Honda Stylo 160 mengusung tema ‘Fashion Meets Power’, dari tagline tersebut bisa dijabarkan kalau matic ini mengedepankan desain premium yang eye catching.
Desainnya sendiri menganut aliran klasik modern yang mana sisi klasik terasa pada penempatan lampu utama di setang.
Lalu ada juga desain bodi lebar dan melandai hingga ke belakang.
Sedangkan untuk sisi modern ditunjukan dengan penggunaan lampu tipe LED di seluruh penerangannya, Honda Smart Key System, rem cakram depan dan belakang untuk tipe ABS, dan masih banyak lagi.
Sedangkan power yang dimaksut pada tagline tersebut tentu saja berarti motor ini dibekali dengan mesin yang cukup bertenaga.
Mesin yang digunakan Stylo 160 ini pakai basic dari matic 160 series dari Honda, namun lebih identik dengan milik Vario 160.
Baca juga: Kepingin Honda Stylo 160 Murah Perawatan, Coba Trik ini!
Ini pun diyakini oleh Sarwono Edhie yang merupakan Technical Service Division (TSD) PT Astra Honda Motor (AHM) kalau basic mesinnya sama.
“Mesin, CVT, dan rasio sama dengan Vario 160. Yang membedakan hanya pada mapping ECM (Engine Control Module) saja,” ucapnya.
Spesifikasi mesinnya 1 silinder, SOHC 4 katup, PGM-FI, eSP+, dan tentunya menggunakan radiator untuk menjaga suhu mesinnya.
Menggunakan kombinasi diameter piston 60 mm dengan panjang langkah 55,5 mm membuat kapasitas murni mesinnya 156,9 cc.
Baca juga: Honda Stylo 160 Tampil Sporty, Hasil Kolaborasi Dengan Brand Clothing SCH
Rasio kompresi dipatok di angka 12:1 dan klaimnya memiliki tenaga maksimal 15,4 ps pada 8.500 rpm serta torsi maksimal 13,8 Nm di 7.000 rpm.
Klaim tenaga dan torsi maksimal yang dijelaskan oleh pabrikan rata-rata on crank atau alat ujinya langsung disambungkan ke kruk as.
Jadi wajar kalau angkanya selalu lebih besar dibanding on wheel.
Sedangkan pengujian on wheel tentu ada beberapa faktor yang membuatnya lebih kecil, terlebih untuk motor bertransmisi matic.
Ini karena ada banyak tenaga yang terbuang (power loss) pada sistem CVT-nya.
Untuk mengetahui tenaga serta torsi maksimal Honda Stylo 160 on wheel, motor ini langsung kami bawa ke Sportisi Moto yang berada di bilangan Pulo Gadung, Jakarta Timur.
Baca juga: Dijual Mulai Rp 27 Jutaan, Apa Saja Fitur & Teknologi Honda Stylo 160 2024?
Motor pun langsung digas selama beberapa kali di atas mesin dyno Dynojet 250i asal Amerika, hingga menghasilkan angka tenaga dan torsi maksimal.
Akhirnya muncul tenaga maksimal 12,31 hp atau 12,48 ps pada 8.430 rpm dengan torsi maksimal 11,90 Nm di 6.450 rpm.
Jika melihat grafiknya tergambar kalau torsi dan tenaganya naik dengan cukup cepat dan signifikan.
Namun ketika menyentuh 9.000 rpm tenaga mulai drop dan berhenti karena limiter di kisaran 9.500 rpm.
Powerful!!!
Sportisi Moto: 0813-1573-3333
Spesifikasi Honda Stylo 160 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 4 Langkah, 4 Katup, eSP+, pendingin cairan | |
Kapasitas mesin | 156,9 cc | |
Bore x stroke | 60 x 55,5 mm | |
Rasio kompresi | 12:1 | |
Tenaga maksimal | 15,4 Ps @8.500 rpm | |
Torsi maksimal | 13,8 Nm @7.000 rpm | |
Sistem suplai bahan bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) | |
Sistem starter | Elektrik | |
Sistem transmisi | Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering | |
Kapasitas Oli | 0,8 liter (Penggantian Periodik) | |
Tipe rangka | Underbone - eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) | |
Ukuran ban depan | 110/90 - 12 M/C Tubeless | |
Ukuran ban belakang | 130/80 - 12 M/C Tubeless | |
Rem depan | 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) & 190 mm Cakram Hidrolik (CBS) | |
Rem belakang | 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) & Tromol (CBS) | |
Sistem pengereman | Anti-Lock Braking System (ABS) & Combi Brake System (CBS) | |
Tipe suspensi depan | Teleskopik | |
Tipe suspensi belakang | Swing Arm dengan Suspensi Tunggal | |
P x L x T | 1.886 x 706 x 1.133 mm (ABS) | |
1.886 x 701 x 1.133 mm (CBS) | ||
Jarak sumbu roda | 1.275 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 151 mm | |
Tinggi tempat duduk | 768 mm | |
Berat kosong | 118 kg (ABS) | |
115 kg (CBS) |