Benelli di Indonesia saat ini hampir main di semua tipe motor, dari sport fairing, sport naked, cruiser, matic, sampai motor listrik.
Tidak sampai di situ, pabrikan satu ini terus melakukan riset untuk tipe-tipe baru lainnya, yang bahkan dibocorkan oleh Steven Kentjana Putra, Presiden Direktur PT Benelli Motor Indonesia (BMI).
Ya meskipun bocoran tersebut tidak terlalu spesifik, karena hanya sebatas di area mesin tapi tetap menarik disimak.
Dirinya mengatakan kalau saat ini sedang melakukan riset untuk produk terbarunya, akan menggunakan mesin 250 cc 4 silinder, wow!
Itu berarti akan main di ‘pasar’ yang mungkin sama dengan Kawasaki Ninja ZX-25RR.
“Tolong doain aja, 7 bulan ini saya sedang develop mesin 4 silinder 250 cc, ya saya following Kawasaki, coming soon-lah."
"Semoga sudah bisa saat GIIAS 2023 atau bulan Desember,” tandasnya.
Baca juga: Benelli BKX 250 S 2023, Street Fighter Sangar Penantang Yamaha MT-25 2023
Menurut Steven, suaranya gak akan melengking karena dirinya ingin Benelli ini harus punya warna sendiri.
"Harga pasti di bawah Kawasaki, karena pricing sangat sensitif walaupun mungkin banyak orang bilang ini gila, karena volume di kelas ini gak ada,” rincinya beberapa waktu lalu.
Jika tarik mundur ke belakang, sebenarnya Benelli pernah memproduksi motor 250 cc 4 silinder.
Tapi saat itu masih menggunakan teknologi yang tidak secanggih sekarang, karena hanya beredar pada tahun 1977 hingga 1984 saja.
Kala itu diberi nama Benelli 254 Quattro, beda dengan mobil di mana quattro yang artinya penggerak 4 roda, di Benelli ini quattro menunjukkan kalau motor ini menggunakan mesin 4 silinder.
Desainnya unik karena bodinya seolah menyatu dari depan hingga belakang atau biasa disebut unibody.
Ini karena tangki bensinnya yang terbuat dari bahan plastik ngumpet di dalam bodi utamanya.
Baca juga: Benelli Day 2022 Sukses Digelar, Hari Lebarannya Para Pengguna Benelli!
Bahkan gak hanya bodi, tapi tabung minyak rem juga berada di dalam bodi sehingga membuat area setang lebih clean, apalagi spidometer juga dibuat menempel di sisi atas bodi.
Spesifikasi mesinnya menggunakan kombinasi diameter piston 44 mm dengan panjang langkah 38 mm, ini membuat kapasitas murni mesinnya menjadi 231,4 cc.
Aliran udara yang dihisap dari 4 buah karburator Dell’Orto 18 mm dengan mematok perbandingan kompresi 11,5:1.
Dengan spesifikasi tersebut, mesin ini klaimnya punya tenaga puncak 26,8 ps pada 10.500 rpm dengan limiter mencapai 15.000 rpm.
Konfigurasi knalpotnya 2-1, artinya dari 2 silinder kemudian menjadi 1 silencer sehingga terdapat 2 silencer kanan dan kiri dengan finishing chrome yang kinclong.
Karena sudah pernah membuat mesin 250 cc 4 silinder, tentunya untuk membangun kembali motor dengan mesin yang mirip mungkin jadi tidak terlalu sulit. Cukup bumbui dengan teknologi modern lainnya.
Semoga cepat meluncur!