Rambut Tipis di Ban Motor Baru Perlu Dicukur? Ini Jawabannya

Tapak ban baru selalu dilengkapi dengan rambut-rambut tipis
  • Fungsinya cukup penting dalam proses pembentukan ban.
  • Tidak memengaruhi performa ban.

Ban menjadi salah satu komponen penting untuk keselamatan pengendaranya, kenapa begitu? Tentu saja karena ban jadi satu-satunya komponen yang menghubungkan motor dengan aspal atau jalanan.

Jadi kalau kondisi ban sudah tidak bagus seperti karet mulai keras atau sudah menyentuh batas TWI (Tread Wear Indicator), tentunya berpengaruh dengan handling motor yang menjadi sulit dikendalikan sampai rawan terjadi kecelakaan akibat minim traksi.

Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran ban dengan lebar pelek dan motor kalian. Pasalnya, ini juga berpengaruh terhadap handling, dan kalau pun ingin upsize direkomendasikan hanya 1 tingkat dari ukuran standar.

Nah tiap kali membeli ban baru, kalian perhatikan gak sih kalau ban sepeda motor baru pasti memiliki rambut pada tapak bannya? Lantas, apa yang perlu dilakukan pada rambut-rambut tersebut setelah membeli ban baru?

Fungsi Penting

Usut punya usut, ternyata rambut-rambut tipis pada tapak ban ini merupakan hasil dari proses produksi ban saat di pabrik.

Peran rentetan rambut tipis pada tapak ban ini juga gak bisa dianggap sepele. Dikarenakan menentukan tentang kerapihan bentuk ban saat dimasak atau curing.

Baca juga: Mesin Yamaha Lexi LX 155 2024 lebih Gres, Aerox dan NMax kudu Sungkem!

Rambut tipis terbentuk dari lubang kecil pada moulding sebagai jalur keluarnya udara | Beautiful Work

"Jadi prosesnya ban ini kan tadinya karet lembaran, kemudian dimasak di molding dengan suhu tinggi dan dipres bertekanan tinggi. Hasil dari pertemuan bahan karet dan moulding berbahan besi ini menghasilkan udara."

"Nah disinilah tugas penting dari rambut atau vent hole ini yang menjadi jalur keluarnya udara selama proses pemasakan, ibaratnya kalau badan masuk angin gak enak kan kembung, ini juga yang terjadi di ban, kalau gak ada ini nanti gak rapih cetakan bannya saat di press," rinci Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk produsen ban IRC. 

Perlakuan Terhadap Ban Baru

Lalu, apa yang perlu dilakukan pada rambut-rambut tipis tersebut ketika baru membeli ban? Ternyata tidak ada perlakukan khusus, cukup dibiarkan hingga rambut-rambut tersebut hilang dengan sendirinya sembari bergesekan dengan aspal.

Menurut Dodiyanto, keberadaan rambut-rambut tipis ini toh tidak berpengaruh terhadap performa ban.

Baca juga: Tren modifikasi Vespa 2024, Upgrade Performa dan Tampilan Retro

Gak perlu dicukur, biarkan rambut pada tapak ban hilang dengan sendirinya

"Biarkan aja hilang sendirinya, malah bisa buat tanda kan kalau pakai ban baru, hahaa… Karena memang secara teknis rambut ban ini gak ada pengaruhnya, termasuk gak bikin ban licin," sahut Dodiyanto.

"Semua ban motor yang kami produksi dan jual sih tidak ada yang dicukur ya rambut di ban ini, kecuali memang kebutuhannya buat pameran barulah kami potong biar enak dilihatnya,” terang pria dengan centang biru di Instagram pribadinya ini.

Yang perlu dilakukan saat baru mengganti ban justru bukan soal rambut-rambut tipis ini, tapi mengadaptasi ban baru dengan cara jalan perlahan.

Ini karena saat proses produksi banyak sekali cairan kimia yang digunakan agar hasil ban sempurna dan tidak lengket saat proses pencetakan, makanya perlu membuat ban beradaptasi dengan kontur jalan selama beberapa saat setelah memasang ban baru.

Baca juga: Test Ride Suzuki V-Strom 250 SX 2024, Idola Baru Buat Touring?

"Jadi, ada cairan kimia yang disemprotkan saat moulding atau pencetakan biar gak lengket saat dimasak temperatur tinggi, tapi itu tipis kok. Buat bersihinnya cukup cuci bersih ban pakai air sabun."

"Cara lain ya jangan digeber dulu lah, dipakai berkendara santai aja. pokoknya jangan langsung gaspol apalagi ngebut sampai 80-100 km/jam deh. Proses ini gak lama kok, paling beberapa kali putaran rotasi roda juga udah aman," tutupnya.
 

Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Yamaha Lexi terbaru menggunakan kapasitas mesin serupa Yamaha Aerox dan Yamaha NMax Perancangannya identik dengan mesin NMax Yamaha Lexi LX 155 memiliki power to weight ratio lebih baik Sempat dianak tirikan, motor ini sekarang bertransformasi dengan sederet perubahan. Satu diantaranya adalah mesin baru yang kini digendong oleh Yamaha Lexi LX 155. Bukan lagi 125 cc, mesin yang digunakan Lexi LX sekarang berkapasitas 155 cc. Tentunya pula sudah berteknologi Bluecore dan Variable Valve Actuation (
Mesin bakal dioprek. Bagasi berisi komponen tambahan. Tampilan retro bergaya 80's-90's naik daun. Selain sebagai alat transportasi, Vespa juga kerap menjadi motor yang menunjang gaya hidup pemiliknya. Jarang terlihat standar, pemilik skuter merek Italia itu kerap memberikan sentuhan modifikasi. Dari modifikasi ringan hingga berat yang sampai merubah part internal mesin serta mengganti warna motor kerap dilakukan. Dennil Sagita, pendiri Scooter VIP menyebut jika gaya balap dengan konsep 80's-90's
Harga paling murah dikelasnya. Fiturnya pas. Performa mesin memuaskan. Tak disangka-sangka, Suzuki V-Strom 250 SX 2024 mendapatkan respon positif dari konsumen Indonesia. Padahal motor ini berstatus CBU dari India, yang biasanya konsumen sini langsung merasa desainnya tak cocok. Tapi beda cerita kala motor ini muncul pertama kalinya tahun 2022 lalu, responnya positif lho. Yup, sebagai motor sport touring adventure Suzuki V-Strom 250 SX ini punya desain yang gagah. Apalagi harganya bersahabat, cu
Kredit Yamaha Gear 125 bisa sangat terjangkau Yamaha Gear 125 dijual mulai Rp 18.205.000 Dikenal kuat nanjak dan irit. Seberapa besar cicilan juga uang muka Yamaha Gear 125 2024, jadi yang sering dipertanyakan masyarakat saat membeli skuter matik tersebut secara kredit. Maklum, lebih dari 70 persen konsumen yang membeli kendaraan, khususnya sepeda motor, memang dominan kredit. Terlebih Yamaha Gear 125 termasuk skuter matik yang cukup digemari karena desain dan performanya yang bandel. Belum lagi
Dimensi dan kapasitas top box disesuaikan dengan dimensi EM1 e:. Handlebar bag bisa juga digunakan untuk tas selempang. PT Astra Honda Motor (AHM) akhir tahun 2023 telah secara resmi menjual motor listriknya dengan nama Honda EM1 e:. Motor ini hadir dalam tipe standar dengan harga subsidi Rp 33 juta dan tipe Plus seharga Rp 33,5 juta. Pada tipe Plus bedanya sudah dilengkapi dengan rear carrier atau bracket box karena memang AHM menyediakan top box yang dijual secara terpisah. Pasalnya memang rua

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor