Impresi Berkendara CFMoto Papio XO-2, Siap Dijual Rp 33 Jutaan!

First ride CFMoto Papio XO-2
  • Tampilan retro-scrambler yang gagah.
  • Diperkirakan harga di angka Rp 33 jutaan.

Setelah sukses dengan motor mini sport pertamanya dengan nama CFMoto Papio XO-1, PT MForce Indonesia akan kembali mengeluarkan produk serupa tapi dengan gaya sedikit berbeda.

Yaitu Papio XO-2 yang menggunakan basic sama dengan Papio XO-1, bedanya kini menggunakan gaya yang disebut retro-scrambler.

Kabarnya motor ini akan resmi diluncurkan pada gelaran Jakarta Fair 2024 di rentang harga Rp 33 jutaan.

Half fairing dan setang merunduk digantikan dengan shroud minimalis dan setang pipa tinggi, ini langsung membuat tampilannya berubah sehingga terkesan lebih gagah.

Perubahan berikutnya berada di area kaki-kaki yang mana sepatbor depan kini menempel di segitiga bawah.

Dengan begitu tanah kotoran yang menempel pada roda tidak akan membuat ban mengunci atau seret karena bergesekan dengan sepatbor.

Baca juga: Kenalan Sama WMoto Morbius, Cruiser Rp 66 Jutaan Pakai Mesin V-Twin

Ban dual purpose dengan posisi sepatbor depan tinggi dan pelindung as suspensi

Karena motor ini ditujukan untuk dapat melahap jalur on road juga off road, maka ada pelindung as suspensi depan.

Dan penggunaan ban dengan pattern dual purpose yang punya ‘got’ lebih dalam untuk memberikan traksi lebih di jalur tanah atau pasir.

Ukuran ban depannya 120/70-12 dan ban belakang 130/70-12 membuat tampilannya cukup gambot.

Di area pengereman tampak modern juga sporty, karena menggunakan cakram berdiameter 220 mm diapit kaliper 2 piston.

Untuk belakang pakai diameter cakram 190 mm juga pakai kaliper 2 piston lengkap dengan ABS dual channel

Desain bodi lebih simpel khas retro-scrambler

Baca juga: Kulik WMoto Letbe Neon, Skuter Retro Rp 20 Jutaan Alternatif Honda Scoopy

 

Posisi Berkendara

Desain jok Papio XO-2 juga berbeda karena menggunakan integrated seat yang membuat jok pengendara dan pembonceng jadi satu kesatuan.

Dengan tinggi 740 mm tentu saja rasanya tidak ada masalah bagi postur 170 cm untuk menapakan kaki.

Busa jok juga cukup tebal dengan desain sisi depan lebih ramping 21 mm sehingga tidak terlalu mengganjal paha pengendara.

Desain jok baru yang ramping dan dilengkapi behel

Desain setang baru langsung membuat posisi punggung menjadi lebih tegap, pundak serta lengan pun terasa lebih santai sehingga rasanya cukup proper untuk digunakan berkendara sehari-hari.

Sayangnya area pabrik jalurnya cukup halus, sehingga kurang bisa merasakan redaman suspensi depan upside down dan suspensi monoshock nya.

Performa CFMoto Papio XO-2

Tipe mesin yang digunakan Papio XO-2 merupakan mesin tegak 1 silinder dengan pendingin udara mengandalkan hembusan dari depan.

Kombinasi spidometer analog dan digital

Baca juga: Video Test Ride Lengkap Zeeho AE8, Si Motor Listrik Rp 63 Jutaan!

Sudah electronic fuel injection atau EFI dengan kapasitas mesin 126 cc, hasil dari penggunaan diameter piston 57 mm dengan panjang langkah 49,4 mm.

Klaim tenaga maksimalnya 9,5 ps pada 8.250 rpm dan torsi maksimal 9,2 Nm di 6.500 rpm, disalurkan melalui transmisi 6 percepatan yang dioperasikan dengan kopling tipe manual.

Mesin overbore yang kuat di putaran tinggi

Karakter koplingnya lembut namun tidak selip, sehingga tidak mudah membuat jari kiri pegal dan bisa melakukan wheelie dengan mudah.

Sedangkan tenaganya sendiri tergolong cukupan, tidak terlalu pelan juga tidak terlalu kencang.

Lampu LED khas Papio

Baca juga: Kepincut Motor Listrik Zeeho AE8? Simak Dulu Ulasan Lengkapnya Nih!

Tapi karena konfigurasinya overbore, maka performa di putaran rendahnya cenderung lambat tapi tenaga akan terus mengisi seiring semakin tingginya putaran mesin.

Dengan tangki bensin 7 liter, klaimnya Papio XO-2 bisa melaju sejauh 350 km, itu berarti klaim konsumsi bahan bakarnya ada di kisaran 50 km/liter.

Gimana, lebih menarik dari Papio XO-1?

Papio XO-1 (kiri) dan Papio XO-2 (kanan), keren mana?
Spesifikasi CFMoto Papio XO-2
Tipe mesin 4-tak, pendingin udara
Kapasitas mesin 126 cc
Bore x stroke 57 x 49,4 mm
Tenaga maksimal 9,5 ps @8.250 rpm
Torsi maksimal 9,2 Nm @6.500 rpm
Sistem bahan bakar EFI
Transmisi 6 percepatan
P x L x T 1.748 x 683 x 963 mm
Panjang sumbu roda 1.214 mm
Tinggi jok 740 mm
Jarak terendah ke tanah 150 mm
Berat isi 114 kg
Tangki bensin 7 liter
Suspensi depan Upside down telescopic fork
Suspensi belakang Central monoshock absorber
Rem depan Cakram tunggal Ø220 mm, kaliper 2 piston, ABS
Rem belakang Cakram tunggal Ø190 mm, kaliper 2 piston, ABS
Ban depan 120/70-12
Ban belakang 130/70-12
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Bayar pajak secara online lebih praktis. Bukti pembayaran masih perlu ditukarkan. Masyarakat yang membayar pajak tahunan sepeda motor seperti tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kini tak perlu lagi antri di kantor Samsat, karena bisa dilakukan secara online. Ya, kepolisian telah berinovasi menghadirkan layanan bayar pajak motor tahunan secara online dengan keberadaan aplikasi Signal. Tapi selain aplikasi Signal, beberapa pemerintah daerah juga punya aplikasi khusus yang bisa membayar p
Sukuli plesetan dari Suzuki. Jiplak model superbike Ducati dan BMW. Pakai mesin 150-400 cc tergantung pesanan. Merek motor Cina (mocin) terus membanjiri dunia roda dua, termasuk Sukuli yang baru-baru ini menghebohkan. Bagaimana tidak heboh, pasalnya Sukuli ini punya merek yang seperti plesetan dari Suzuki. Sementara itu model-modelnya menjiplak habis dari motor-motor terkenal. Contohnya superbike BMW S 1000 RR dan Ducati Panigale V4 yang ditiru semirip mungkin. Padahal produsen motor asal Cina s
Motor matic irit BBM jadi pilihan konsumen di Indonesia MotoFun sudah melakukan pengujian berbagai sepeda motor Sepeda motor matic irit yang bensin jadi sebuah keniscayaan yang dianggap jadi salah satu syarat penting ketika konsumen di Tanah Air memilih tunggangan pribadi. Hal ini dikarena sepeda motor dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) irit, bisa membuat konsumen lebih jarang mengeluarkan biaya untuk mengisi tangkinya di Stasiun Bahan Bakar Umum (SPBU). Terlebih lagi, awal bulan ini harga
Kecelakaan sering melibatkan antara sepeda motor dengan kendaraan besar Pengendara sepeda motor kerap terintimidasi saat ada truk dan bus di jalan Tak sedikit kecelakaan lalu lintas terjadi antara pengendara sepeda motor dengan kendaraan besar seperti bus dan truk. Parahnya, pengendara sepeda motor dianggap lebih banyak dirugikan, karena sedikit tersenggol saja bisa berakibat fatal, dan menyebabkan korban jiwa. Maka dari itu, menurut sejumlah sumber sudah seharusnya pengendara sepeda motor menga
Hadir di Jakarta Fair 2024. Harga ada di kisaran Rp 33 jutaan. Sebentar lagi PT MForce Indonesia akan menghadirkan dan resmi menjual pendamping dari CFMoto Papio XO-1, yaitu Papio XO-2. Kabarnya akan diperkenalkan secara masal dalam gelaran Jakarta Fair 2024, harga yang terdengar juga kabarnya tidak jauh-jauh dari Papio XO-1. Artinya masih ada di angka Rp 33 jutaan, cukup menarik untuk sebuah motor yang unik. Nah yang paling berbeda dari Papio XO-2 tentu saja konsepnya yang kini mengusung retro

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda Stylo 160

Rp 27,55 - 30,43 Juta

Lihat Motor
ION Mobility

ION Mobility M1-S

Rp 49,00 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda EM1 e

Rp 400,00 Juta

Lihat Motor
Vespa

Vespa Elettrica

Rp 198,00 Juta

Lihat Motor
BSA

BSA Gold Star 650

Rp 380,00 Juta

Lihat Motor
Alva

Alva Cervo

Rp 37,75 Juta

Lihat Motor
Piaggio

Piaggio MP3 300

Rp 330,00 Juta

Lihat Motor
Mendatang
Kawasaki

Kawasaki Ninja ZX-4R

Rp 239,90 Juta

Lihat Motor