Tengok Lagi Beda Suzuki Nex II dan Nex Crossover, Selisih Harganya Lebih dari Sejuta!

Basis keduanya sama

Di segmen matic entry level, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) punya andalan Suzuki Nex II dan Nex Crossover. Meski punya basis yang sama, tapi harga jual keduanya cukup jauh lho.

Di mana Suzuki Nex II dibanderol mulai Rp 18,081 juta di tipe Standar dan Elegant. Lalu Rp 18,636 juta di versi Elegant Premium. Serta yang termahal adalah tipe Fancy Dynamic yang dijual Rp 18,888 juta. Semuanya hanya berbeda di warna dan grafis stiker saja.

Perbedaan Area Kemudi

Paling kentara, perbedaan Suzuki Nex II dan Nex Crossover ada di bagian kemudi. Setang Suzuki Nex Crossover tampil telanjang tanpa cover batok plastik seperti Nex II.

Spidometer Nex Crossover

Peranti tersebut sengaja diekspos untuk mempertegas aura dual purpose pada Suzuki Nex Crossover. Pasalnya, Suzuki Nex Crossover memang dipersiapkan untuk bersaing dengan matic dual purpose entry level seperti Honda Beat Street dan Yamaha X-Ride 125.

Tentu akan terlihat aneh jika bagian setang itu tak diimbangi dengan komponen spidometer terpisah. Untuk itu, sebagai pelengkapnya ada spidometer digital yang basisnya persis punya Suzuki Satria F150 FI yang dibalut cover khusus.

Ban dual purpose

Hal ini berbeda dibandingkan punya Nex II yang masih mengandalkan tipe analog. Sehingga selain membuat tampilannya lebih kekar, penggunaan spidometer digital juga menghadirkan kesan modern di Suzuki Nex Crossover.

Ada Beda di Detail

Selain di bagian setang, sejumlah perbedaan lainnya juga terdapat diantara kedua matic tersebut. Namun hanya di bagian detailnya saja, bukan peranti signifikan.

Semisal penggunaan kaliper rem cakram dan per sokbreker belakang berkelir merah di Suzuki Nex Crossover. Sementara seluruh varian Suzuki Nex II mengandalkan kelir hitam di bagian tersebut.

Kemudian ada penggunaan ban tubeless bertapak dual purpose di Suzuki Nex Crossover dan lapisan jok two tobe. Sedangkan Suzuki Nex II mengandalkan ban tubeless dengan pattern standar jalan raya. 

Dan ternyata efek seluruh ubahan tersebut berpengaruh bobot dan tinggi keduanya yang beda. Suzuki Nex II punya tinggi total 1.045 mm dan bobot 93 kg. Untuk Suzuki Nex Crossover tinggi totalnya 1.055 mm dan berat 94 kg.

Baca Juga: Pakai Kembaran Yamaha R25, Wahyu Nugroho Podium Dua R3 bLU cRU European Cup 2022

Spek Mesin Sama

Memiliki basis yang sama, ini artinya Suzuki Nex II dan Nex Crossover tetap mempertahankan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance) pada mesin 115cc FI. Klaim tenaga keduanya di angka 9,1 ps per 8.000 rpm dan torsi 8,5 Nm pada 6.000 rpm.

Selain itu, kapasitas tangki bensinnya juga tetap 3,6 liter. Serta kombinasi rem cakram di depan dan tromol di belakang.

Jadi pilih yang mana?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki NEX II
Lihat