Kupas Detail Aprilia Tuareg 660 2023, Letak ECU Unik hingga Tangki Ramping 18 Liter

Aprilia Tuareg 660 warna Acid Yellow
  • Punya letak ECU dan modul ABS yang tidak biasa
  • Suspensi full adjustable meski belum elektrik

PT Piaggio Indonesia (PID) di Indonesia menaungi 4 merek besar. Ada Piaggio, Vespa, Aprilia, dan Moto Guzzi. Aprilia menjadi merek yang kental akan aura racing, apalagi saat ini para pembalapnya sedang bertarung ketat di ajang MotoGP.

Bukti keseriusan PID menghadirkan line up Aprilia terbaik di Indonesia dibuktikan dengan rajin meluncurkan beragam produk terbaru. Mulai dari Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660, matic Aprilia SR GT 200, dan baru ini memperkenalkan Aprilia Tuareg 660.

Aprilia Tuareg 660 hadir sebagai motor adventure yang siap melahap jalur on road maupun off road dengan mudah. Ini dibuktikan dengan spesifikasinya yang mumpuni, baik di kaki-kaki, elektronik, maupun mesin.

Dengan tongkrongan seperti ini, Aprilia Tuareg 660 dibanderol Rp 656 juta on the road Jakarta dan bisa langsung dilihat di dealer Motoplex yang tersebar di beberapa wilayah. Yuk intip detail dari motor satu ini.

Baca juga: Kulik Istimewanya Aprilia Tuareg 2023, Moge Adventure Bergaya Reli Dakar

Oil Pan Rata

Aprilia Tuareg 660 menggunakan basic mesin yang sama seperti Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660, mesinnya ini disebut sebagai setengah bagian depan dari mesin Aprilia RSV4. Jadi wajar kalau mesinnya dijuluki baby RSV4.

Oil pan lebih rata dibanding RS 660 dan Tuono 660

Meski memiliki basic mesin yang sama dengan dua motor tadi, tapi ternyata ada sedikit penyesuaian pada Tuareg 660 ini. Pertama ada beda pada oil pan atau bak oli pada crankcase bawah.

Bak oli Tuareg 660 ini disebut lebih rata, tujuannya untuk membuat ground clearance lebih tinggi. Hasilnya ground clearance menjadi 240 mm lengkap dengan tambahan pelindung mesin.

Baca juga: Aprilia RSV4 XTrenta Cuma Ada 100 Unit, Turunan MotoGP Seharga Rp 700 Jutaan!

Rem Brembo Bawaan

Untuk menghentikan lajunya dengan ampuh, Aprilia Tuareg 660 dibekali pengereman Brembo dengan selang rem baja braided. Rem depan ganda menggunakan cakram floating 300 mm diapit kaliper Brembo masing-masing 2 piston.

Rem depan pakai cakram floating 300 mm ganda diapit kaliper Brembo 2 piston

Kalau yang belakang pakai kaliper Brembo 1 piston menjepit cakram 260 mm. Baik rem depan atau belakang sudah dibekali dengan ABS, hanya saja ABS bisa dimatikan untuk kebutuhan di jalur off road.

Fitur ini bisa dimatikan ABS belakang saja dan bisa juga mematikan seluruh fungsi ABS. Dengan begitu pengendaranya bisa lebih leluasa mengontrol dan bersenang-senang dengan Aprilia Tuareg 660.

Letak ECU di Atas Mesin

Bagian ini cukup unik, karena Aprilia Tuareg 660 menempatkan ECU dan modul ABS tepat di atas crankcase. Memang konsep motor satu ini membuat tampilannya begitu ramping dan ringan.

Letak ECU dan modul ABS di atas mesin

Mungkin saking rampingnya sampai tidak ada tempat lagi untuk menaruh ECU dan modul ABS ya? Hehe… Semoga tidak mengurangi umur pakai kedua komponen ini, mengingat suhu di Indonesia cukup panas.

Mesin Generasi 660 Cc

Pembeda lain pada mesin Tuareg 660 ada pada buka tutup katupnya. Ada perbedaan timing, jarak angkatan, durasi buka-tutup klepnya dengan tujuan bisa mengkail torsi lebih kaya di putaran rendah dan tengah.

Mesin generasi Aprilia 660 cc dengan sedikit penyesuaian 

Tentu itu sesuai dengan karakter motor adventure yang tidak terlalu membutuhkan putaran tinggi. Intake funnel pada boks filter udara juga dibuat lebih panjang untuk mendapatkan torsi lebih besar.

Hasilnya mesin ini mendapatkan klaim tenaga maksimal 80,2 ps di 9.250 rpm dengan torsi puncak 70 Nm pada 6.500 rpm. Selain perbedaan sedikit konfigurasi mesin, ternyata ada juga beda pada engine mounting.

Baca juga: Intip Cicilan Moge Aprilia dan Moto Guzzi, Ada Cashback 25% cuma Bulan Ini

Jika RS 660 punya 2 engine mounting, dan Tuono 660 punya 3 engine mounting, Tuareg 660 dibekali hingga 6 titik engine mounting. Ada dua di mounting depan, satu di poros swing arm, satu di sisi belakang silinder, satu di atas belakang mesin, dan satu di bawah belakang.

Suspensi Fully Adjustable

Karena akan diajak melewati jalur dengan kondisi jalan beragam, tentu set up suspensi menjadi hal yang krusial. Untuk Tuareg 660, dibekali suspensi Kayaba dengan travel suspensi mencapai 240 mm untuk depan dan belakang.

Preload belakang model hydraulic yang lebih mudah diatur

Dengan begitu tentu saja momen bottoming akan lebih minim. Meski begitu, memang suspensinya belum dikontrol elektronik. Semuanya masih diatur secara manual.

Untuk suspensi depan ada preload, compression di tabung sisi kiri, dan rebound di tabung sisi kanan. Untuk monoshocknya ada preload, compression pada tabung suspensi, dan rebound di suspensi sisi bawah.

Tangki Ramping Tapi Besar

Memiliki konsep yang ramping dan tinggi membuat desain bodi Aprilia Tuareg 660 tidak terlalu banyak lekukan. Rampingnya tangki bensin pun sealur dengan jok hingga ke lampu belakang.

Tangki ramping di sisi atas namun memanjang ke bawah

Meski bentuk sampingnya tidak lebar, tapi ternyata kapasitas tangki bensin Tuareg 660 mencapai 18 liter. Itu ternyata akibat desainnya yang memanjang, karena hingga ke bawah jok.

Menarik?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor