PT Idemitsu Lube Techno Indonesia (ILTI) selaku produsen dan pemasok pelumas terkemuka, yaitu Idemitsu baru saja memperkenalkan produk pelumas terbarunya. Gak tanggung-tanggung, pelumas ini hadir untuk 3 jenis mesin.
Ada untuk varian mesin mobil bensin dengan nama IFG (Idemitsu Four-Wheeler’s Gasoline Engine Oil), kemudian untuk mesin mobil bensin dan diesel yaitu IFD (Idemitsu Four-Wheeler’s Dual (Gasoline/Diesel), dan terakhir untuk mesin motor ada IRG (Idemitsu Rider’s Gasoline Engine Oil).
Oli yang ditunjukan untuk mesin motor ini ternyata diformulasikan untuk motor balap, sehingga oli dibuat untuk mempertahankan kinerja mesin dalam kondisi suhu super tinggi.
Tujuannya untuk mendapatkan akselerasi yang tepat, membuat mesin lebih bertenaga, dan putaran mesin yang stabil. Teknologi Nano turut disematkan untuk memberikan perlindungan mesin.
Baca juga: Pastikan Takaran Pas, Seperti Ini Efeknya Jika Isi Oli Mesin Berlebihan
Ini juga membuat tiap perpindahan gigi lebih halus serta memaksimalkan kinerja kopling. “Kami merasa bangga dan terhormat dapat meluncurkan rangkaian produk oli mesin ini untuk semua pelanggan kami hari ini.”
“Oli mesin seri IDEMITSU IRG, IFG, dan IFD adalah produk terbaru yang merupakan hasil dari penelitian menyeluruh dan kerja keras tim kami. Kami berkomitmen untuk menyediakan oli mesin terbaik untuk mobil dan motor yang dapat memberikan pengalaman berkendara dengan performa tinggi. Banyak pengujian telah dilakukan dari perspektif bahwa mesin adalah jantung dari kendaraan dan oli mesin adalah sumber kehidupan yang melindungi dan mengeluarkan potensi penuh dari mesin tersebut,” jelas Akira Koyama, General Manager ILTI.
Oli baru Idemitsu ini tersedia dalam 3 kategori, dibagi berdasarkan tingkatan kandungan pada oli tersEbut. Paling basic ada IRG3, lalu tipe Premium ada IRG5, dan sebagai flagship product ada IRG7.
“Ini akan memudahkan konsumen untuk memilih nantinya. Sama seperti pesawat, ada economy class, business class, dan first class. Target awal kami saat ini launching di Jakarta dan Surabaya sebagai kota dengan tingkat popuasi yang tinggi di Indonesia,” tambahnya.
Baca juga: Meski Sedikit, Oli Gardan Motor Matic Tetap Wajib Diganti Rutin
“Ini berpengaruh juga terhadap durability, tapi balik lagi ke pemakaian karena banyak faktor.”
“Misal di jalan Jakarta yang banyak macet tentu mempengaruhi masa pakai. Kalau jarang dipakai, masa pakai bisa 3 sampai 6 bulan. Kalau sering dipakai penggantian oli di antara 3.000-6.000 km,” jelas Drian Nugroho, Assistant Manager ILTI.
Seperti dijelaskan sebelumnya kalau pelumas dari Idemitsu ini memiliki 3 tingkatan, angka pada varian tersebut melambangkan perlindungan yang diberikan. Seperti IRG7 yang memiliki teknologi Septet Guard atau 7 perlindungan, dengan begitu dapat memberikan perlindungan optimal bagi mesin.
Lalu ada Quintet Guard atau 5 perlindungan untuk IRG5 yang akan memberikan 5 perlindungan super serta lima benefit yang unik. Selebihnya ada teknologi anti-power loss yang akan membantu memaksimalkan kinerja mesin dan dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar.
Baca juga: Sedikit Banget, Mesin Honda ADV 160 2022 Cuma butuh Oli 0,75 Liter Saja, Kok Bisa?
Meski diluncurkan pada pertengah bulan Juli, nyatanya rangkaian harga dari Idemitsu series ini belum bisa diungkapkan. Perlu menunggu hingga oli sampai di Idemitsu authorized dealer terlebih dulu.
“Akhir bulan Juli nanti oli ini terlebih dulu akan ada di beberapa authorized dealer, baru kami bisa infokan harganya. Yang pasti affordable deh walaupun yang seri 7, karena kami mau menjangkau seluruh kelas, jadi gak perlu takut kemahalan,” tutup Drian.