Mau Lulus Ujian Praktek SIM C? Ini Bocorannya, Lumayan Buat Latihan

Praktik ujian SIM C.
  • Ujian pembuatan SIM dianggap menyulitkan.
  •  

Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib dimiliki semua pengendara kendaraan bermotor. Namun faktanya, banyak orang yang tidak memilikinya. 

Ya, mereka beralasan untuk membuat SIM dianggap ribet. Belum lagi, jika gagal di ujian teori maupun praktik, harus diulang 7-14 hari kemudian. 

Berangkat dari hal ini dan perbincangan dengan pemohon SIM di Satpas SIM, Daan Mogot, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengusulkan agar pemohon SIM yang gagal bisa diberi kesempatan untuk latihan terlebih dulu. 

"Yang utamanya yang praktik tadi. Kalau mereka gagal mungkin dikasih kesempatan latihan sekali lah gitu ya. Mungkin sore, tadi saya sudah menanyakan supaya mereka bisa latihan dan kemudian pada saat besok ujiannya lagi lebih lancar," ungkap Sigit seperti dilansir situs Instagram pribadinya @listyosigitprabowo.

Baca juga: Perpanjang SIM Cukup Pakai Ponsel, Caranya Semudah Pesan Ojek Online

Ilustrasi SIM

Kata Sigit, pemohon yang gagal saat menjalani ujian, sebaiknya diberikan kesempatan untuk berlatih di sore hari agar memiliki kemampuan saat ujian berlangsung . 

"Dikasih kesempatan untuk latihan supaya nggak bolak-balik," tutup Sigit.

Materi Ujian Praktek SIM C

Kali ini, AutoFun Indonesia akan memberikan bocoran beberapa hal penting saat ujian praktek. Tapi sejatinya, aturan perihal ujian praktek ini ada dalam Lampiran Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Surat Izin Mengemudi. 

Nah,karena di Indonesia banyak pengendara sepeda motor, maka kami akan informasikan trik pembuatan SIM C yang perlu diketahui;

A. Uji Pengereman atau keseimbangan

Ilustrasi uji praktek sim track lurus

1) Menjalankan sepeda motor kecepatan perseneling stabil 30  km/jam, dengan persneling 2 berhenti pada garis Stop dengan teknik pengereman kombinasi yang lebih dominan rem  tangan bersamaan dengan rem belakang (kaki) untuk mengimbangi rem depan,  kaki kiri turun dan palingkan kepala ke kanan belakang konfirmasi keselamatan.

2) Jarak dari start sampai finish  adalah  9 buah patok   dari ukuran panjang kendaraan uji tambah ½ panjang kendaraan uji (1,5 m) sedang lebar patok yang dilintasi adalah 2 x  lebar kendaraan bermotor uji   untuk lebar lintasan pengereman.

B. Uji Slalom atau Zig-Zag 

1) Menjalankan sepeda motor slalom/zig-zag melintasi patok (kerucut) dengan kecepatan 10 km/jam, jarak antar patok 1,5 kali  panjang kendaraan bermotor uji dan jari-jari tangan tidak menekan tangkai kopling/pengereman sebelum titik berhenti yang ditentukan.

2) Kemudian dilanjutkan slalom/zig-zag dengan kecepatan stabil,  jarak patok satu dengan yang satu 3 kali panjang kendaraan  bermotor uji dan berhenti pada garis Stop, dengan teknik   pengereman kombinasi rem depan lebih dominan dan rem belakang  mengimbangi asumsi (70 atau 30 persen), kaki kiri menapak di jalan, Kepala memalingkan ke kanan belakang konfirmasi keselamatan.

C. Uji membentuk Angka Delapan

Ilustrasi uji praktek sim track angka delapan

1) Menjalankan sepeda motor di dalam lingkaran 3 kali membentuk angka delapan, mengikuti petunjuk arah, tidak berhenti dan kaki tidak menginjak lapangan serta jari-jari tangan tidak menarik kopling/rem.

2) Di atas garis angka delapan diletakkan patok, dengan jarak antar masing-masing patok 1,5 kali panjang kendaraan bermotor uji.

D. Uji Reaksi Rem Menghindar

Konfirmasi   keselamatan   pada   saat   menjalankan   sepeda   motor dengan kecepatan stabil perseneleng 2 atau 3, kemudian melakukan pengereman  pada  Garis  Kuning  atau  patok,  lepas  rem pada  patok   atau Garis Hijau, lalu  membelok sesuai petunjuk dari petugas, serta berhenti  pada  garis stop  dengan  teknik  pengereman kombinasi untuk rem belakang mengimbangi dan untuk  rem depan dominan, kaki kiri turun dan palingkan kepala ke kanan belakang. 

E. Uji Berbalik arah membentuk huruf U (Turn)

Ilustrasi uji praktek SIM U turn

Konfirmasi  keselamatan  pada  saat  akan  menjalankan  sepeda  motor memutar  dengan  membentuk huruf  U  di  jalan  sempit  yang  lebarnya  2 kali  panjang  kendaraan  bermotor  uji,  tanpa  menginjakkan kaki  ke lapangan dan pandangan tertuju ke arah yang akan dituju.

Ketentuan lulus ujian Praktik SIM C

Tidak boleh menyenggol patok  (Youtube: Andy Garna)

a. peserta  uji  menyelesaikan  seluruh  materi  ujian  Praktik  Surat  Izin mengemudi C dengan tidak melakukan kesalahan, antara lain :

1) Tidak  menyentuh  dan  menjatuhkan  patok  pada  setiap  materi ujian.
2) Kaki tidak menginjak lapangan pada materi ujian yang dilarang.
3) Tidak melakukan  pengereman  pada materi  ujian  yang  dilarang. 
4) Peserta  tidak  mentaati  ketentuan  uji  praktik  sesuai  petunjuk penguji.

b. Setiap peserta ujian diberikan kesempatan untuk mengulang dua kali sebelum dinyatakan gugur.

Persiapan Simulasi Ujian Praktik Pembuatan SIM C

Uji Praktek SIM C (Capture Youtube Berita Sae)

Saat mengajukan pembuatan SIM baru, hal tersulit sangat terasa ketika uji praktik, khususnya saat melewati zig-zag atau slalom, dan membentuk angka delapan. 

Maka dari itu, agar bisa lolos uji praktik SIM, sebenarnya Anda bisa berlatih terlebih dahulu di rumah. Tentunya di area luas seperti lapangan.

Nah, untuk melakukan itu simulasi uji praktik, mak setidaknya dilakukan di sebuah lapangan tidak licin atau berpasir dengan lebar minimal 50 meter dan panjang 100 meter. 

Tidak lupa ada beberapa perlengkapan yang dipersiapkan, seperti patok dengan tinggi 40 cm, diameter 10-25 cm, dan warnanya terang.

Semoga lulus dapat SIM C ya...

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor