax, Orange Tramonto, dan Grey Materia .
Orange Tramonto jadi warna yang paling cerah namun tetap memberi kesan premium. Dari ketiga pilihan warnanya tersebut, dikombinasi dengan beragam list serta detail chrome juga kulit jok berwarna cokelat.
Sementara itu ada pilihan warna Beige Avvolgente, Blue Estroverso, Grey Delicato, dan White Innocenza untuk Vespa Primavera S 150 i-Get ABS. Pilihan untuk varian ini memberi kesan mewah yang sangat kental.
Yang juga jadi pembeda pada tiap varian S baik Primavera maupun Sprint adalah adanya decal minimalis. Untuk Vespa Primavera S 150 i-Get ABS decal ada pada bodi samping berwarna biru dan warna bendera Italia.
Baca juga: Vespa Sprint Justin Bieber Sudah Bisa Dipesan, Harganya Setara Toyota Veloz Baru!
Selain beda pada warna bodi, ada beberapa warna detail part yang berbeda antara Vespa Primavera 150 i-Get ABS dengan Vespa Primavera S 150 i-Get ABS. Meski terbilang kecil, tapi efeknya cukup mengubah tampilan.
Seluruh warna dari Vespa Primavera S 150 i-Get ABS dibekali dengan warna biru di beberapa part. Seperti edge shield atau lis bodi, horn cover, front crest, karet pijakan kaki pengendara, dan pada battery cover.
Kemudian pelek yang mulanya warna silver, di varian ini pakai dua kombinasi warna. Sisi tengah hingga palangnya pakai warna biru yang serupa dengan detail lainnya, sedangkan bibir pelek pakai warna polish.
Berikutnya ada pada jok, meski desain busanya serupa namun balutan kulit jok yang digunankan antara kedua varian ini berbeda. Vespa Primavera S 150 i-Get ABS pakai kulit jok hitam tapi dengan detail benang jahit biru.
Baca juga: Update Harga VespaTerbaru Bulan Mei 2022, Sekarang Mulai Dari Rp 40 Juta
Ini turut memberi detail lebih, karena benang jahit birunya mengitari jok dari depan hingga ke belakang. Warna biru yang digunakan pada tiap detailnya cukup gelap, biasa dikenal dengan biru dongker.
Dengan begitu Vespa Primavera S 150 i-Get ABS tetap terlihat kalem dan tidak terlalu mencolok. Bahkan ketika kondisi gelap minim cahaya, warna biru tersebut tampak menjadi hitam.
Fitur-fitur yang disuguhkan dari kedua varian ini tidak ada beda, tetap menyuguhkan fitur modern. Seperti lampu utama yang sudah pakai teknologi LED baik lampu dekat maupun lampu jauh.
Spidometer kombinasi analog sebagai penujuk kecepatan dan digital untuk odometer, trip, juga jam. Di dalam laci depannya, terdapat glove box yang juga tersedia USB port untuk mengisi daya smartphone.
Baca juga: Vespa Sprint dkk Auto Stylish Dengan Pelek Lokal, Ini Dia Pilihannya
Membuka jok lebih mudah tanpa perlu memutar atau mencabut kunci kontak, pengendara hanya perlu menekan tombol pembuka jok elektrik yang ada tepat di sebelah kunci kontak.
Untuk fitur keamanan, matic ini sudah dibekali immobilizer pada kunci kontak dan Anti-lock Braking System (ABS) single channel yang menjaga roda depan tidak terkunci saat melakukan pengereman keras.
Tipe mesinnya i-Get 4 tak, satu silinder, SOHC 3 katup, dan berpendingin udara. Piston yang digunakan berdiameter 58 mm dengan kombinasi langkah 58,6 mm membuat kapasitas mesin murninya 154,7 cc.
Klaim tenaga maksimalnya memang tidak terlalu besar, hanya 11,8 ps di 7.500 rpm dengan torsi 12 Nm pada 5.000 rpm. Namun rasanya sudah cukup untuk digunakan di perkotaan.
Spesifikasi Vespa Primavera 150 i-Get ABS | ||
---|---|---|
Mesin | i-Get 4 langkah, satu silinder, SOHC, 3 katup, pendingin udara | |
Kapasitas mesin | 154,8 cc | |
Tenaga maksimal | 11,8 ps @7.500 rpm | |
Torsi maksimal | 12 Nm @5.000 rpm | |
Sistem pembakaran | Injeksi elektronik | |
Sistem transmisi | CVT | |
Suspensi depan | Lengan tunggal dengan pegas helikal dan peredam kejut hidrolik tunggal dengan aksi ganda | |
Suspensi belakang | Peredam kejut hidrolik tunggal dengan 4 tingkat setelan kekerasan | |
Cakram depan | 220 mm + ABS | |
Rem belakang | Tromol 140 mm | |
Ban depan | 110/70-12 tubeless | |
Ban belakang | 120/70-12 tubeless | |
P x L | 1.863 x 695 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.334 mm | |
Tinggi jok | 790 mm | |
Kapasitas tangki | 7 liter | |
Emisi | Euro 3 |