Di penghujung tahun 2023 PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) melengkapi line up produk dengan menghadirkan sport-cruiser, Kawasaki Eliminator 2024.
Motor ini hadir dalam tipe standar warna Pearl Robotic White yang dibanderol Rp 165,9 juta OTR Jakarta.
Dan tipe SE yang punya harga jual Rp 169,9 juta OTR Jakarta dengan pilihan warna Metallic Matte Carbon Gray / Flat Ebony.
Baca juga: Kawasaki Z7 Hybrid Usung Mesin Eliminator, Bakal Masuk Indonesia?
Jika menelisik dari sejarahnya, Eliminator pertama kali diproduksi pada tahun 1985 dengan kapasitas mesin 900 cc memang sudah bergaya cruiser yang khas.
Selanjutnya terus berkembang dengan ubahan dari segi desain juga kapasitas mesin.
Bahkan di Indonesia sendiri pernah hadir Kawasaki Eliminator 175 di tahun 2000-an dan sempat menjadi salah satu motor turing favorit.
Kesan medium sport-cruiser pada Eliminator 2024 cukup terasa berkat penggunaan roda depan gambot.
Pakai ukuran 130/70-18 dan yang belakang 150/80-16 dengan desain pelek klasik palang 10 lurus.
Kaki-kaki gambotnya usung suspensi depan teleskopik berdiameter as 41 mm, sedangkan yang belakang pakai sepasang suspensi dilengkapi setelan spring preload.
Kemudian ciri sport-cruiser disuguhkan dengan posisi duduk rendah 735 mm namun dengan letak setang tinggi.
Tapi di Eliminator 400 ini tidak mengadopsi forward control yang artinya posisi footstep tetap berada di tengah bukan di depan.
Kabarnya penetapan letak posisi footstep di tengah ini berhubungan dengan handling yang lebih controllable pada Eliminator 2024.
Bicara handling motor ini punya bobot 177 kg pada tipe SE dan tipe standar 176 kg.
Baca juga: Kawasaki Kenalkan Ninja 500 dan Z500 2024, Pakai Mesin Generasi Baru!
Untuk fitur Eliminator 2024 sendiri sudah menggunakan LED di seluruh lampu penerangannya.
Kemudian ada spidometer digital yang bisa tersambung ke smartphone, penyematan ABS di kedua roda, dan masih banyak lagi.
Tipe mesin yang digunakan pada Eliminator terbaru ini mengadopsi dari milik Ninja 400 dan Z500.
Hanya saja mengalami peningkatan langkah sebanyak 6,8 mm dari yang mulanya 51,8 mm menjadi 58,6 mm tapi tetap dengan diameter piston 70 mm.
Dengan begitu kapasitas murni mesin ini 451 cc dengan rasio kompresi 11,3:1.
Klaimnya mesin terbaru ini punya tenaga maksimal 52 ps di 10.000 rpm dan torsi maksimal 42,6 Nm pada 7.500 rpm.
Untuk ulasan lengkapnya, bisa langsung tonton video lengkapnya di bawah ini.
Spesifikasi Kawasaki Eliminator 2024 | ||
---|---|---|
Jenis mesin | 2 silinder segaris, 4 tak, DOHC, 8 katup, pendingin cairan | |
Tenaga maksimal | 52 ps @10.000 rpm | |
Torsi maksimal | 42,6 Nm @7.500 rpm | |
Kapasitas mesin | 451 cc | |
Bore x stroke | 70 x 58,6 mm | |
Rasio kompresi | 11,3:1 | |
Diameter throttle body | ø32 mm x 2 | |
Transmisi | 6 percepatan | |
Kopling | Manual, lempengan basah | |
Tipe rangka | Tralis, high-tensile steel | |
Suspensi depan | Teleskopik ø41 mm, travel 120 mm | |
Suspensi belakang | Ganda, travel 90 mm | |
Rake / trail | 30° / 121 mm | |
Roda depan | 130/70-18 M/C 63H | |
Roda belakang | 150/80-16 M/C 71H | |
Rem depan | Cakram tunggal ø310 mm, kaliper 2 piston | |
Rem belakang | Cakram tunggal ø240 mm, kaliper 2 piston | |
P x L x T | 2.250 x 785 x 1.140 mm (SE), 2.250 x 785 x 1.100 mm (STD) | |
Jarak sumbu roda | 1.520 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 150 mm | |
Tinggi tempat duduk | 735 mm | |
Berat isi | 177 kg (SE), 176 kg (STD) | |
Tangki bensin | 13 liter |