Honda motor secara global baru saja memperbaharui tampilan dari Honda CBR250R. Motor sport naked berkonsep Neo Sport Cafe ini sudah dijual sejak 2018 dan dipasarkan di bagian negara eropa, Jepang, dan juga Malaysia.
Varian ini cukup melengkapi rentetan keluarga Honda Neo Sport Cafe. Karena line up ini punya produk mulai dari 125 cc hingga 1.000 cc serta punay tampilan yang khas. Lumayan bikin iri juga karena Indonesi gak kebagian jatah nih!
Nah, karena tampilannya memberikan nuansa klasik tapi di sisi lain juga menyuguhkan kesan modern kekinian. Bisa langsung terlihat dari lampu utamanya yang membulat namun berisikan LED.
Mesin yang digunakan merupakan mesin turunan dari Honda CBR250R juga Honda CRF250 Rally. Spesifikasinya 1 silinder DOHC 4 katup, 250 cc, 6 percepatan, pendingin cairan.
Baca juga: Cocok Jadi Tiger Reborn, Honda CB300F 2023 Resmi Dikenalkan di India
Perbandingan kompresi yang diusung cukup rendah, hanya 10,7:1. Dengan spesifikasi tersebut, mesin ini diklaim memiliki tenaga maksimal 27,6 ps pada 9.500 rpm dan torsi 23,4 Nm di 7.750 rpm.
Desain lampu utama jadi hal pertama yang terlihat beda pada pembaharuan ini. Bentuknya terpisah, sisi atas sebagai lampu dekat dan sisi bawah untuk lampu jauh, sedangkan lampu belakang punya desain tipis di bawah jok.
Berikutnya ada upgrade di suspensi depan, sejak awal diluncurkan motor ini sudah menggunakan tipe upside down. Namun kali ini disempurnakan dengan menganut teknologi SFF-BP alias Separate Function Fork-Big Piston.
Dengan begitu suspensi berlabel Showa dengan diameter as 41 mm ini bisa menyerap guncangan lebih baik dan tentunya memberikan front-end feel yang lebih sempurna dari generasi sebelumnya.
Baca juga: Geber Honda CBR1000RR-R, Gerry Salim Kalahkan Pembalap Dunia di Suzuka 8 Hours 2022
Lalu kedua rodanya sudah dibekali dengan ABS. Tidak hanya sekadar ABS, karena fitur ini juga dilengkapi dengan IMU alias Inertial Measurement Unit yang membaca pergerakan motor.
Sehingga sistem tersebut bisa membagi rata tekanan rem depan dan belakang, bahkan bisa meminimalisir roda belakang terangkat ketika melakukan pengereman keras.
Di area setang terdapat spidometer baru. Sudah fully digital dengan latar negative display dan berisikan informasi yang cukup lengkap. Seperti takometer, gear position, dan beragam informasi lain.
Di area mesin terdapat assist slipper clutch yang pastinya membuat handle kopling lebih empuk. Meski begitu tetap minim selip dan bisa meminimalisir roda mengunci ketika melakukan penurunan gigi.
Baca juga: Honda ST125 Dax 2022 Rilis di Indonesia, Si Ikonik yang Lebih Mahal dari CBR250RR SP QS!
Honda CB250R menawarkan 2 pilihan warna, ada Candy Chromsphere Red yang mewah dan Mat Gun Powder Black Metallic yang memberika kesan gahar dan misterius.
Di Malaysia Honda CB250R dibanderol RM23,999 atau ketika dikonversi ke Rupiah menjadi Rp 79,531 juta ketika kurs MYR 1 Ringgit Malaysia Rp 3.313,96. Rasanya akan menarik ketika CB250R dijual secara resmi di Indonesia.
Apalagi CB250R memiliki desain yang berbeda dari kompetitornya. Mengingat kelas sport naked 250 cc saat ini hanya dimainkan oleh beberapa pabrikan saja. Seperti Yamaha MT-25 dan KTM Duke 250, sedangkan Z250 sudah discontinue.
Semoga saja bisa segera meluncur di Indonesia ya!
Spesifikasi Honda CB250R 2022 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | Pendingin cairan, 4 tak, DOHC | |
Kapasitas mesin | 250 cc | |
Bore x stroke | 76 x 55 mm | |
Perbandingan kompresi | 10,7:1 | |
Tenaga maksimal | 27,6 ps @9.500 rpm | |
Torsi maksimal | 23,4 Nm @7.750 rpm | |
Sistem bahan bakar | Programmed Fuel Injection (PGM-FI) | |
Transmisi | 6 percepatan | |
P x L x T | 2.020 x 805 x 1.050 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.355 mm | |
Tinggi jok | 800 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 155 mm | |
Berat isi | 145 kg | |
Kapasitas tangki bensin | 10,1 liter | |
Suspensi depan | 41 mm Showa SFF-BP USD fork | |
Suspensi belakang | Monosok dengan 5 setelan preload | |
Ban depan | 110/70-17 | |
Ban belakang | 150/60-17 | |
Rem depan | Cakram 296 mm dengan kaliper Nissin radial 2 piston, ABS | |
Rem belakang | Cakram 220 mm dengan kaliper 1 piston, ABS |