Hunter Motorcycles tipe Scrambler SK500 jadi salah satu line up favorit dari merek asal Autralia ini. Karena dengan harga di bawah Rp 200 juta sudah bisa mendapatkan motor sport naked dengan konsep retro modern yang keren.
Apalagi saat ini dealernya terus diperbanyak, di Jakarta sendiri sudah ada 1 dealer Hunter Motorcycles di bilangan Sunter, Jakarta Utara. Dengan begitu para penggemar sepeda motor di bilangan Jabodetabek bisa lebih dekat dengan motor ini.
Tim AutoFun Indonesia pun sudah berkesempatan menjajal motor satu ini dan dapat merangkum 5 hal yang menarik dari Hunter Scrambler SK500.
Hampir semua orang yang melihat motor satu ini setuju kalau desain dari Hunter Scrambler SK500 cukup keren. Mengusung konsep retro modern, sekilas seperti keluarga Neo Sport Cafe dari Honda.
Baca juga: Hadir di Jakarta, Hunter Motorcycles Boyong 6 Model, Harga Mulai Rp 80 Jutaan
Selain bodi utama, ada beberapa aksen aluminium yang disematkan pada motor ini. Seperti pada cover lampu utama, cover kanan dan kiri radiator, dan ada cover rangka belakang yang cukup memberi kesan layaknya motor custom yang dibuat handmade.
Di depan terlihat gagah berkat suspensi upside down jenjang dipadu dengan double disc brake, sedangkan yang belakang pakai single side swing arm dan knalpot dual output.
Mudguard yang terpasang secara kokoh pada swing arm pun disematkan untuk menahan cipratan lumpur kotoran. Desain bodi belakang minimalis dengan lampu rem ngumpet di bawah jok tebalnya.
Sektor kaki-kaki jadi salah satu yang membuat tampilan Scrambler SK500 ini gagah. Depan pakai upside down full adjustable dari KYB dengan paduan double disc brake dan lingkar roda 19 inci.
Baca juga: 132 Moge Hunter Disiapkan Korlantas Polri Untuk Ujian SIM C1
Kaki-kaki belakang dilengkapi dengan single arm atau single side swing arm yang juga menggunakan suspensi dari KYB, tapi hanya terdapat setelan preload dan rebound saja.
Roda belakang pakai lebar 4,5 inci dengan balutan ban 150/70-17 yang gambot. Kedua rodanya menggunakan Pirelli Scorpion Rally STR yang khas akan tapak dual purpose.
Meski peleknya jari-jari, tapi pelek berlabel Akront ini sudah tubeless. Ini karena posisi jari-jarinya yang ada di sisi pinggir pelek, dengan begitu sisi tengah pelek tidak ada lubang untuk jari-jari.
Kesan modern bisa didapatkan dari penggunaan LED di seluruh lampu penerangannya. Di lampu utama terdapat DRL di tengah dengan efek kristal dan emboss bertuliskan Hunter yang mewah.
Baca juga: Keren, Hunter Scrambler SK500 Bakal Jadi Unit Tes SIM CI
Keempat lampu sein juga LED yang mungil namun terang. Lampu rem dilengkapi dengan standby lamp yang minimalis dan mewah. Oia lampu pelat nomor pun sudah pakai LED yang terang.
Motor sport naked pada umumnya dibekali dengan tangki bensin berkisar di angka 15-18 liter, namun beda dengan Hunter Scrambler yang bisa menampung bensin hingga 20 liter.
Tentunya ini akan sangat membantu dan bermanfaat ketika dipakai bepergian jauh, dengan sekali isi penuh maka bisa melaju lebih jauh tanpa sering mampir ke stasiun pengisian bahan bakar kembali.
Jantung penggerak motor ini menggunakan mesin 471 cc 2 silinder segaris, DOHC, 8 katup, pendingin cairan, dan 6 percepatan. Klaim tenaga puncaknya cukup besar, mencapai 49,6 ps dan torsi maksimal 44 Nm.
Tidak butuh putaran tinggi dan gas terlalu dalam kalau hanya untuk sekadar menyalip atau menaklukkan tanjakan. Meski begitu Scrambler SK500 masih nyaman digunakan untuk cruising santai, tidak ada sentakan berlebih dari mesin ketika berjalan di rpm rendah.
Suhu panas yang dihasilkan mesin juga masih dalam batas wajar, hembusan ke kaki pengendara hanya terasa hangat ketika dipakai merayap di kemacetan.