Selain motor listrik baru, pemerintah juga menggelontorkan insentif sebesar Rp7 juta untuk konversi. Subsidi diberikan bagi mengguna motor bermesin bensin yang diubah jadi motor listrik.
Meski demikian, diumumkan juga jika tidak semua motor konversi dapat subsidi. Salah satunya Vespa tua. Tapi ternyata tahun pembuatan tak berpengaruh lho.
Seperti dijelaskan Devi Laksmi, Koordinaror Pengembangan Usaha Konservasi Energi Kementerian ESDM.
Menurut Devi, salah satu persyaratan teknis untuk mendapat insentif konversi adalah motornya yang harus laik jalan.
Baca Juga: Ingat, Padamkan Baterai Motor Listrik Terbakar Butuh APAR Khusus!
Dijelaskan pula oleh Devi, semua motor listrik konversi akan dilakukan uji tipe oleh pihak Kemenhub.
"Ini untuk menghindari unit bodong yang datang. Jadi nggak bisa kalau cuma bawa sasis saja, atau motor yang kondisinya mangkrak," ucapnya.
Kelengkapan laik jalan sendiri menyesuaikan uji tipe. Sehingga sejumlah persyaratan seperti posisi lampu, sorot lampu dan sebagainya turut dites.
Setelah lolos, ada proses SRUT baru kemudian bisa dapat STNK. Vespa tua pun bisa mendapat insentif selama memenuhi persyaratan laik jalan.
Sebab bukan usia yang jadi patokan. Melainkan kondisi bawaannya yang belum dilengkapi sein standar. Sehingga tidak bisa mendapat insentif.
Selain itu ada syarat administratif untuk mendapatkan insentif. Sehingga surat-surat kendaraan harus sesuai dengan KTP pemohon.
"BPKB dan STNK harus sama dengan KTP. Tidak dibatasi jumlahnya, mau satu KTP untuk dua atau tiga motor bisa. Karena ditujukan untuk perseorangan," ucapnya saat Autofun temui.
Menurutnya, motor yang diajukan untuk subsidi konversi pun wajib taat pajak. "Motor yang terkena denda tilang dan nunggak pajak nggak boleh (dapat insentif)," pungkas Devi.
Baca Juga: Motor Listrik Kymco iONEX Hadir di Indonesia, Siap Dijual Umum?
Salah satu bengkel konversi yang kerap memodifikasi Vespa tua menjadi motor listrik adalah Elders Garage.
Bengkel tersebut hadir lewat produk konversi siap pakai berjuluk Elders Elettrico. Produk konversi kit tersebut juga tersedia untuk Vespa tua.
Meski begitu, pihak Elders Garage mengakui jika spesifikasi konversi kit yang ditawarkannya belum bisa memenuhi syarat untuk mendapat insentif tersebut.
Bukan karena Vespa tuanya yang tak laik jalan, karena perlengkapan seperti sein dan spion bisa dipasang custom.
Namun ini karena motor listrik yang ditawarkan berdaya 1,2 kW. Sedangkan dalam regulasi itu disebut minimal daya pada motor listrik bersubsidi di angka 2 kW.
So, asal sudah memenuhi syarat, Vespa tua listrik tetap bisa dapat subsidi ya.