Yamaha F1ZR menjadi salah satu bebek bermesin 2 tak yang cukup melegenda dari Yamaha. Bodinya yang tajam sporty sebanding dengan mesinnya yang mudah dibuat kencang.
Tidak heran kalau motor ini sempat merajai balap di era tahun 2000-an. Bahkan Yamaha sampai membuat edisi khusus dengan warna khas tim balapnya di era saat itu.
Bahkan di tahun 2022 ini pesona F1ZR masih belum sirna, apalagi kalau sudah kena sentuh modifikasi, seperti milik Zacha garapan FE Speed Shop. Yamaha F1ZR lansiran 1997 dirombak menjadi eye catching kembali.
Modifikasinya memang tidak terlalu ekstrim, tapi menggunakan komponen yang cukup nyohor di eranya. Karena sebagian besar menggunakan part berlabel Daytona yang kini sudah sulit didapatkan.
Baca juga: Cek Detail Replika Yamaha M1 MotoGP, Ternyata Punya Peranti NMax Juga!
Seperti kedua peleknya yang rela ditebus hingga ke Malaysia dengan harga tembus 2 digit, wow! “Sengaja pakai part serba Daytona, karena ini kan termasuk barang legend. Apalagi anak sekarang udah jarang tau kan sama merek ini.”
“Pelek ini udah cari ke Daytona Bali, Surabaya, sampai Kebon Jeruk juga gak ada. Akhirnya om Zacha nemu warna emas di Malaysia dengan harga Rp 12 juta, itu belum termasuk ongkos kirim,” sebut Muhammad Sofyan dari FE Speed Shop.
Masih di kaki-kaki, cakram juga jadi salah satu part yang cukup sulit. Apalagi yang digunakan adalah cakram Daytona yang bekerja sama dengan Galfer. Untuk yang satu ini mendapatkannya perlu sedikit merayu!
“Tadinya cakram ini gak dijual sama penjualnya, akhirnya coba ngerayu ya lumayan lama hampir seminggu. Akhirnya dijual dan sekalian request bikin adaptor, karena ini aslinya buat Scorpio,” tunjuk Sofyan yang speed shopnya ada di bilangan Pondok Kopi, Jaktim.
Baca juga: Yamaha Mio 2004 Gagal Standaran, Usung Thaistyle dan Mesin Melonjak 220 Cc !
Cakram Daytona yang berhasil didapatkan diapit oleh kaliper Nissin milik Honda CB650F. Sekilas terlihat seperti kaliper Nissin Samurai yang beredar di pasaran, tapi dimensi bodinya lebih besar CB650F ini.
“Owner suka koleksi barang limbah moge. Isenglah cari-cari, tadinya mau pakai copotan BMW tapi ternyata mentok palang. Akhirnya nemulah kaliper ini. Kalau master rem pakai Nissin Daytona,” sambungnya.
Untuk menyamakan desain handle rem milik Nissin Daytona, handle kopling coba diganti. Setelah mencari, akhirnya dapat sepaket handle rem milik Kawasaki ER-6n dengan handle silver dan setelan jarak handle, mirip deh…
Melirik ke belakang juga masih ada beberapa komponen berlabel Daytona. Seperti suspensi belakang dan gir belakang berbahan duralumin. Knalpot yang digunakan juga cukup melekat dengan F1ZR di era 2000-an, yaitu YY Pang.
Baca juga: Yamaha Kenalkan XMax 250 Terbaru di Jepang, Simak Daftar Perubahannya!
Terakhir untuk membuat tampilan lebih eye catching di era modern ini dengan memainkan warna bodi. Motor ini justru awalnya punya warna asli biru, namun diubah dengan kuning yang lebih cerah.
“Penempatan warnanya juga diubah, biasanya F1ZR kuning di belakang dan silver di depan. Karena mau tampil beda jadi kuning di depan dan putih di belakang, habis itu pakai striping custom,” ujar pria murah senyum ini.
Rampung di bodi, beberapa part dibalut chrome agar lebih kinclong. Seperti pada behel, footstep, dan standar samping. Bahkan beberapa titik menggunakan baut titanium purple blue. Cakep!
FE Speed Shop: 0899-9083-895
Data Modifikasi Yamaha F1ZR 1997 | ||
---|---|---|
Pelek | Daytona 3 Spokes Mags | |
Ban | Bridgestone Battlax BT-39 90/80-17 | |
Cakram | Daytona Galfer semi floating 300 mm | |
Master rem | Nissin Daytona | |
Kaliper depan | Honda CB650F | |
Slang rem | Hel | |
Visor | Yamaha 125Z | |
Handle kopling | Kawasaki ER-6n | |
Gas spontan | Daytona | |
Handgrip | Daytona | |
Kick starter | Daytona | |
Suspensi belakang | Daytona | |
Gir belakang | Daytona Duralumin | |
Knalpot | YY Pang | |
Swing arm | B’Pro |