Yamaha RX-King jadi salah satu motor produksi Yamaha yang punya desain timeless, bahkan pesonanya hingga kini tidak kunjung redup. Ini terbukti dari komunitasnya yang masih ramai hingga modifikasinya yang sangat beragam.
Aliran modifikasi yang bisa diaplikasikan ke RX-King pun sangat bervariatif. Bisa menganut konsep original, fashion standar, racing look, hingga ke aliran restorasi modifikasi.
Seperti yang dilakukan oleh Muhammad Tidar punggawa Woyo Garage terhadap motor konsumennya. Gak tanggung-tanggung, modifikasi ini berkolaborasi dengan beberapa bengkel untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
“Konsep ini rundingan bareng Woyo Garage dan Tockcer Custom soal mesin dan lain-lain, habis itu ada Timpanik Custom untuk urusan bracket, dan juga ada @_rdk_45 sebagai owner motor,” buka Tidar.
Baca juga: Yamaha XMax 2023 Ganti Tampang di Eropa, Versi Indonesia Meluncur Minggu Depan?
Konsep yang diusung ternyata ingin terlihat standar, tapi begitu diliat secara detail baru lah terlihat kalau motor ini mewah. Ini bisa dilihat dari penggunaan warna, emblem, striping, tutup rantai, hingga tool box masih terpasang rapi.
“Bahkan knalpot gak mau pakai yang model racing, pakai standar aja karena mau pertahanin looks standar. Leveling oli samping juga masih original nih, jadi dari jauh orang lihat kalau motornya standar, hahaha…” sambungnya.
Walau tampilannya terlihat standar, tapi ketika melihat sektor mesin pasti akan langsung melongo! Ini karena RX-King satu ini sudah menggunakan pendingin cairan alias radiator.
“Ini jadi salah satu part yang istimewa, pakai blok dan head dari Yamaha Noguchi Jepang. Pemasangan lumayan nguras otak, karena harus naik stroke dari 125 cc dibalikin ke 135 cc. Habis itu agak ribet bikin paking dan O-ring,” tunjuk Tidar yang bengkelnya ada di bilangan Palmerah, Jakbar.
Baca juga: Prediksi Motor Baru di IMOS 2022, Ada Penyegaran Untuk Yamaha Lexi?
Untuk menemani blok dan head mewahnya ini, terpasang beberapa komponen yang tidak kalah mewah. Terlihat ada membran V-Force 4 yang dipasangkan dengan karburator Lectron 34 mm.
Di sisi depan ada radiator aluminium dari SPAC Thailand lengkap beserta electric water pump berlabel BOSCH yang bertugas untuk memompa air radiator.
Gak kalah mewah dengan mesin, sektor kaki-kaki yang digunakan RX-King satu ini juga cukup istimewa. Gimana tidak, sepasang pelek Honda NS1 berkelir hitam terpasang apik dengan balutan ban Pirelli Rosso Corsa II.
Gak sampai di situ, RX-King ini mengusung sektor pengerema yang cukup mewah. Rem depan menggunakan master rem Magura HC1 yang memompa kaliper AP Racing 4 piston dan mengapit cakram Honda NX7.
Karena menggunakan pelek NS1, rem belakang pun menggunakan cakram. Kaliper belakang juga menggunakan AP Racing 2 piston yang dipompa master rem Nissin Jepang.
Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Siap Dijual, Berapa Harga yang Pantas?
Sedangkan peredam kejutnya menggunakan Daytona R-Spec yang khas dengan warna merahnya. “Bracket kaliper dan bushing roda pakai aluminium pakai mesin milling manual.”
“Sengaja gak pakai mesin CNC biar gak gampang dicopy orang, tapi emang jadinya butuh cost lebih gede. Barang-barang yang dipakai ini kebanyakan beli langsung dari Jepang,” sambungnya.
Di sektor kemudi, RX-King ini masih menggunakan setang pipa lengkap dengan stabilizer. Meski terlihat biasa, tapi ternyata setangnya berlabel Bikers Japan. Kemudian ragam informasi bisa dilihat dalam 3 device berbeda.
Pertama ada Mychron 5S 2T, fuel meter berlabel Takegawa, dan lampu indikator dari Highsider asal Jerman. Kemudian di tengah ada steering damper punya warna yang klop dengan bodi dan striping original RX-King.
Baca juga: Punya Performa Setara Motor 125 Cc, Begini Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E01
“Sengaja pakai steering damper yang gak banyak orang tahu, gua mau di motor ini pakai barang yang jarang orang pakai. Makanya master rem depan dan kopling hydraulic pakai Magura,” sebut pria yang juga bekerja di bidang logistik ini.
Selebihnya ada lampu utama daymaker dan sein Lightech yang terpasang pada bracket aluminium. Motor ini sendiri terakhir menjuarai kontes modifikasi kelas Custom dan mendapatkan Best Of The Best RX-King pada event King Fest 2022.
Mantap!
Spesifikasi Modifikasi Yamaha RX-King | ||
---|---|---|
Blok & kepala silinder | Yamaha Noguchi | |
Karburator | Lectron 34 mm | |
Koil | Suzuki RM 125 | |
Electric water pump | BOSCH | |
Radiator | SPAC Sonic Thailand | |
Botol reservoir | HRC | |
Segitiga | Kawasaki KLX 150 | |
Indikator bensin | Takegawa Japan | |
Indikator spidometer | Highsider | |
Spidometer | Mychron 5S 2T | |
Lampu depan | LED Daymaker | |
Lampu sein | Lightech | |
Cakram depan | Honda NX7 | |
Kaliper | AP Racing England | |
Pelek | Honda NS1 | |
Ban | Pirelli Rosso Corsa II | |
Slang rem | Hel | |
Suspensi belakang | Daytona R-Spec | |
Master rem belakang | Nissin Japan | |
Setang + stabilizer | Bikers Japan | |
Master rem depan | Magura HC1 | |
Kopling | Magura hydraulic | |
Tabung minyak rem | Lightech | |
Steering damper | Titax | |
Gas spontan | Magura 314 | |
Sakelar | Takegawa | |
Jalu setang | Lightech | |
Hand grip | Domino |