Intip Spesifkasi Dua Motor Listrik Italia yang Dipakai Polisi Untuk Patroli KTT G20

Motor listrik Energica EsseEsse9+ jadi motor patroli di KTT G20
  • Polisi di KTT G20 Bali Menggunakan Motor Listrik
  • Motor Listrik yang Dipakai Diantara Energica EsseEsse9+ dan Experia
  • Motor Listrik Energica EsseEsse9+ dan Experia dibalut livery khas Polisi

Kepolisian RI menggunakan motor listrik untuk menunjang keamanan selama perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 yang digelar di Bali 15-16 November 2022. Satu diantaranya di datangkan dari Italia, yaitu Energica. 

Ya, motor listrik Energica yang dipakai adalah EsseEsse9+ dan juga Experia. Diketahui, kedua jenis motor dari Energica ini hadir melalui PT Utomocorp International selaku agen pemegang merek di Tanah Air.

"Pengalaman pertama mereka akan melihat kendaraan tanpa emisi, namun performa tinggi beraksi," ujar Livia Cevolini dilansir Ride Apart, beberapa waktu lalu.

Sementara itu CEO Utomocorp, Denny Utomo menyatakan, dengan adanya motor listrik Energica, maka pemerintahan memiliki kendaraan canggih yang digunakan bagi kepolisian.

Baca juga: Ratusan Mobil dan Motor Listrik Polisi Siap Amankan KTT G20 Bali, Ada Hyundai Ioniq Hingga BMW 330e

"Ini merupakan tahap awal dan saya berharap kedepannya kami dapat menyediakan lebih banyak produk, baik untuk kebutuhan umum maupun khusus,” ungkap Denny.

Motor listrik Energica untuk Polisi

Motor patroli Energica Experia

Sekedar informasi, karena motor polisi, jadi tampang Energica EsseEsse9+ maupun Experia yang terlihat sangar harus diubah dengan balutan livery khas kepolisian RI, yaitu warna dasar putih dan sedikit warna biru, termasuk penggunaan nama dan logo Polisi Lalu Lintas.

Baca juga: Tamu KTT G20 Ada yang Minta Mobil Anti Peluru, Indonesia Punya?

Selain itu, motor ini juga sudah menggunakan box yang ada di bagian kanan dan kiri untuk tempat penyimpanan. Tak lupa sebagai tambahan motor ini sudah dilengkapi dengan sirine. Untuk lebih detail spesifiksi kedua motor, ada di bawah!

Energica EsseEsse9+ 

Energica EsseEsse9+

Sosok Energica EsseEsse9+ bisa disebut memiliki desain klasik, karena terlihat sebagai motor identik dengan naked bike. Kendati terlihat klasik, namun motor ini sudah dilengkapi berbagai hal canggih.

Motor ini memiliki headlamp bulat seperti motor lama, namun lampunya sudah LED. Untuk sasis tubular perimeter membuatnya terlihat sangar. Lekukan tangki dengan guratan pada bagian disamping juga terlihat keren dan gagah. 

Motor ini juga sudah memiliki panel instrumen dengan layar berukuran 4,3 inch dengan 9 lampu peringatan, yang juga dapat memperlihatkan berbagai informasi seperti GPS, daya baterai, jam dan lainnya. 

Energica EsseEsse9+

Untuk memberikan rasa nyaman saat berkendara motor ini dilengkapi suspensi depan Marzocchi Ø43 mm dan adjustable Rebound and Compression Damping, dan bagian belakang, dipasang Bitubo Rear Mono Shock Adjustable Rebound.

Sementara kaki-kaki menggunakan velg berukuran 17 inch dan juga sistem pengereman menggunakan Brembo, Double Floating Disc, Ø330 mm, 4 Pistons Radial Caliper untuk bagian depan, dan Brembo, Single Disc, Ø240 mm, 2 Pistons Caliper bagian belakang. Tak lupa agar lebih maksimal motor ini sudah dilengkapi Anti Lock Braking System (ABS).

Di atas kertas, Energica EsseEsse9+ sudah dibenamkan baterai lithium Polymer dengan daya 21,5 kWh yang sanggup menghasilkan daya hingga 107 Tk dan torsi 207 Nm,

Energica EsseEsse9+2

Dengan tenaga tersebut, motor ini mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 3 detik dan kecepatan maksimum 201 km per jam. Untuk sekali pengecasan jika baterai terisi penuh motor ini bisa menjangkau 420 km. 

Energica Experia

Energica Experia

Energica Experia boleh jadi pembeda dari motor listrik pada umumnya. Jika banyak motor listrik berjenis skuter atau sport lengkap dengan fairing, maka beda dengan yang satu ini, karena mengusung gaya adventure atau touring. 

Menurut Energica, motor ini merupakan nol emisi yang dibuat secara khusus untuk para riders doyan melakukan perjalanan jarak jauh. Motor ini jadi yang pertama di Eropa atau di dunia dengan gaya touring namun bermesin listrik.

Sekilas motor ini mirip dengan motor adventure pada umumnya dengan bentuk besar, desain tameng depan serta windshield seperti Kawasaki Versys Series, BMW G 1200, atau Ducati Multistrada. Namun yang jelas motor ini berbeda.

Energica Experia

Energica Experia juga dilengkapi panel meter dengan layar digital TFT berukuran 5 inci IPS, yang memberikan berbagai informasi kondisi motor mulai dari kondisi kapasitas baterai sampai riding mode. 

Karena digunakan untuk touring motor ini sudah menggunakan suspensi depan ZF Sachs – Ø43 mm, 150mm travel, adjustable preload, extension and compression, sedangkan belakang ZF Sachs – 55mm travel, 150mm wheel travel, adjustable extension and preload.

Adapun untuk pengeremannya Energica Experia sudah menggunakan Brembo, Double Floating Discs, Ø330 mm, 4 Pistons Radial Caliper pada bagian depan, dan Brembo, Single Disc, Ø240 mm, 2 Pistons Caliper untuk bagian belakang. Sistem pengereman Energica Experia juga dilengkapi ABS.

Energica Experia

Untuk kaki-kakinya, motor ini sudah menggunakan velg berukuran 12 inch baik pada bagian depan maupun belakang. 

Untuk jantung pacu, Energica Experia dijejali Permanent Magnet Assisted Synchronous Reluctance Motor (PMASynRM) ditambah baterai  lithium polymer 22,5 kWh, yang sanggup menghasilkan daya 80 Tk pada 7.000 rpm dan torsi 115-900 Nm.

Motor ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 3,5 detik dan kecepatan maksimalnya tembus di angka 180 km per jam. Adapun untuk sekali pengecasan motor ini mampu melaju sejauh 420 km. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor