Italjet Dragster 500GP, Skuter Sangar Bermesin 450 Cc yang Bukan Matic!

Italjet Dragster 500GP
  • Andalkan transmisi manual 6-speed.
  • Gunakan komponen motor sport.

Anda tentu sepakat jika sosok skuter asal Italia, Italjet Dragster identik dengan kesan sangar dan sporty yang kerap mengusung mesin otomatik bertenaga besar. Namun di event EICMA 2022 di Bologna, Italia pekan ini hadir motor konsep Italjet yang jauh berbeda.

Julukannya Italjet Dragster 500GP dan saat ini masih berupa konsep. Ketika melihat sosoknya, kesan ala skuter matic memang dipertahankan lewat penggunaan bodi gembung dan ground clearance rendah.

Tampil sangar.

Joknya juga dibuat single seater yang artinya Italjet Dragster 500GP tidak dapat dipakai untuk berboncengan. Desainnya disebut terinspirasi dari sosok motor hyper sport bikes yang coba digabung dengan kepraktisan dan kelincahan skuter.

Saat diperhatikan secara detail, mesin dan sistem gerak roda yang diusung Italjet Dragster 500GP berbeda dari motor matic kebanyakan. Karena lebih mengarah ke motor sport ketimbang skuter matic.

Baca Juga: Gesits Siapkan Motor Listrik Bongsor, Mirip NMax dan PCX?

Andalkan Mesin 450 Cc Bertransmisi 6-Speed

Yup, walau pun bersosok skuter tapi urusan sumber penggerak, ternyata Italjet Dragster 500GP tidak mengandalkan transmisi matic CVT seperti biasanya. Sebagai gantinya ada transmisi manual 6-speed berkopling basah sebagai pelengkapnya. 

Mesin tegak dengan posisi rendah

Hal ini mengingatkan kita akan skuter-skuter lawas seperti Vespa atau Lambretta yang berkopling manual. Transmisi 6-speed tersebut menyalurkan tenaga mesin sebesar 43,5 PS di 8.000 rpm dan tors 43 Nm per 6.000 rpm ke roda belakang. 

Oiya, mesin bervolume 450 cc-nya pun unik karena punya konstruksi tegak ala motor sport, bukan horizontal seperti kebanyakan matic gambot. Mesinnya bertipe 1-silinder, DOHC berpendingin cair dengan ukuran bore x stroke, 94,5 x 64 mm. 

Gunakan Komponen Ala Motor Sport

Italjet Dragster 500GP juga dibekali sederet komponen yang menunjang performanya. Mulai dari sistem pengereman ABS dari Brembo yang terdiri dari sepasang cakram 270 mm di depan dan disc 230 mm tunggal di belakang.

Dijejali part eksotis.

Suspensi depannya bertipe up side down 47 mm yang artinya jauh lebih besar ketimbang milik Honda CBR250RR yang 37 mm. Di belakang ada double hydropneumatic shock absorber dengan adjustable load spring. Peleknya berdiameter 15 inci dengan balutan ban Pirelli 120/70-15 di depan dan 160/60-15 di belakang.

Belum ada pengumuman soal harganya, tapi rencananya Italjet Dragster 500GP bakal masuk ke tahap produksi massal di tahun 2024. So, ditunggu saja penampilan skuter sangar ini di jalanan.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Italjet Dragster
Lihat