Anak muda atau Gen Z saat ini menjadi salah satu pengguna sepeda motor yang cukup banyak di Indonesia. Tunggangannya pun beragam, mulai dari skuter matic dengan berbagai tipe, motor bebek hingga sport.
Hal ini membuat pilihan oli yang dibutuhkan makin spesifik. Kondisi tersebut disadari PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) melalui lini merek Federal Oil yang menghadirkan beragam pilihan pelumas untuk motor kawula muda.
Tak tanggung, ada delapan pelumas Federal Oil yang ada di pasar saat ini. Lewat beragam pilihan tersebut, merek ini sukses merebut penghargaan pada ajang Youth Choice Award 2023 untuk kategori Motorcycle Lubricants. Penyerahan penghargaan yang diadakan pada hari Jumat (10/3/2023) di Jakarta.
Kategori tersebut hadir dari pengguna kendaraan roda dua, khususnya para anak muda atau Generasi Z (Gen Z). Gen Z merupakan digital native pertama yang lahir pada rentang tahun 1995-2010 dan diprediksi menjadi sebuah pasar yang besar, baik untuk masa kini dan masa yang akan datang.
Baca Juga: Delapan Varian Federal Oil Punya Kemasan Baru, Lebih Ramah Lingkungan dan Cegah Pemalsuan
Pemenang Youth Choice Award 2023 tersebut dipilih melalui online voting. Para Gen Z menjadi penentu merek mana yang akan sukses di pasar. Sebagai digital native, pemilihan dari Gen Z di dunia online begitu besar dan kuat.
"Kami bersyukur dan berterima kasih karena produk kami dipilih dan diingat oleh generasi yang pasarnya sangat besar saat ini, dan juga mendapat perhatian karena mengerti kebutuhan mereka dalam berkendara," kata Rommy Averdy Saat, Federal Oil Brand General Manager PT EMLI.
Dirinya menambahkan jika pendekatan yang dilakukan terhadap Gen Z membutuhkan proses panjang dan didukung dengan survey internal secara konsisten. Tujuannya adalah untuk menentukan pola komunikasi yang sesuai dengan momen dan ketertarikan anak muda saat ini.
Baca Juga: Federal Oil Lanjut, Tahun Depan Gresini Racing Team Masih Berbau Indonesia
Berbagai aktivitas yang melibatkan anak muda sepanjang tahun 2022 lalu pun sering dilakukan. Diantaranya mengajak nonton langsung perhelatan MotoGP di Mandalika dan Jepang. Lalu berkolaborasi dengan salah satu brand fashion lokal untuk mengeluarkan beberapa apparel terbatas.
Bahkan juga menghadirkan official store di marketplace yang saat ini pembeli tertingginya berasal dari anak muda.
Dari deretan produk yang dimiliki Federal Oil pun terbilang komplet dan sesuai kebutuhan jenis kendaraan harian yang digunakan oleh para pengguna sepeda motor tanah air saat ini, seperti motor matic hingga sport. Termasuk pelumas di transmisi CVT.
"Hasil ini akan kami jaga, dan tentunya akan menjadi pemacu bagi Federal Oil untuk terus konsistendan lebih baik lagi dalam menghadirkan program dan komunikasi yang engage, tidak hanya bagi Gen Z yang memang pasarnya sangat besar, namun generasi lainnya yang juga membutuhkan pelumas berkualitas untuk kebutuhan kendaraannya," tutup Rommy.