Setelah sukses dengan motor mini sport pertamanya dengan nama CFMoto Papio XO-1, PT MForce Indonesia akan kembali mengeluarkan produk serupa tapi dengan gaya sedikit berbeda.
Yaitu Papio XO-2 yang menggunakan basic sama dengan Papio XO-1, bedanya kini menggunakan gaya yang disebut retro-scrambler.
Kabarnya motor ini akan resmi diluncurkan pada gelaran Jakarta Fair 2024 di rentang harga Rp 33 jutaan.
Half fairing dan setang merunduk digantikan dengan shroud minimalis dan setang pipa tinggi, ini langsung membuat tampilannya berubah sehingga terkesan lebih gagah.
Perubahan berikutnya berada di area kaki-kaki yang mana sepatbor depan kini menempel di segitiga bawah.
Dengan begitu tanah kotoran yang menempel pada roda tidak akan membuat ban mengunci atau seret karena bergesekan dengan sepatbor.
Baca juga: Kenalan Sama WMoto Morbius, Cruiser Rp 66 Jutaan Pakai Mesin V-Twin
Karena motor ini ditujukan untuk dapat melahap jalur on road juga off road, maka ada pelindung as suspensi depan.
Dan penggunaan ban dengan pattern dual purpose yang punya ‘got’ lebih dalam untuk memberikan traksi lebih di jalur tanah atau pasir.
Ukuran ban depannya 120/70-12 dan ban belakang 130/70-12 membuat tampilannya cukup gambot.
Di area pengereman tampak modern juga sporty, karena menggunakan cakram berdiameter 220 mm diapit kaliper 2 piston.
Untuk belakang pakai diameter cakram 190 mm juga pakai kaliper 2 piston lengkap dengan ABS dual channel
Baca juga: Kulik WMoto Letbe Neon, Skuter Retro Rp 20 Jutaan Alternatif Honda Scoopy
Desain jok Papio XO-2 juga berbeda karena menggunakan integrated seat yang membuat jok pengendara dan pembonceng jadi satu kesatuan.
Dengan tinggi 740 mm tentu saja rasanya tidak ada masalah bagi postur 170 cm untuk menapakan kaki.
Busa jok juga cukup tebal dengan desain sisi depan lebih ramping 21 mm sehingga tidak terlalu mengganjal paha pengendara.
Desain setang baru langsung membuat posisi punggung menjadi lebih tegap, pundak serta lengan pun terasa lebih santai sehingga rasanya cukup proper untuk digunakan berkendara sehari-hari.
Sayangnya area pabrik jalurnya cukup halus, sehingga kurang bisa merasakan redaman suspensi depan upside down dan suspensi monoshock nya.
Tipe mesin yang digunakan Papio XO-2 merupakan mesin tegak 1 silinder dengan pendingin udara mengandalkan hembusan dari depan.
Baca juga: Video Test Ride Lengkap Zeeho AE8, Si Motor Listrik Rp 63 Jutaan!
Sudah electronic fuel injection atau EFI dengan kapasitas mesin 126 cc, hasil dari penggunaan diameter piston 57 mm dengan panjang langkah 49,4 mm.
Klaim tenaga maksimalnya 9,5 ps pada 8.250 rpm dan torsi maksimal 9,2 Nm di 6.500 rpm, disalurkan melalui transmisi 6 percepatan yang dioperasikan dengan kopling tipe manual.
Karakter koplingnya lembut namun tidak selip, sehingga tidak mudah membuat jari kiri pegal dan bisa melakukan wheelie dengan mudah.
Sedangkan tenaganya sendiri tergolong cukupan, tidak terlalu pelan juga tidak terlalu kencang.
Baca juga: Kepincut Motor Listrik Zeeho AE8? Simak Dulu Ulasan Lengkapnya Nih!
Tapi karena konfigurasinya overbore, maka performa di putaran rendahnya cenderung lambat tapi tenaga akan terus mengisi seiring semakin tingginya putaran mesin.
Dengan tangki bensin 7 liter, klaimnya Papio XO-2 bisa melaju sejauh 350 km, itu berarti klaim konsumsi bahan bakarnya ada di kisaran 50 km/liter.
Gimana, lebih menarik dari Papio XO-1?
Spesifikasi CFMoto Papio XO-2 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 4-tak, pendingin udara | |
Kapasitas mesin | 126 cc | |
Bore x stroke | 57 x 49,4 mm | |
Tenaga maksimal | 9,5 ps @8.250 rpm | |
Torsi maksimal | 9,2 Nm @6.500 rpm | |
Sistem bahan bakar | EFI | |
Transmisi | 6 percepatan | |
P x L x T | 1.748 x 683 x 963 mm | |
Panjang sumbu roda | 1.214 mm | |
Tinggi jok | 740 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 150 mm | |
Berat isi | 114 kg | |
Tangki bensin | 7 liter | |
Suspensi depan | Upside down telescopic fork | |
Suspensi belakang | Central monoshock absorber | |
Rem depan | Cakram tunggal Ø220 mm, kaliper 2 piston, ABS | |
Rem belakang | Cakram tunggal Ø190 mm, kaliper 2 piston, ABS | |
Ban depan | 120/70-12 | |
Ban belakang | 130/70-12 |