Ducati Panigale series menjadi top of the line untuk segmen sport fairing dari pabrikan sepeda motor asal Italia ini.
Nama Panigale pun memiliki sejarah panjang dalam dunia balap dengan segudang prestasi.
Jadi gak heran deh kalau motor ini cocok bagi para pecinta kecepatan yang terinspirasi dari dunia balap.
Untuk itu Ducati pun membuat Panigale varian khusus yang diberi nama Ducati Panigale V4 R, secara bentuk mungkin memang tidak banyak perbedaan dengan varian V4 lainnya.
Namun secara spesifikasi motor ini bikin merinding! Karena dibuat sangat mendekati pacuan di WorldSBK.
Bahkan bisa dikatakan kalau Ducati Panigale V4 R ini merupakan racing homologated, jadi bisa dikatakan sebagai motor pacuan balap yang dihomologasi, diproduksi massal dan bisa dibeli.
Ducati Panigale V4 biasa menggunakan mesin Desmosedici Stradale 90 derajat V4, punya kapasitas mesin 1.103 cc hasil dari kombinasi diameter piston 81 mm dan panjang langkah 53,5 mm.
Baca juga: Moge Ducati Harga Miliaran Laris Manis di Indonesia Karena Ini
Mesin ini klaimnya punya tenaga maksimal 210 ps pada 12.500 rpm dan torsi maksimal 122,8 Nm di 11.000 rpm.
Sedangkan Ducati Panigale V4 R menggunakan spesifikasi mesin berbeda, karena kapasitas mesinnya hanya 998 cc.
“Ini jadi motor produk massal yang spesifikasinya paling mendekati dengan yang digunakan di balap WorldSBK."
"Mesinnya cuma 998 cc karena untuk balap regulasi maksimal mesinnya 1.000 cc,” sebut Dito Mulyawadi, After Sales Director Ducati Indonesia.
Yang membuat kapasitas mesinnya lebih rendah tentu saja karena hanya menggunakan diameter piston 81 mm dan panjang langkah 48,4 mm.
Baca juga: Siapa Bilang Mahal, Servis Ducati di Bengkel Resmi Cuma Rp 200 Ribuan!
Meski kapasitas mesin lebih kecil, tapi klaim tenaga maksimalnya 207 ps pada 13.500 rpm dan torsi maksimal 111,1 Nm di 12.000 rpm.
Ketika dibekali full racing exhaust menjadi 236,5 ps di 15.500 rpm dengan torsi 118 Nm pada 12.250 rpm.
Bahkan disediakan additive oil yang bisa menaikan tenaganya lebih banyak saat dikombinasi dengan knalpot full system, menjadi 243,8 ps!
“Jadi motor ini memang dipersiapkan untuk ajang balap, jadi motor produksi massal. Produksinya sendiri gak terbatas, tapi lebih diprioritaskan untuk kebutuhan balap."
“Makanya untuk Indonesia sendiri jatahnya cuma dua unit. Tahun 2023 sudah sold out dan tahun 2024 juga datang dua unit, harganya Rp 1,8 miliar,” sambung Dito.
Karena hadir sebagai motor massal yang punya spesifikasi mendekati pacuan balap, jadi gak heran kalau detail komponen mesinnya cukup spesial.
Baca juga: Ducati Streetfighter V2 Modal Mesin Superquadro 955 cc, 402 Meter Cuma 10 Detikan!
Seperti titanium connecting rods, aluminium piston dengan DLC (Diamond Like Carbon) treatment.
Desain piston baru membuatnya 5 gram lebih ringan, gigi 1 2 dan 6 yang lebih panjang terapan dari SBK ratio.
Gak ketinggalan ada ada camshaft baru yang punya angka lift lebih tinggi, klepnya pakai titanium berukuran 34 mm untuk in dan ukuran 27,5 mm berbahan besi untuk ex.
Bikin mupeng!