Bingung Pilih Rem Motor ABS atau CBS? Simak Dulu Bedanya

Simulasi uji rem ABS
  • Tugas CBS untuk membagi porsi rem depan dan belakang dengan merata.
  • Sistem ABS dikontrol elektronik sehingga harga motor dengan ABS lebih mahal.

Rem CBS atau ABS ya? Pasti sering terdengar saat hendak membeli motor keluaran terbaru nih.

Yup, sistem pengereman memang jadi salah satu faktor penting pada setiap kendaraan, pasalnya ini menjadi satu-satunya komponen untuk menghentikan laju kendaraan.

Terutama untuk kendaraan bertransmisi matic yang mana engine brake sangat minim.

Di Indonesia sepeda motor matic yang dijual memiliki 2 fitur pengereman, ada fitur CBS atau Combi Brake System dan fitur yang lebih canggih yaitu ABS (Anti-lock Braking System).

Sistem rem CBS sendiri lebih banyak digunakan pada sepeda motor matic Honda.

Walaupun sebenarnya merek lain pun ada yang mengadopsi sistem rem ini tapi dengan nama penyebutan berbeda.

Lantas dari kedua sistem rem tersebut apa saja perbedaannya? Mari bahas perbedaan rem tipe CBS dan ABS mulai dari konstruksi hingga cara kerjanya.

Rem CBS

Sesuai dengan namanya CBS ini tugasnya mengkombinasikan rem belakang dan depan.

Tujuannya untuk membuat porsi pengereman terbagi merata, dengan begitu motor bisa lebih stabil saat momen pengereman.

Baca juga: Top 5 Sepekan, Ada Pilihan Motor Bebek dan Matic Murah 2024

Contoh konstruksi CBS mekanikal

Sistem CBS sendiri ada banyak sekali jenisnya, untuk matic entry level biasanya AHM menggunakan CBS tipe mekanikal seperti pada Scoopy, Genio, Beat, sampai Vario series.

Pada CBS mekanikal ini tuas rem belakang menarik 2 kabel baja sekaligus, yang pertama tentu menarik paha rem belakang untuk menarik kampas rem tromol.

Kabel kedua menarik master rem depan sehingga memberikan tekanan minyak rem ke kaliper depan.

Tapi bukan berarti menekan handle rem belakang saja cukup, tetap perlu menekan handle rem depan untuk mendapatkan performa rem yang lebih optimal.

Di sistem ini pemiliknya perlu sadar akan tingkat keausan kampas rem belakang.

Karena semakin tipis kampas rem maka perlu dilakukan penyetelan secara manual, agar pembagian porsi rem depan dan belakang tetap terjaga.

Baca juga: Bagnaia Bongkar Rahasia Kemenangan di MotoGP Qatar

Kabel baja terhubung dari rem belakang ke master rem depan dan memberi tekanan ke kaliper depan

Jika ini dibiarkan maka fungsi CBS jadi tidak sempurna, porsi rem depan akan jadi jauh lebih dominan sehingga menjadi bahaya terutama saat pengereman keras.

Lainnya sistem CBS ini ada yang menggunakan hydraulic, biasanya untuk motor dengan rem cakram depan dan belakang.

Tipe CBS hydraulic ini gak perlu ada penyetelan, karena bisa menyesuaikan keausan kampas rem dengan sendirinya, jadi porsi rem depan dan belakang akan tetap konsisten.

Rem ABS

Kalau rem CBS membagi porsi rem depan dengan belakang, nah rem ABS lebih ke mencegah roda depan atau roda belakang terkunci saat melakukan pengereman.

Baca juga: Bagnaia Bongkar Rahasia Kemenangan di MotoGP Qatar

Sistem ABS dilengkapi banyak sensor dan dikontrol secara elektronik

Sistem rem ABS lebih canggih karena dikontrol oleh ECU (Engine Control Unit) dan modul yang membaca tekanan rem, serta kecepatan roda selama berkendara.

Urutannya master rem depan dan belakang terlebih dahulu menuju ke modul ABS.

Setelah itu dari modul ABS, menuju ke kaliper depan dan belakang, jadi bisa dibilang kalau motor ABS memiliki 4 buah slang rem.

Saat proses pengereman, ECU akan membaca putaran roda dan memastikan kalau putaran roda depan serta belakang seirama.

Ketika putaran roda depan dan belakang tidak seirama, itu berarti ada indikasi roda terkunci.

ECU langsung memerintahkan modul ABS untuk menahan tekanan rem dengan cara memberi tekanan balik.

Jadi gak heran kalau ABS bekerja, maka handle rem akan terasa ditendang-tendang.

Baca juga: Pembalap Muda Indonesia Kibarkan Merah Putih di Seri Pembuka MotoGP

Minyak rem dari master rem depan dan belakang terlebih dulu masuk ke modul ABS baru diteruskan ke master rem

Setelah putaran roda depan dan belakang kembali terbaca seirama maka modul ABS akan mengurangi tekanan baliknya sehingga handle rem kembali dapat ditekan lebih dalam.

Gimana, mulai paham beda keduanya?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Update harga motor bebek 2024. Pilihan motor matic 2024. Beda tipe Yamaha Lexi LX 155. Panduan membeli motor-motor baru sedang dicari pembaca Autofun.co.id sepanjang pekan lalu. Selain untuk mengetahui pilihan juga update harga motor saat ini, juga sudah masuk masa Ramadhan. Tentunya ada banyak masyarakat yang hendak menebus motor untuk dipakai saat hari Raya atau mudik nanti. Makanya artikel pilihan motor bebek terkini dan juga motor matic murah ramai dibaca. Berikut top 5 artikel sepekan selen
Bagnaia melakukan strategi berbeda dari Sprint Race Pengelolaan ban yang baik menjadi kunci kemenangan Bagnaia Francesco Bagnaia tampil dominan saat menjalani laga puncak MotoGP Qatar, akhir pekan lalu (10/3/2024). Pembalap tim Ducati Lenovo mengakui menerapkan strategi berbeda dengan apa yang dilakukannya pada Sprint Race. Pada sesi yang berlangsung sehari sebelumnya itu, Bagnaia tetap mampu bersaing di barisan depan. Hanya saja pada balapan tersebut, ia hanya finis keempat di belakang Aleix Es
Suzuki Satria F150 pernah menjadi idola kawula muda di masanya. Honda Sonic 150R jadi yang termurah. Di era 2000-an di kalangan anak muda pamor motor bebek dilanjutkan dengan segmen ayam jago alias ayago. Ini merupakan tipe motor underbone, yang identik dengan motor sport tapi masih mempertahankan kesan bebek. Ciri khasnya menggunakan suspensi depan panjang yang dipegang oleh segitiga atas dan bawah layaknya sport fairing atau sport naked. Tapi motor ayago ini masih punya dimensi ramping dan tan
Kapasitas bagasi lebih besar dari NMax. Mesin 125 cc bertenaga dan cukup efisien. Sejak diluncurkan di IMOS (Indonesia Motorcycle Show) 2018, Yamaha FreeGo 125 sudah menarik banyak mata karena membawa beberapa fitur menarik di kelasnya. Seperti posisi tangki bahan bakar yang berada di bawah dek, dengan mulut tangki bensin di bawah setang. Ini membuat kapasitas bagasi di bawah joknya sangat besar untuk motor kelasnya, bahkan setara matic 150-160 cc. Menurut PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
Cegah pemudik pakai motor. Sepeda motor diangkut gratis. Angkut 900 unit motor. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengajak masyarakat untuk ikut dalam program Mudik Gratis Kemenhub 202. Tentunya program ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, pada bulan April mendatang. Menurut Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, mudik gratis sengaja ditawarkan karena tingginya animo masyarakat yang ingin mudik lebaran menuju kampung halaman. Selain itu

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor