Alasan Konversi Motor Listrik Masih Sepi Peminat, Terlalu Mahal?

Motor listrik hasil konversi
  • Banyak yang belum tahu manfaatnya.
  • Infrastruktur dirasa belum memadai.

Untuk menggencarkan program konversi motor bermesin bensin ke listrik, saat ini pemerintah sudah menawarkan insentif khusus, namun masih sepi peminat.

Padahal insentif yang diberikan tak tanggung, peserta program konversi bakal disubsidi hingga Rp 7 juta. Biaya ini diberikan pasca motor dikonversi oleh bengkel yang telah tersertifikasi.

Meski terkesan menggiurkan, nyatanya belum banyak masyarakat yang berminat mengganti sumber penggerak motor bensinnya. 

"Sampai saat ini baru sekitar 330-an unit yang terdaftar," ucap Senda Hurmuzan Kanam, Kepala Balai Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan dan EBTKE Kementerian ESDM.

Dirinya yang ditemui Autofun pada sela acara Media Gathering Konversi Motor Listrik di Jakarta Rabu (7/6/2023) menyatakan jika program ini sebenarnya memberi banyak manfaat.

Baca Juga: Konversi Motor Bensin ke Listrik Disubsidi Rp 7 Juta, Ini Bengkel Rekomendasinya

Menekan Emisi dan Pengeluaran BBM

Untuk segi manfaat ke pengguna motor listrik konversi diantaranya mengurangi pengeluaran bahan bakar minyak. 

Dari hitungan rata-rata, konsumsi bensin yang dikurangi bisa mencapai 355 liter per tahun. 

Pasca konversi motor akan dites

Ini artinya konsumen minimal bisa menabung Rp 3,55 juta tiap tahun untuk pengeluaran bensin jenis Pertalite. Biaya ini tentu bisa bertambah jika jenis bensin yang dikonsumsi lebih mahal.

Selain itu, dari segi lingkungan ada penurunan emisi CO2 sebesar 0,64 ton per tahun. Efek ini akan makin besar jika peserta konversi lebih banyak.

Pemerintah sendiri menargetkan akan ada 6 juta motor listrik konversi dari total 150 juta motor yang beredar di Indonesia pada 2025 nanti.

Konversi Motor Listrik Gerakan Ekonomi

Di sisi lain, konversi ini juga disebut bisa menggerakan perekonomian kerakyatan. Termasuk UMKM seperti bengkel atau workshop lokal.

Sebab secara detail, produk konversi kit untuk mengalihkan sumber penggerak sudah harus memiliki TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebesar 40 persen.

Motor yang sudah dikonversi.

Selain itu, bengkel atau workshop yang sudah bersertifikasi untuk menggarap konversi ini sudah mencapai 24 buah. "Jumlah ini akan terus meningkat untuk mengejar target konversi tersebut," ucap Senda.

Baca Juga: Alva Cervo Jadi Motor Listrik yang Punya NOS, Cek 5 Hal Menariknya!

Harga Baterai Konversi Motor Listrik Mahal

Minimnya minat masyarakat diakui Senda karena biaya konversi masih terbilang tinggi, sekitar Rp 17 jutaan.

Sehingga masyarakat masih butuh menyiapkan dana hingga Rp 10 juta diluar motor untuk konversi tersebut. Dengan catatan, persyaratan insentif konversinya diterima.

"Mahalnya biaya dikarenakan harga baterainya yang memang tinggi. Sehingga kami tengah menunggu adanya investor untuk menyiapkan skema baterai swap (tukar pakai)," urainya. 

Dengan skema baterai swap, pengguna tak perlu membeli baterai penuh. Cukup menukarkan saja, seperti sistem yang dijalani pemilik tabung gas. 

Bisa memakai beragam baterai

Bisa juga sistem trade in seperti yang dilakukan PLN. Hal ini menurutnya bisa membuat biaya konversi lebih murah.

Infrastruktur Masih Kurang

Tak dipungkiri juga jika infrastruktur pendukung motor listrik masih sangat kurang di Indonesia. Efeknya masyarakat masih enggan memakai motor listrik.

Terutama untuk pengguna jarak jauh, atau yang berada di luar wilayah kota. 

SPBKLU masih kurang banyak

Dari data yang dihimpun Kementerian ESDM, hingga April 2023 baru ada 842 unit SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Indonesia) di 488 lokasi.

Sementara SPBKLU (Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum) baru berjumlah 1.331 unit di 1.282 lokasi.

Meski demikian, angka tersebut juga dikatakannya akan terus bertambah.

So, tunggu saja ya.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor