Usai SIM C1 diluncurkan pada Senin (27/5/2024) kemarin, banyak pengguna Yamaha XMax atau Honda Forza bertanya-tanya.
'Apakah dirinya harus memiliki SIM C1 atau cukup dengan SIM C saja?'
Hal ini lumrah jadi perbincangan diforum pengguna, pasalnya motor yang mereka pakai berkapasitas 250 cc.
Lebih dibuat bingung Ketika ada yang menyebutkan tidak perlu SIM C1 untuk motor 250 cc, tapi ada pula yang mengatakan sebaliknya.
Jadi bagaimana yang benar?
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, hadirnya golongan baru yakni SIM C1 berkaitan dengan kompetensi.
Pasalnya mengendarai motor bermesin besar 250-500 cc bahkan lebih, tentu tidak sama dengan mengendarai motor bermesin kecil.
Baca juga : Cek Dulu Nih, Syarat dan Biaya Pembuatan SIM C1
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Polisi Aan Suhanan menyebutkan, peluncuran SIM C1 untuk meningkatkan kompetensi pengendara motor dengan kapasitas mesin lebih besar.
"Kalau saya ibaratkan jalan raya ini hutan rimba, di situ ada ular kobra, ada ular piton, ada binatang buas, ada kalajengking, yang setiap saat akan memangsa kita," katanya.
"Kompetensi itu kan ada skill-nya, nanti diuji oleh satpas ini. Bagaimana keterampilan mengemudi kendaraan roda dua yang CC-nya 250 ke atas," lanjutnya dikutip dari berbagai sumber.
Kebijakan ini berdasarkan Perpol (peraturan polisi) No 5 Tahun 2021 tentang Penandaan dan Penerbitan SIM.
Pasal 3 dijelaskan, SIM C dibagi menjadi tiga golongan: C, C1, dan C2.
Baca juga : Penomoran SIM Pakai Nomor NIK KTP Akan Berlaku Tahun Depan
SIM C untuk mengemudikan motor sampai kapasitas mesin 250 cc. SIM C1 untuk motor 250-500 cc dan berdaya listrik.
Serta SIM C2 untuk motor di atas 500 cc juga yang sejenisnya pakai daya listrik.
Kehadiran golongan SIM C baru ini sejatinya sudah diwacanakan sejak tahun 2020 lalu.
Namun ditunda agar persiapannya lebih matang terutama pada kesiapan sistem dan lainnya.
Kemudian terkait perlu atau tidaknya pengguna Yamaha XMax dan Honda Forza memiliki SIM C1, adalah tidak perlu.
Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen. Pol., Yusri Yunus mengatakan, pengguna motor tersebut tetap cukup memiliki SIM C saja.
Baca juga : Pilihan Matic 250 Cc Terkini, Honda Forza Menggoda Buat Dibeli!
"Kalau 250-500 cc itu menggunakan SIM 1 kaerna 250 cc itu motor build up, makanya saya sebut 249 cc karena rata-rata mesin motor 250 cc di Indonesia itu silinder 249 koma, jadi tetap pakai SIM C mereka," katanya disitat dari Kumparan.
Hal ini didasari dari spesifikasi teknis mesin yang isi silindernya tidak sampai 250 cc.
Jadi bukan cuma pemakai Yamaha XMax dan Honda Forza, tapi juga Honda CBR250RR, Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250 tidak perlu.