PT Ilectra Motor Group (IMG) nampak serius menggarap pasar motor listrik di Indonesia, lewat merek Alva, dan terbaru adalah Alva Cervo.
Setelah debut pada Agustus 2022 lalu dengan model Alva One (Spesifikasi | Berita), akhir pekan kemarin (27/5/2023) di Jakarta, mereka mengenalkan produk keduanya itu.
Berbeda dengan Alva One yang mengusung konsep daily comfort, maka Alva Cervo membawa konsep daily performance.
Dari konsep itu jelas performa ingin jadi bagian yang dtonjolkan oleh Alva pada motor listrik terbarunya itu.
Apalagi motor listrik ini ada tombol boost yang bekerja seperti NOS, untuk membuat motor bisa melesat lebih cepat.
Dilepas dengan harga Rp 37,750 juta dengan sebuah baterai dan Rp 42,750 juta dengan dua buah baterai, harga tersebut on the road Jakarta.
Lantas seperti apa spesifikasi dan daya tarik dari Alva Cervo yang sudah dirakit lokal di Cikarang?
Untuk bisa mengejar performa yang lebih baik pihak IMG melakukan terobosan dengan tak mengusung motor penggerak di tromol atau hub.
"Kami pakai mid drive untuk mencapai performance yang kami inginkan dan tenaganya lebih dapat," ujar Rahmat Septriwan, Chief Operatin Officer & Chief Engineer IMG.
Dengan posisi motor penggerak mid drive, maka penyaluran tenaga menuju roda ditransfer melewati pulley.
"Kemudian dari pulley itu kita juga ada reduction gear di belakang," sambungnya.
Alva sendiri menyebut teknologinya itu dengan Two Step Reduction, dengan keunggulan lainnya lebih kuat untuk tanjakan.
Baca juga : Mulai Rp 500 Ribuan, Segini DP dan Angsuran Motor Listrik Alva Cervo
"Dari hasil pengetesan Alva Cervo ini bisa melewati tanjakan dengan kemiringan hingga 17 derajat," beber Rahmat.
Output yang mampu dihasilkan mencapai 13,3 PS dengan torsi sebesar 53,5 Nm yang bisa dirasakan secara instan.
Kecepatan yang bisa diraih yakni 103 km/jam, lebih dari cukup untuk penggunaan harian di kota yang padat bukan?
Alva Cervo menggendong baterai tipe lithium berdaya 73,8V 24 Ah (1.8 kWh) yang mampu membawa Alva Cervo menjelajah sejauh 125 km dengan sepasang baterai.
Baterai Alva Cervo pun sudah lebih ringkas dan ringan, dengan bobot 12 kg saja, dengan waktu pengisian sampai empat jam.
Penempatan kedua baterai pun berada di tulangan tengah motor, sehingga bisa mendapatkan pusat gravitasi yang lebih baik.
Dengan penggunaan mid drive motor, Alva Cervo juga mendukung untuk diberikan tombol boost yang bekerja seperti NOS pada mobil-mobil drag.
Fitur ini memungkinkan tambahan performa yang bisa dipakai pada saat tertentu, misal hendak mendahului kendaraan di depan.
Tombol boost berwarna biru yang terletak di bawah switch riding mode bisa dipakai hanya pada riding mode Sport.
Pengendara cukup menekan tombol boost saja sambil motor melaju, dan motor akan terasa lebih narik lagi.
Riding mode Alva Cervo sendiri ada tiga yakni Eco, Urban dan Sport yang bisa dipilih hanya dengan menggeser tuas saja.
Pada mode Eco motor bisa dipacu sampai 60 km/jam, lalu Urban maksimal 90 km/jam dan Sport sampai 103 km/jam.
Alva Cervo telah dilengkapi dengan penyempurnaan teknologi yang terintegrasi melalui aplikasi My Alva.
Pada aplikasi My Alva kini ada fitur-fitur digital yang lebih advanced, di antaranya theft prevention untuk mencegah terjadinya pencurian.
Lalu fall down alert, fitur yang berfungsi untuk menginformasikan jika motor terjatuh.
Kemudian fitur geofencing alarm yang berfungsi untuk menginformasikan jika motor berjarak lebih dari 50 meter dari pengguna dan fitur lainnya.
Kenyamanan pengendara ditunjang dengan fungsi pengisian daya ponsel melalui port USB dengan arus 2,1 A.
Kompartemen bagasi di bawah jok memberi ruang untuk penyimpanan barang.
Baca juga : Resmi Dirilis, Motor Listrik Alva Cervo Dilepas Mulai Rp 37 Jutaan
Kompartemen baterai dan bagasi dapat dibuka secara terpisah melalui tombol pada kontak yang sudah keyless.
Jika Alva One yang disebut produksi lokal namun banyak kembaran asal Cina, maka berbeda dengan Alva Cervo yang diklaim murni pengembaran sendiri.
"Kami jamin Alva Cervo ini bukan produk rebadge dari Cina, kami kembangkan bersama tim R&D mulai dari styling dan teknisnya," lanjut Rahmat.
Motor listrik ini disebut mengusung desain yang dirancang oleh desain asal Italia, dan memang beberapa detailnya identik.
Misalnya lampu depan LED Projector dengan total 10 buah, yang dibuat masing-masing sisinya bertumpuk lima buah.
Tiga lampu teratas menyala sebagai lampu depan dan dua lampu bawah untuk lampu jauh.
Melongok buritan kalian akan mendapati desain lampu belakang ala supercar Lamborghini dengan Y shape yang khas.
Masing-masing sisi memiliki dua lampu Y Shape tadi sebagai lampu kota dan signature, sementara ketika rem ditarik bagian tengah akan menyala.
Melongok area kaki-kaki pun sama istimewanya, desain pelek palang 5 yang bercabang pada bibir pelek menguatkan kesan sporty.
Terlebih pelek belakang sangat terbuka lantara motor ini menggunakan lengan ayun tunggal, dengan rem cakram berada di sisi dalam pelek.
Sebagai sentuhan akhir, karet bundar yang dipakai berukuran gambot, yakni 110/80-14 dan 140/70-14 dengan vendor dari IRC.
Alva merupakan merek motor listrik besar yang ada di Indonesia, Alva Cervo sendiri jadi produk yang lebih baik dari pendahulunya baik secara teknologi juga performanya.
Build quality pun harus diakui jauh lebih baik ketimbang Alva One, misal potongan bodi lebih rapi hingga cat yang lebih halus dan rata.
Apalagi dengan harga jual yang relatif mirip dengan Alva One, rasanya Alva Cervo akan jadi motor listrik idola baru di Indonesia.
Spesifikasi Alva Cervo | ||
---|---|---|
Dimensi (PxLxT) | 1.933 x 713 x 1.115 mm | |
Sumbu Roda | 1.343 mm | |
Jarak Terendah | 140 mm | |
Tipe Motor | Mid drive | |
Tenaga Maksimal | 13,3 PS (9,8 kW) | |
Torsi Maksimal | 53,5 Nm | |
Tipe Baterai | Lithium | |
Kapasitas Baterai | 73,8 V 24 Ah (1.8 kWh) | |
Waktu Pengisian | 4 jam (2 baterai) | |
Ban Depan | 110/80-14 | |
Ban Belakang | 140/70-14 | |
Rem Depan | Cakram, CBS | |
Rem Belakang | Cakram, CBS | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Monosok |