Barangkali saat ini jarang orang-orang memilih motor sport fairing 250 cc untuk dipakai harian. Tapi rasanya akan setuju jika Suzuki Gixxer SF 250 2023 ini jadi salah satu pengecualian.
Yup, motor sport fairing untuk harian memang banyak yang tak menyukainya. Alasannya tentu karena posisi berkendara yang bikin pegal, tak bisa lincah bermanuver dikemacetan hingga panas mesin yang lebih terasa.
Baca juga : Satu Silinder Sendiri, Duo Rider Suzuki Senang Bisa Geber Suzuki Gixxer SF 250 2022 di Jakarta
Hal lainnya adalah perkara konsumsi BBM yang lebih boros, karena kondisi lalu lintas yang padat dan stop & go. Kemudian rata-rata respon mesinnya cenderung smooth karena punya peak torsi dan tenaga pada putaran mesin tinggi.
Jika memang hal tadi jadi sebabnya, Suzuki Gixxer SF 250 ini justru kebalikannya. Motor tetap lincah, punya posisi berkendara nyaman serta efisiensi BBM dan akselerasinya terhitung gesit.
Meski motor fairing 250 cc identik dengan mesin 2 silinder, tapi motor ini hanya betipe mesin 1 silinder saja. Tapi justru punya efisiensi BBM yang terhitung irit dan hemat untuk dipakai harian.
Kami membuktikannya dengan memakai harian, karakter berkendara normal dan bobot rider 75 kg. Hasilnya bisa mencatatkan angka konsumsi BBM mencapai 34,7 km/liter.
Hasil tersebut merupakan pengukuran dengan metode full to full, menggunakan BBM oktan 92. Sayangnya tak ada indikator kosumsi BBM rata-rata atau real time pada panel meter digitalnya.
Baca juga : Galeri Foto Test Ride Suzuki Gixxer SF 250 2022, Punya Pesona Tersendiri
Nah, dengan kapasitas tangki 12 liter, maka sekali isi BB penuh Suzuki Gixxer SF 250 ini bisa melaju sejauh 416,4 km. Itu pun bisa lebih irit lagi jika dipakai touring dengan kondisi jalan lengang dan kecepatan konstan.
Selanjutnya adalah pembahasan akselerasi dari motor ini, kami menggunakan Racebox, sebagai alat ukur yang berbasis satelit. Pengukuran masih dilakukan oleh rider berbobot 75 kg.
Dan hasilnya untuk mencapai 60 km/jam dari diam, motor ini butuh 3, 37 detik. Kemudian 0-80 km/jam mencatatkan waktu 5,54 detik saja. Lantas 0-100 km/jam hanya butuh 8,97 detik! Sebuah pencapaian yang cukup impresif.
Top speed yang bisa diraih pun terhitung cukup untuk sebuah motor sport touring. Dari data Racebox, motor ini bisa digeber sampai 141,4 km/jam. Namun angka pada spidometer menunjukkan 154 km/jam. Memang ada deviasi antara Racebox dan spidometer namun itu hal yang wajar.
Baca juga : Coba Dulu Baru Percaya, Begini Rasa Berkendara Suzuki Gixxer SF 250 2022
Mesin pun sejatinya masih bisa dipacu lebih cepat lagi, namun terbentur limiter mesin yang hanya mentok 10.000 rpm saja. Limiter mesinnya ini memang terlalu rendah, dan membuat nafas mesin kurang panjang.
Selain menawarkan kenyamanan berkendara khas motor sport touring dan berkat penggunaan setang upper yoke, Suzuki Gixxer SF 250 juga menawarkan efisiensi BBM dan catatan akselerasi yang mumpuni.
Saat ini motor CBU India itu dibanderol dengan harga Rp 51,088 juta on the road Jakarta. Naik dari harga awal yang sudah diangka Rp 49,3 juta. Gimana, tertarik menebusnya?
Baca juga : Suzuki Gixxer SF 250 2022, Kejutan Akhir Tahun Yang Dipuja dan Dibenci
Spesifikasi Suzuki Gixxer 250 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.010 x 740 x 1.035 mm | |
Sumbu Roda | 1.345 mm | |
Jarak Terendah | 165 mm | |
Tinggi Jok | 800 mm | |
Kapasitas Tangki | 12 liter | |
Berat Isi | 161 kg | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, SOCS | |
Kapasitas | 249 cc | |
Diameter x Langkah | 76 x 54,9 mm | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi | |
Transmisi | Manual 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 26,5 PS @ 9.300 rpm | |
Torsi Maksimal | 22,2 Nm @ 7.300 rpm | |
Kaki-Kaki | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Ban Depan | 110/70-17 | |
Ban Belakang | 150/60-17 | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS |